Manfaat Konsumsi Ikan Bandeng Untuk Kesehatan

Ikan bandeng adalah ikan laut yang diperoleh oleh nelayan namun mulai banyak dikembangkan di perairan air tawar, mengingat populasinya yang terus menipis. Olahan ikan bandeng daapat dilakukan dengan beranekaragam bumbu dan masakan daerah, namun kelemahannya pada dagingnya karena banyak tulang kecil.

ikan bandeng siap disantap

Sumber: medium.com

Walaupun begitu, ikan bandeng termasuk ikan dengan nutrisi penting, sumber protein dan kaya dengan mineral dan vitamin. Dikutip dari https://beritagar.id/, pada 100 gr ikan bandeng lokal terkandung nutrisi sebanyak:

  • Kalori: 123 kalori
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 4,8 gram
  • Kalsium: 20 mg
  • Fosfor:150 mg
  • Zat besi: 2 mg
  • Natrium: 67 mg
  • Kalium: 271,1 mg
  • Vitamin A: 45 mcg
  • Vitamin B1: 0,05 mg
  • Vitamin B2: 0,2 mg

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Memelihara Ikan Hias

Meningkatkan Fungsi Otak

Omega 3 yang terkandung dalam ikan bandeng berperan dalam memelihara fungsi otak, menjaga membrane sel, dan komunikasi antar sel, serta memberikan ruang pada fungsi otak untuk menunda penuaan dini.

Sementara itu, vitamin B12 yang terkandung dalam daging ikan bandeng bertanggung jawab untuk mengurangi stress, menghindarkan adanya atrofi otak dan kehilangan memori. Vitamin B12 berkolaborasi dengan hormone serotonin dalam mengatur suasana hati dibantu dengan vitamin B6 dalam mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

Menjaga Kesehatan Ibu dan Janinnya

Ikan bandeng mengandung protein yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan janinnya tetap sehat. Protein sangat diperlukan dalam perkembangan otak, pertumbuhan tulang dan kecerdasan otak.

ikan bandeng

Sumber: akurat.co

Selain itu, kandungan omega 3 saat mengkonsumsi ikan bandeng memiliki manfaat langsung pada kecerdasan, komunikasi hingga mengurangi resiko terjadinya penyakit mental pada anak. Vitamin B12 untuk berkembangnya otak dan system saraf dan mengurangi resiko cacat saat lahir.

 

Mencegah Penyakit Jantung dan Kolesterol

Asam lemak tidak jenuh pada ikan bandeng yakni omega – 3 yang diturunkan melalui ERA dan DHA sangat baik dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dan kolesterol. Omega 3 berguna untuk hipokolesterolemik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah beserta mencegah terjadinya penggumpalan darah pada jantung koroner.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Ikan Salmon untuk Bayi

Fungsi tersebut akan dibantu oleh kandungan vitamin B3 dengan mengatur kolesterol dalam darah untuk mencegah penyakit jantung, stress oksidatif dan peradangan yang kemungkinan diakibatkan oleh aterosklerosis.

Mengatasi Anemia

Gejala yang disebabkan oleh kurangnya asupan darah dalam tubuh ialah mudahnya lelah dan lemas dapat diatasi dengan konsumsi ikan bandeng yang kaya dengan vitamin B12. Produksi sel darah merah akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh sehingga membangkitkan energi setelahnya.

Memelihara Penglihatan

Kadar vitamin A yang terkandung dalam ikan bandeng berguna dalam memelihara fungsi mata khususnya dengan mempertajam salah satu bagian mata yakni kornea. Vitamin A berguna dalam melindungi mata dari katarak dan degenerasi macula.

Beberapa vitamin lain yang terkandung dalam ikan bandeng seperti vitamin B3 mencegah terjadinya glaucoma pada mata dan vitamin B6 berguna dalam mencegah degenerasi makula mata khususnya akibat pertambahan umur (usia).

Baca juga: Strategi KKP Lawan Corona Dalam Menjaga Ketersediaan Perikanan

REFERENSI

Anonim. 2019. 5 Manfaat Ikan Bandeng yang Jarang Diketahui. Diakses dari: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/5-manfaat-ikan-bandeng-yang-jarang-diketahui

Sendari, Anugerah Ayu. 2019. 6 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi. Diakses dari: https://hot.liputan6.com/read/4098094/6-manfaat-ikan-bandeng-untuk-kesehatan-kaya-nutrisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.