Kenali 15 Jenis Pupuk NPK Ini untuk Menyuburkan Tanaman

Yuk, ketahui 15 jenis pupuk NPK, PTD akan mengulasnya di artikel pertanian berikut ini.

Pupuk NPK adalah material yang memiliki bentuk padat (granul) dan cairan. Pupuk NPK yang terdiri dari N yaitu nitrogen, P adalah phospat, serta K yaitu kalium, beserta unsur hara yang memenuhi kebutuhan tanaman. Terdapat beberapa jenis pupuk NPK yang harus Anda ketahui.

15 Jenis Pupuk NPK

Pupuk NPK digolongkan berdasarkan kandungan komposisi dalam pupuk. Misalnya pupuk NPK 15-15-15, NPK 16-16-16, NPK 12 12 12. Berikut ini merupakan jenis pupuk NPK, diantaranya adalah:

Baca Juga: Berikut Cara Membedakan Pupuk Asli dan Palsu

Jenis Pupuk NPK 16-16-16

NPK Pak Tani 16-16-16

Jenis pupuk NPK satu ini adalah produk dari Rusia yang berkualitas tinggi. Sehingga penggunaannya maksimal seperti meningkatkan pertumbuhan tunas, menghijaukan daun, serta hasil panen meningkat.

Pupuk ini mengandung unsur hara diantaranya adalah:

  1. N (Nitrogen) sebanyak 16% dari (Nitrat Nitrogen sebanyak 6,4%, Amonium Nitrogen sebanyak 9,6%)
  2. P2O5 atau phospate, sebanyak 16%
  3. K2O atau Potassium Oxide, sebanyak 16%
  4. CaO atau Calcium Oxide, sebanyak 5%
  5. MgO atau Magnesium Oxide, sebanyak 1%
pupuk NPK pak tani 16 16 16
lazada.co.id

NPK Kebomas 16-16-16

Jenis pupuk NPK Kebomas 16-16-16 memiliki bentuk granul dengan warna merah bata dan berukuran 2-4 mm.

Pupuk ini merupakan produk unggulan dengan kandungan unsur hara  yaitu N (Nitrogen) sebanyak 16%, P2O5 atau (Phospate) sebanyak 16%, K2O atau (Kalium) 16%.

NPK Mutiara 16-16-16 (Yara Mila)

Jenis pupuk NPK mutiara 16-16-16 yaitu pupuk majemuk yang memiliki kandungan lima unsur hara mikro maupun makro.

Bentuk pupuk tersebut berupa butiran granul warna biru pudar dan dikemas dalam plastik. Pupuk ini memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan tanaman dengan cepat.

NPK Ria Plus 16-16-16

Jenis pupuk NPK Ria ini memiliki manfaat untuk memperbanyak jumlah anakan, seta membuat daun menjadi hijau kehitaman. Karena, pupuk ini sangat efektif untuk diaplikasikan dalam meningkatkan ketersediaan unsur hara tanaman.

NPK Zamrud 16-16-16

Jenis pupuk yang satu ini merupakan produk unggulan berbentuk granul yang mudah larut menggunakan air. Sehingga kandungan yang terdapat pada pupuk ini mudah terserap dengan cepat oleh tanaman.

Kandungan unsur hara pada NPK Zamrud 16-16-16 yaitu, N (Nitrogen) sebanyak 16%, P2O5 atau (Phospate) sebanyak 16%, K2O atau (Kalium) sebanyak 16%, CaO atau (Kalsium) sebanyak 3%, MgO atau (Magnesium) sebanyak 2%

NPK Mahkota 16-16-16

Jenis pupuk NPK mahkota memiliki kandungan unsur hara seperti N atau (Nitrogen) sebanyak 16%, P2O5 atau (Phospate) sebanyak 16%, K2O atau (Kalium) sebanyak 16%, CaF2 atau (Kalsium) 2,9%.

Jenis pupuk ini diimpor dari Rusia dan berkualitas. Manfaat penggunaan jenis pupuk NPK ini untuk meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanamannya.

NPK Pelangi 16-16-16

Jenis pupuk NPK Pelangi adalah pupuk majemuk yang memiliki banyak variasi berdasarkan permintaan serta kebutuhan tanaman.

Bahan baku dalam pupuk ini terbuat dari unsur nitrogen, fosfat, serta kalium yang berkualitas. Adapun varian dari jenis pupuk ini ialah pupuk NPK pelangi unggul, NPK pelangi maxi, serta NPK pelangi super.

Baca Juga: Kesiapan RI  Untuk Dorong Ekspor Pupuk

Jenis Pupuk NPK 15-15-15

NPK Phonska 15-15-15

Jenis pupuk yang satu ini memiliki kandungan nitrogen sebanyak 15%, phosphate sebanyak 19%, serta sulfur sebanyak 10%.

Produk pupuk NPK Phonska memiliki bentuk granul merah bata serta berukuran 1-4 MM. Jenis pupuk ini tidak bisa dijual secara bebas karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Pupuk-NPK 15 15 15 phonska
rauf-purnama.com

NPK Basf 15-15-15 (Nitrophoska)

Jenis pupuk ini merupakan produk unggulan yang diimpor dari negara Jerman. Pupuk ini berbentuk butiran granul serta dapat larut di air dengan mudah, sehingga tanaman lebih cepat menyerap unsur hara di dalam pupuk tersebut.

Pupuk ini memiliki kandungan nitrogen sebanyak 15%, Phospate sebanyak 15%, kalium sebanyak 15%, kalsium sebanyak 6%, serta magnesium sebanyak 0,5%.

NPK Phonska Plus 15-15-15

Pupuk ini merupakan produk dengan bentuk granul, warna putih, serta dapat larut dalam air dengan mudah. Jenis pupuk NPK Phonska plus berbeda dengan jenis pupuk NPK Phonska biasa.

Hal ini dilihat dari unsur hara makro dalam jenis pupuk ini yang terdiri dari nitrogen, fosfat, kalium dengan kadar 15%.

NPK Ria Plus 15-15-15

Jenis pupuk yang satu ini adalah pupuk majemuk dengan 3 jenis unsur hara makro diantaranya nitrogen sebesar 15%, phosphat sebesar 15%, serta kalium sebesar 15%.

Pupuk ini bisa diaplikasikan untuk semua jenis tanaman seperti holtikultura, tanaman pangan, buah, serta perkebunan.

Jenis Pupuk NPK Hanya untuk Kelapa Sawit

Pupuk NPK Palmo

Jenis pupuk yang satu ini memiliki kandungan unsur hara mikro maupun makro yang cukup lengkap. Pupuk NPK palmo hanya diaplikasikan untuk pohon kelapa sawit saja.

Pupuk ini bisa memperbaiki struktur pada tanah, meningkatkan kapasitas akar dalam menyerap hara, serta mengaktifkan mikroorganisme.

Pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE

Jenis pupuk yang satu ini diformulasikan hanya untuk tumbuhan kelapa sawit dan pembibitannya. Formulasi pupuk ini lebih sesuai digunakan pada dataran rendah.


Itulah berapa jenis pupuk NPK berdasarkan golongannya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 16 Jenis Pupuk Kimia yang Sering Digunakan oleh Petani

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://mitalom.com/macam-macam-jenis-pupuk-npk-dan-kegunaannya/
  • https://agrotanicipanas.blogspot.com/2018/09/manfaat-dan-macam-macam-jenis-produk.html

Sumber gambar utama: acehtrend.com

One thought on “Kenali 15 Jenis Pupuk NPK Ini untuk Menyuburkan Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.