Konsumsi 5 Bahan Alami Ini Saat Covid-19

Serangan wabah virus Covid-19 memang sangat cepat sekali menular. Untuk mengatasinya, saat ini pemerintah sudah gencar-gencarnya memberikan instruksi kesehatan dengan selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Namun sebagai tindak pencegahan, Anda juga bisa mengonsumsi beragam jenis bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jenis-Jenis Bahan Alami yang Bisa Dikonsumsi Saat Covid-19

Memang belum ada penelitian resmi terkait keefektifitasan bahan-bahan alami dari tanaman herbal untuk menyembuhkan penyakit Covid-19. Namun tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara rutin agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

Lalu bahan alami apa saja yang banyak dipercaya masyarakat mampu mencegah infeksi dan melindungi tubuh saat Covid-19? Ini dia ulasannya.

  1. Jambu Biji Merah

Dari dahulu, kandungan jambu biji merah dikenal sangat bermanfaat untuk mengobati demam berdarak karena dapat meningkatkan kadar trombosit didalam tubuh.

Selain itu, saat ini beberapa peneliti dari IPB dan UI menemukan hasil penelitian yang menarik. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa komponen yang terkandung didalam jambu biji bisa digunakan untuk melawan Covid-19.

Berbagai senyawa bermanfaat dalam jambu biji yang diklaim mampu mencegah serangan Covid-19 pada tubuh antara lain kaempferol, rhamnetin, hesperidin, myricetin, serta kuersetin.

  1. Buah dan Kulit Jeruk

Berdasarkan penelitian gabungan terbaru yang dilakukan oleh UI dan juga IPB, diketahui bahwa buah dan kulit jeruk memiliki beragam komponen aktif yang berpotensi melawan virus Covid-19.

Hal ini dikarenakan jeruk memiliki kandungan flavonoid jenis hesperidin yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari serangan virus dan juga bakteri.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuat infused water. Infused water dibuat dengan memotong buah jeruk yang sudah dicuci tanpa dikupas lalu memasukkannya kedalam air minum. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus jeruk dengan menambahkan sedikit kulit jeruk kedalamnya.

  1. Kunyit

Kandungan curcumin yang terdapat didalam kunyit juga dipercaya mampu menangkal serangan virus Covid-19. Penelitian kunyit untuk mencegah serangan Covid-19 ini sendiri sudah dilakukan oleh Prof.Dr.C.A Nidom, drh,.MS selaku Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair).

Walaupun masih membutuhkan serangkaian penelitian lanjutan, namun beliau memaparkan bahwa dari segi kandungan nutrisi yang dimiliki, kunyit sudah aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek atau gangguan pada tubuh.

  1. Propolis

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Sahlan dari Fakultas Teknik Indonesia, diketahui bahwa propolis memiliki beragam kandungan yang berkhasiat dan bisa menjadi penghambat alami untuk mencegah serangan virus.

Rujukan penelitiannya mengacu kepada penelitian yang dipublikasi oleh Shanghai Tech University bulan Januari 2020 dimana tim peneliti membuat dan mengembangkan senyawa kimia N3 sebagai obat infeksi Covid-19.

Muhammad sahlan sendiri menuturkan bahwa propolis yang ia teliti memiliki sifat penghambat virus sama seperti senyawa N3 yang dikembangkan oleh peneliti Cina.

  1. Daun Kelor

Selain meneliti jambu biji dan juga buah jeruk, penelitian gabungan yang dilakukan oleh para peneliti dari IPB dan UI juga meneliti Daun Kelor. Daun Kelor berpotensi juga untuk mencegah corona. Hasil menunjukkan bahwa kandungan senyawa yang dimiliki oleh daun kelor mampu menangkal serangan virus.

Baca Juga: Konsumsi Buah Ini Untuk Melindungi Tubuh Dari Virus

Anjuran Dokter untuk Masyarakat

Walaupun beragam jenis bahan-bahan alami ini terbukti memiliki kandungan yang bermanfaat, kita tidak boleh lengah.  Karena menurut dokter kepastian bahwa bahan tersebut bisa menyembuhkan Covid-19 masih belum bisa dipercayai 100%. Untuk itu tetap disiplinkan diri karena buah tersebut juga masih membutuhkan penelitian lanjutan.

Walaupun begitu, Anda bisa tetap mengonsumsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak rentan terserang virus.

Kebersihan mampu menjaga keamanan dan kesehatan serta terhindar dari Covid-19. Tindakan paling terpercaya dan terbukti secara ilmiah saat ini yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Hal lain yang tidak boleh lupa adalah menggunakan masker saat keluar rumah.

Semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa jaga kesehatan!

 


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini


References:

https://www.sehatq.com/artikel/apa-saja-tanaman-herbal-yang-dapat-mencegah-covid-19/amp

https://tekno.tempo.co/amp/1319608/3-bahan-alami-penghadang-covid-19-versi-peneliti-indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.