Langkah Menanam dan Merawat Melati Air di Pot

Mau tau informasi mengenai langkah menanam melati air di pot? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Cara Mudah Menanam Melati Air di Rumah

Berbeda dengan tanaman pada umumnya, melati air merupakan jenis tanaman yang dapat hidup di perairan.

Walaupun memiliki bentuk bunga berwarna putih, nyatanya bunga yang satu ini bukanlah termasuk kedalam keluarga melati yang termasuk kedalam jenis tanaman air yang mampu menghasilkan bunga.

Ciri dari bunga ini yaitu memiliki bunga berwarna putih dengan tiga kelopak bunga. Kepala sarinya berwarna kuning dan membentuk lingkaran.

Karena memiliki bunga yang sangat cantik dan indah, maka tak heran jika tanaman yang satu ini sering ditanam sebagai salah satu tanaman hias.

Perawatannya juga tergolong mudah dan dapat berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

Bagi yang tertarik untuk menanam bunga ini sebagai penghias rumah, ini dia beberapa cara penanaman yang harus dilakukan.

melati air
ilmubudidaya.com

Baca juga: Panduan Mudah Tanam Jahe di dalam Pot

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum melakukan penanaman melati air di pot, maka harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Karena termasuk kedalam tanaman air, maka siapkan pot yang tidak memiliki lubang di bagian dasarnya. Selain itu siapkan juga bahan-bahan lain seperti bibit rumpun melati dan juga media tanam.

Persiapan Media Tanam

Untuk menanam tanaman hias yang satu ini, bisa menggunakan media tanam berupa tanah halus. Namun tanaman melati akan tumbuh lebih baik lagi jika ditanam pada media lumpur.

Masukkan media tanam yang sudah disiapkan kedalam pot hingga 1/3 bagian. Setelah itu tambahkan pupuk organic seperti pupuk kandang atau pupuk kompos di atas media tadi.

Penanaman Melati Air

Jika media tanam dan pupuk sudah selesai dimasukkan, maka sudah bisa menanam rumpun bibit melati air langsung ke dalam pot.

Pastikan rumpun melati yang akan ditanam sudah tertimbun ke dalam tanah. Jika sudah selesai ditanam jangan lupa padatkan media sehingga tanaman dapat berdiri tegak.

Selain bisa ditanam pada media tanah, melati air juga bisa ditanam pada media air.

Caranya, buatlah lubang tanam lalu masukkan akar tanaman ke media air. Isi kolam dengan air hingga setenagh tinggi tanaman.

Jangan biarkan media air mengenai bagian atas tanaman hingga tenggelam karena akan membuat tanaman membusuk.

melati air
ilmubudidaya.com

Baca juga: 5 Langkah Menanam Bunga Gelombang Cinta di dalam Pot

Perawatan dan Pemeliharaan

Memelihara tanaman ini sangatlah mudah, hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain itu tempatkan tanaman ini di tempat sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Hal tersebut bertujuan agar tanaman tidak stress dan mati.

Karena melati air termasuk kedalam jenis tanaman air, maka Anda harus memastikan kecukupan jumlah air yang ada pada media tanam.

Tips Agar Tanaman Melati Air dapat Tumbuh Subur

Agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan subur maka harus mengetahui teknik dan tips selama proses penanaman dan pemeliharaanya. Penasaran dengan beragam tips penanaman ini? Ini dia ulasannya

  1. Karena termasuk kedalam jenis tanaman air, maka pastikan akan mendapatkan pengairan yang cukup. Walaupun begitu, jangan sampai bagian atas tanaman ikut tergenang air karena akan mengakibatkan pembusukan.
  2. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman, lakukan pemupukan sebanyak satu bulan sekali. Anda bisa menggunakan pupuk NPK untuk pemupukan. Gunakan metode selang untuk pemupukan dengan cara mengalirkan pupuk ke dalam selang dan dialirkan langsung ke media tanam.
  3. Agar tanaman tidak mengering, maka jangan tempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah tadi beberapa informasi terkait proses penanaman dan perawatan tanaman hias melati air. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam bertani. Selama mencoba sobat PTD!

Baca juga: 5 Tips Tanam Daun Mint di Dalam Pot

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber: 

  • https://www.faunadanflora.com/cara-menanam-dan-merawat-bunga-melati-air/
  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-dan-merawat-melati-air/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.