Berikut Cara Membedakan Pupuk Asli dan Palsu

Mau tau informasi mengenai cara membedakan pupuk asli dan palsu? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pupuk Asli dan Palsu

Beredarnya Pupuk Palsu

pupuk palsu
solopos.com

Baca juga: Yuk, Pahami Syarat Label Kemasan Pestisida

Kebutuhan pupuk kimia di Indonesia masih tinggi karna sebgai salah satu input utama produksi, belum lagi asumsi petani yang berfikiran bahwa semakin banyak pupuk yang dikeluarkan maka akan menghasilkan hasil panen yang banyak juga.

Maka keberadaan pupuk kimia seakan tak bisa dipisahkan dari beberapa petani yang sudah ketergantungan sama pupuk ini.

Namun, beberapa daerah di Indonesia mengalami kelangkaan di berbagai daerah. Kelangkaan biasa terjadi pada pupuk bersubsidi yang disalahgunakan.

Seperti permainan sistem distribusi (penimbunan) dan pergantian kemasan pupuk subsidi menjadi non-subsidi sehinggasulit didapatkan oleh petani di pasaran.

Kondisi seperti ini dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab yang memproduksi pupuk palsu untuk mendapatkan keuntungan besar.

Di sisi lain, para petani tidak ada pilihan lain sehingga terpaksa menggunakannya, belum lagi alasan petani adalah keterbatasan pemahaman tentang memebedakan pupuk asli dan palsu sehingga banyak petani yang menjadi korban atas masalah ini.

Cara Membedakan Pupuk Asli dan Palsu

pupuk
wartalambar.com

Salah satu pupuk yang sering dipalsukan adalah NPK PHONSKA dari PT. Petrokimia Gresik anak perusahaan PT. Pupuk Indonesia (Persero). Berikut cara dan tips membedakan pupuk asli dan palsu :

  1. Gunakan pupuk yang sudah terdaftar oleh pemerintah
  2. Jangan tergiur dengan tawaran harga pupuk yang relatif lebih murah dari pupuk biasanya dan biasanya petani tidak tahu kandungan unsur hara pada pupuk tersebut.
  3. Kenali label pada kemasan pupuk asli yang dijadikan pedoman dalam mengidentifikasi asli atau tidaknya pupuk tersebut seperti halnya:
  • Label tulisan “PUPUK BERSUBSIDI PEMERINTAH, BARANG DALAM PENGAWASAN  dan “NOMOR PENGADUAN”
  • Label merk dagang “Pupuk NPK (berwarna biru tua) PHONSKA (warna merah)”
  • Terdapat kandungan unsur hara Nitrogen 15%, Fosfat 15% dan Kalium 15%
  • Terdapat label merk “PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY
  • Terdapat label produsen “PUPUK INDONESIA (PERSERO) GROUP. Namun kemasan ini sangat mudah untuk ditiru oleh perusahaan pupuk palsu.
  1. Untuk ciri-ciri fisiknya yaitu tercium dari aroma dan ketahanan pupuk didalam air. Aroma dari pupuk asli lebih, warnanya cerah dan lebih tahan di air. Sebaliknya pupuk palsu akan beraroma lebih bau, warnanya kusam dan lebih berat dan jika didalam air pupuk akan lebih cepat larut.

Semoga dengan himbauan ini dan beberapa korban yang telah terjadi maka petani lebih berhati-hati dengan banyaknya beredar pupuk palsu ini.


Itulah informasi mengenai pernbedaan pupuk asli dan palsu. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Pembuatan Pupuk Organik Cair Bokashi

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://belajartani.com/bagaimana-sih-cara-membedakan-pupuk-asli-dan-palsu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.