benalu mangga

Mau tau informasi mengenai khasiat benalu mangga? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Khasiat Benalu Mangga

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata benalu? Sekilas mungkin yang akan langsung terpikir adalah parasite, merugikan dan tugasnya menumpung makan pada tanaman lain.

Ya, semua itu benar adanya namun anda akan terkejut mendengar benalu yang satu ini, pasalnya benalu ini memiliki manfaat loh untuk kesehatan.

Namanya adalah Dendrophthoepentandra atau yang biasa disebut benalu mangga.

Benalu yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan loh! Untuk lebih jelasnya, artikel berikut telah merangkum manfaat yang bisa diperoleh dari benalu mangga.

benalu mangga
manfaat.co.id

Baca juga: Manfaat Buah Merah dari Tanah Papua

Obat Gangguan Perkemihan

Rebusan benalu mangga dipercaya mampu mengobati penyakit gangguan perkemihan. Pengolahannya cukup mudah, anda hanya perlu menyajikannya dengan metode seduhan untuk mengkonsumsinya.

Sebanyak 9 lembar daun benalu mangga dicuci dengan air mengalir kemudian direbus dengan menggunakan air bersih sebanyak 2 liter.

Tunggu sampai airnya berkurang sekitar 1 liter, diamkan air rebusan sampai dingin. Bisa juga mengkonsumsinya pada saat pagi, sore hari atau malam hari.

Sebaiknya saat mengkonsumsi seduhan air benalu mangga, anda mengkonsumsi air lebih banyak untuk memperlancar kencing dan hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Obat Kanker

Selain mengobati penyakit gangguan perkemihan benalu mangga juga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Pengolahannya dilakukan dengan cara yang berbeda yakni dengan mengambil beberapa bagian daun benalu mangga yang kemudian dikeringkan.

Gunakan kain hitam untuk menghindari kontak langsung dengan matahari. Daun benalu yang telah kering ditumbuk hingga halus menjadi bubuk.

Bubuk daun benalu mangga sebaiknya digunakan pada dosis 5-10 gram, lewat dari itu ditakutkan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Secara tak sengaja, seorang peneliti LIPI Cibinong Bogor (Samiran) melakukan pengamatan terhadap penderita kanker usus di desa Gentasari, Kroya, Cilapcap yang berhasil sembuh akibat pemberian air rebusan daun benalu mangga.

Penelitian yang dilakukan oleh Amalia (2017) menunjukkan bahwa kandungan toksisitas dari benalu mangga di tiap daerah di Indonesia berbeda-beda dengan nilai LC50 di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, dan Kalimantan

Berturut – turut 26,61 µg/ml; 1583.75 µg/ml;4845.32 µg/ml;798.28 µg/ml sehingga diperlukan pengujian yang lebih dalam untuk digunakan sebagai obat kanker.

benalu mangga
inikhasiat.com

Baca juga: Manfaat Buah Pinang Muda Untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Obat Supportive

Penggunaan benalu mangga sebagai obat juga telah berkembang sejak lama di Eropa.

Jerman misalnya bahkan telah memproduksi tanaman yang satu ini sebagai obat suportif yang dipercayai ahli onkologinya sebagai obat pendukung dalam menyembuhkan kanker.

Kajian secara farmakologi pada benalu diketahui mengandung zat bioaktif seperti flavonoid derivat, alkaloid, inositol, viscinacid, cholin, lektin, dan viscotoxin.

Zat yang paling berperan penting dalam pengobatan kanker adalah lektin dan viscotoxin.

Lektin akan berfungsi mengaktifkan sistem imun dalam tubuh seperti leukosit, granulosit, makrofag, sedangkan viscotoxin berfungsi dalam menghambat dan membunuh sel kanker.

Di Jerman, penggunaan bahan benalu ini sudah banyak diterapkan dalam proses penyembuhan penyakit kanker.

Selain itu, pasien yang diberikan ramuan benalu pada pasien kemoterapi mampu menghilangkan rasa mual, rambut rontok, pusing serta hilangnya nafsu makan.

Keberadaan penggunaan benalu sebagai bahan herbal nyatanya sudah ada di Indonesia, hal ini dibuktikan dalam Journal of The Asiatic Society of Bengal (1887)

Mengenai cara orang Indonesia khususnya di Jawa, Sumatera dan Kalimantan yang memanfaatkan benalu sebagai obat cacar air, diare, cacingan, tumor dan kanker.


Itulah informasi mengenai khasiat dari benalu mangga. Semoga informasi yang diberikan dapat bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Sumber:

Anonim. 2016. Khasiat Benalu Mangga yang Belum Diketahui Orang. Diakses dari:

  • Amalia, O.M. 2017. Uji Toksisitas Ekstrak Etanol 96% Daun Benalu Mangga (Dendrophthoe pentandra) dari Berbagai Daerah di Indonesia terhadap Sel Vero. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  • https://www.pertanianku.com/khasiat-benalu-mangga-yang-belum-diketahui-orang/
  • Gembala, P. 2014. Khasiat Benalu Mangga, Jeruk, Teh Bagi Kesehatan. Diakses dari: http://antarberita.blogspot.com/2014/09/khasiat-benalu-mangga-jeruk-teh-bagi.html   

Comments

  1. Info yang sangat bagus untuk didiskusikan, melalui penelitian yang telah dilakukan Dr. Sucipto Hariyanto, DEA. dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR). Bagian haustorium pada tanaman ini dapat bermanfaat sebagai obat. Haustorium sendiri merupakan bagian benalu yang menempel pada inangnya, bagian ini terlihat membengkak dan memiliki bentuk unik. Lebih jelasnya bisa lihat di alamat ini. http://fst.unair.ac.id/dikenal-sebagai-parasit-benalu-berpotensi-sebagai-tanaman-obat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.