ekpor mangga

Mau tau informasi mengenai mangga gedong gincu dari sumedang? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Mangga Gedong Gincu Sumedang

Mengenal Mangga Gedong Gincu

ekpor mangga
telengas.sideka.id

Mangga Gedong Gincu sebenarnya produk asli dari daerah Sumedang Tepatnya Kecamatan Tomo. Bentuknya yang agak bulat berwarna hijau, kuning kemerah-merahan, serta harumnya yang khas. Rasanya yang unik membuat buah ini digemari banyak orang.

Buah mangga itu mulai dicari sebagai pesanan oleh-oleh dari Sumedang dan sekitarnya. Dari sekian banyak jenis buah asli Indonesia, mangga adalah salah satu buah yang selalu ditunggu musim berbuahnya.

Bahkan, sejumlah pedagang Mangga Gedong Gincu di Kecamatan Tomo memilih tetap berjualan di hari raya lebaran karena omzet yang didapat saat libur lebaran lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Mangga gincu dari tiap daerah ini masing-masing memiliki ciri. Ada yang manis tapi ukuran buahnya kecil. Ada yang bentuk buahnya bagus dan besar, namun rasanya kurang manis. Karena kelezatannya, buah ini juga diekspor ke mancanegara.

Baca juga: Edamame Mitratani Jember di Ekspor ke Jepang

Ekspor Mangga Gedong Gincu

ekpor mangga
ruber.id

Baca juga: Banyuwangi Kembali Ekspor Kopi Robusta, Tujuannya Swiss Hingga Inggris

Mangga Gedong Gincu ini sudah mampu menembus pasar Rusia. Untuk memacu ekspor mangga asal Sumedang, Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengalokasikan kegiatan pengembangan kawasan mangga gedong gincu seluas 200 hektar pada tahun 2020.

Sumedang sangat potensial untuk pengembangan mangga Gedong Gincu. Tahun depan dialokasikan 200 hektare mangga ke kawasan tersebut. Untuk kawasan eksisting kami akan genjot ekspornya.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan-kecamatan sentra akan diberdayakan menjadi ujung tombak pengembangan kawasan Mangga Gedong gincu.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan-kecamatan sentra akan diberdayakan menjadi ujung tombak pengembangan kawasan Mangga Gedong gincu.

Program Mentan untuk memacu kinerja ekspor serta mengkonsolidasikan potensi dan data pertanian mulai dari level kecamatan hingga pusat.

Awal mulanya hanya tentengan oleh-oleh Sumedang saat tugas belajar di Rusia, ternyata sambutan konsumen di Rusia sangat luar biasa. Akhirnya mangga gincu diekspor dalam jumlah yang banyak.

Untuk pengirimannya, mangga gedong gincu ini dipilih dalam kondisi yang setengah matang supaya setelah sampai bisa disantap oleh orang Rusia.

Harga mangga gedong gincu yang dikirim ke Rusia memiliki harga yang sangat tinggi. Harga eceran mencapai 850-900 rubel atau 187-198 ribu per kilogram.


Itulah informasi mengenai ekspor mangga gedong gincu dari sumedang. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Produk Pertanian di Jawa Timur Diekspor ke 22 Negara

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.