Ungkapan Mentan Terhadap Harga Kopi Blawan Sebesar 450ribu/kg di Berlin

Mau tau bagaimana ungkapan mentan pada harga kopi blawan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Kopi Blawan di Berlin

Kunjungan Mentan di Berlin

kopi blawan
agrofarm.co.id

Baca juga: Diperkirakan Ekspor Hasil Kebun Akan Naik 3 Kali Lipat

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat ini berada di Berlin, Jerman guna menghadiri Global Forum Food and Agriculture 2020, sebuah forum pertemuan dua tahunan menteri pertanian sedunia.

Dalam forum tersebut, SYL dan delegasi Pemerintah Republik Indonesia, membawa tiga misi penting dalam kegiatan yang berlangsung 16-18 Januari 2020 ini. Misi pertama adalah menghilangkan batasan yang menghambat intervensi bantuan pangan bagi kemanusiaan.

Misi kedua, negara-negara maju harus memiliki komitmen yang kuat untuk membantu negara-negara berkembang dan terbelakang untuk dapat maju bersama melalui transfer ilmu pengetahuan, inovasi teknologi, keahlian, dan pengalaman.

Ketiga, menjadikan pangan sebagai instrumen penting dan strategis sebagai bahasa perdamaian dunia. Misi tersebut diusulkan untuk dideklarasikan dalam forum sebagai bagian dari kesepahaman bersama antara menteri pertanian sedunia.

Kopi Blawan menjadi salah satu kopi unggulan yang dijual oleh Berliner Kaffeerösterei, toko kopi terkemuka di Berlin. Toko ini menawarkan puluhan varian kopi dari berbagai penjuru dunia, seperti Ethiopia, Colombia, Australia, dan juga Indonesia.

Kopi Blawan

kopi blawan
gatra.com

Kopi Blawan memang terkenal dan diminati oleh warga Eropa. Selama ini 90 persen kopi produksi Blawan diserap pasar luar negeri, di antaranya Belanda, Jerman, hingga Amerika Serikat.

Kopi yang ditanam di Perkebunan Blawan berjenis arabika berasal dari tiga kebun kopi, yaitu Kebun Jampit, Kebun Blawan, dan Kebun Pancor. Kopi arabika dikenal memiliki rasa manis dan asam, serta terasa ringan saat diminum.

Dari tiga kebun ini, dihasilkan kopi arabika bertaraf internasional yang terkenal dengan sebutan Java Coffee Jampit, Java Coffee Blawan, dan Java Coffee Pancoer.

Indonesia sendiri saat ini merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Topografi tanah berbukit dengan gunung-gunung vulkanik membuat Indonesia dianugerahi tanah yang subur dan cocok ditanami kopi.

Harga Kopi Blawan di Berlin

Baca juga: Banyuwangi Kembali Ekspor Kopi Robusta, Tujuannya Swiss Hingga Inggris

Selain itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  bangga saat menemukan kopi Blawan yang berasal dari dataran tinggi Ijen, Kab, Bondowoso, kopi tersebut dihargai mahal karena setiap kilogram pembelinya harus merogoh kocek senilai 29,20 euro atau bila dirupiahkan sekitar Rp450.000.

“Melihat kopi kita dihargai dengan nilai tinggi tentu menjadi penyemangat untuk terus menggiatkan ekspor pertanian, termasuk untuk komoditas kopi. Ayo terus tingkatkan produktivitas dan kualitas produk kita, sehingga kita bisa merajai pasar dunia,” ungkap Syahrul

Meski kopi Indonesia sudah merambah pasar Internasional, Syahrul masih terus mendorong agar ekspor kopi Indonesia bisa terus ditingkatkan.

Syahrul menargetkan pertumbuhan ekspor Kopi bisa meningkat hingga tiga kali lipat sampai lima tahun ke depan. Untuk itu, Ia meminta para produsen dari hulu dan eksportir untuk bekerja sama sehingga pertumbuhan ekspor kopi bisa sesuai target atau lebih.


Itulah informasi mengenai harga kopi blawan di Berlin. Semoga infromasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Mentan Dukung Ekspor Mangga Gedong dari Sumedang

Sumber: Republika.co.id

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.