varietas kentang

Mau tau informasi mengenai varietas kentang sangkuriang agrihorti yang baru? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informsinya. Simak ulasannya!

Varietas Kentang yang Baru

varietas kentang
pixabay.com

Baca juga: Upaya Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Kentang merupakan bahan makanan penting karena kandungan karbohidratnya hampir sama dengan nasi dan merupakan salah satu tanaman pangan terpenting ketiga di dunia.

Oleh karena itu, banyak negara yang terus menggenjot produksi kentang agar mampu memenuhi seluruh kebutuhan permintaan pasar.

Kentang atau nama latinya Solanum tuberosum L. merupakan salah satu tanaman pangan terpenting ketiga yang ada di dunia setelah beras dan gandum untuk dikonsumsi manusia. Kentang berasal dari daerah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Kentang merupakan tanaman umbi-umbian dan tergolong tanaman berumur pendek. Tumbuhnya bersifat menyemak dan menjalar dan memiliki batang berbentuk segi empat. Batang dan daunnya berwarna hijau kemerahan atau berwarna ungu.

Di Indonesia, produksi kentang masih fluktuatif. Hal tersebut terjadi karena penggunaan bibit belum berkualitas, sehingga hasil yang didapatkan tidaklah maksimal.

Selain itu, harga bibit yang berkualitas juga masih dirasa cukup mahal dan memberatkan petani. Padahal kenyataannya, permintaan kentang di setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.

Namun, produksi dalam negeri masih kurang untuk memenuhi seluruh permintaan tersebut.

Keunggunalan Kentang Sangkuriang Agrihorti 

varietas kentang
goodnewsfromindonesia.id

Baca juga: Inovasi Cabai Baru yang Lebih Pedas dari Balitbangtan

Dilansir dari laman Badan Litbang Kementrian Pertanian Badan varietas sangkuriang agrihorti dihasilkan dari persilangan antara kentang varietas atlantik dengan katahdin sehingga rasa kentang sangkuriang agrihorti hampir sama dengan atlantik.

Keunggulan dari kentang varietas ini adalah memiliki bentuk umbi oval panjang, dapat dipanen pada umur 100—110 hari setelah masa tanam.

Dapat ditanam pada dataran tinggi serta panen yang dihasilkan sebesar 24,61—34,99 ton/hektare. Kentang varietas ini memiliki daya simpan selama 2—3 bulan seteah dipanen.

Varietas Unggul Baru (VUB) Sangkuriang Agrihorti terbukti sangat toleran terhadap penyakit busuk daun. Petani menilai bahwa kentang varietas sangkuriang agrihorti memiliki pertumbuhan tanamannya sangat baik serta produksi umbinya bagus, baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

Penggunaan VUB kentang Sangkuriang Agrihorti toleran penyakit busuk daun mempunyai keuntungan relatif yang tinggi, sangat sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan petani.

Dari nilai faktor tersebut maka secara keseluruhan VUB kentang Sangkuriang Agrihorti tersebut mempunyai sifat inovasi teknologi yang sangat tinggi.

Sehingga berpeluang sangat tinggi untuk diadopsi oleh petani. Dari sisi keamana pangan, varietas tersebut aman untuk dikonsumsi.


Itulah informasi mengenai varietas kentang yang baru. Semoga informasi yang diberikan bermanaat ya sobat PTD!

Baca juga: Digitalisasi Pasar Tradisonal Siap Hadapi Persaingan

Sumber: Kementrian Pertanian

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.