Kesepakatan Perkuat Kerjasama Bidang Pertanian dengan Italia

Mau tau informasi kesepakatan Indonesia dan Italia? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi tersebut. Simak ulasannya!

Kesepakatan Kerjasama

Kerjasama Bidang Pertanian Dengan Italia

kesepakatan
portonews.com

Baca juga: Ungkapan Mentan Terhadap Harga Kopi Blawan di Berlin

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bertemu dengan Menteri Pertanian Italia Teresa Bellanova untuk memperkuat kerja sama (MoU) antara Indonesia dan Italia dalam bidang pertanian.

Mou (Memorandum of Understanding) atau nota kesepakatan adalah suatu dokumen  legal dimana isinya menjelaskan mengenai perjanjian pendahuluan antara dua belah  pihak dan merupakan dasar dalam  menyusun kontrak di masa mendatang.

Dalam pertemuan  itu Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Teresa Bellanova membahas sejumlah isu bilateral, terutama terkait peningkatan nilai perdagangan dan investasi di bidang pertanian kedua negara.

Mentan menjelaskan keunggulan komoditas pertanian Indonesia, seperti kelapa sawit, karet, buah-buahan tropis, teh dan rempah-rempah.

Ia pun mengundang investasi Italia di sektor pertanian dan peternakan di Indonesia yang telah memenuhi standar Uni Eropa di bidang kesehatan, dan phytosanitary SPS, sehingga dapat diekspor ke pasar Eropa.

Sektor pertanian Indonesia telah menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) dan dikelola secara berkelanjutan (sustainable) juga dipaparkan oleh Kementan.

Menteri yang membahas ekspor sawit Indonesia. Produk sawit diketahui digunakan dalam industri makanan dan sebagai bahan biodiesel di Italia.

Keuntungan MoU Pada Kedua Negara

kesepakatan
interpedensi.com

Baca juga: Mentan Dukung Ekspor Mangga Gedong dari Sumedang

Menurut data, ekspor sawit Indonesia ke Italia adalah sebesar US$ 570,2 juta atau 29,7% dari total ekspor Indonesia ke Italia (sebesar US$ 1,92 miliar) dan 79,7% dari total ekspor pertanian Indonesia ke Italia (sebesar US$ 715,6 juta).

Menanggapi penjelasan pihak RI, Menteri Bellanova mengatakan dirinya dapat menerima penjelasan bahwa perkebunan sawit berperan dalam membuka lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Esti Andayani selaku Duta Besar RI untuk Italia, menilai penandatangan MoU tersebut akan makin memperkuat hubungan kedua negara dan dapat mendorong pembangunan sektor pertanian di Indonesia.

MoU akan mempermudah pelaksanaan pertukaran informasi pertanian, pelatihan untuk peningkatan kapasitas, serta penyelenggaraan joint research oleh lembaga penelitian pertanian di kedua negara.

Indonesia dan Italia memiliki hubungan yang telah terjalin sejak 1959 dan baru saja merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada 2019.

Italia adalah mitra dagang terbesar ke-3 bagi Indonesia di antara negara-negara Uni Eropa. Dalam periode Januari-November 2019, nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 3,17 miliar.


Itulah informasi mengenai kesepakatan kerjasama antara dua negara. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Penandatanganan MoU Kementan dan Bank Mandiri

Sumber: Indozone.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.