membuat taman vertikal

Ingin membuat taman vertikal? ini 30 jenis tanaman yang jadap kamu pertimbangkan untuk dicoba dirumah.

Taman vertikal adalah konsep taman untuk mengatur tanaman dan elemen lainnya secara tegak yang bertujuan untuk menghemat tempat.

Konsep taman vertikal bertujuan untuk penghijauan namun, tidak memungkinkan untuk dilakukan secara horizontal dikarenakan lahan yang sempit, sehingga konsep taman ini umumnya diusung di perkotaan.

Dengan konsep taman vertikal, kita dapat memanfaatkan bidang tegak seperti tembok rumah maupun gedung perkantoran.

Selain memungkinkan untuk bercocok tanam di perkotaan, taman vertikal juga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

  1. Dapat menyejukkan ruangan atau udara.
  2. Berfungsi sebagai filter udara.
  3. Memiliki nilai estetika untuk mempercantik dinding atau ruangan.
  4. Menyediakan lebih banyak oksigen dengan keberadaan taman vertikal di perkotaan.

30 Jenis Tanaman Untuk Membuat Taman Vertikal

Jika Anda tertarik untuk membuat taman vertikal, perlu diketahui tanaman-tanaman yang cocok ditanam secara vertikal karena tidak semua tanaman cocok dengan konsep ini.

Berikut adalah beberapa tanaman yang dapat dijadikan referensi dalam konsep taman vertikal:

Baca Juga: Ingin Bercocok Tanam di Dataran Rendah? Coba 10 Tanaman Ini

Sirih Merah

Sirih merah merupakan tanaman rambat yang sesuai untuk ditanam secara vertikal, sirih merah juga memiliki warna yang menarik.

taman vertikal
medium.com

Sirih

Sirih merupakan tanaman merambat yang memiliki dua jenis yaitu yang bersulur dan anggur. Jika diberi penopang, tanaman sirih dapat tumbuh menjulur dengan tinggi.

Lili Paris

Lilil paris memiliki ciri daun yang kecil dan panjang dengan garis putih kekuningan ditengahnya. Lili paris tumbuh dengan baik di tempat yang teduh, namun tahan terhadap sinar matahari langsung.

Tanduk rusa

Tanaman ini berbentuk seperti tanduk rusa jantan sehingga disebut tanduk rusa. Tanduk rusa tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab dan berkembang biak dengan spora.

Tanduk rusa biasanya tumbuh menempel pada pohon besar, namun bisa juga ditanam pada media yang tepat sehingga dapat dijadikan taman vertikal di lingkungan rumah Anda.

Pakis pedang

Pakis biasa juga disebut paku-pakuan merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan karena mudah tumbuh dan dapat menutupi suatu area dengan cepat.

Pada umumnya, pakis tumbuh mengarah ke bawah sehingga jika ingin menanam pakis untuk taman vertikal, disarankan untuk menanam ‘cover crop’ yang lain.

Soapwort

Soapwort merupakan tanaman merambat yang tahan panas dan banyak disukai orang.  Tanaman soapwort harus terpapar sinar matahari secara langsung.

Golden Moneywort

Golden moneywort cocok ditanam di permukaan pagar. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang intensif dan cepat merambat.

Kuping Gajah

Tanaman dengan nama ilmiah Anthurium crystalium ini memiliki daun berbentuk hati dengan garis daun berwarna putih. Tanaman kuping gajah memiliki dua varietas umum yaitu yang berdaun lebar dan sempit.

Bunga lipstick

Bunga lipstick merupakan tanaman yang tumbuh dengan baik secara ‘outdoor’ dan biasanya dijadikan tanaman gantung. Bunga lipstick cocok dengan konsen taman vertikal karena tidak membutuhkan tanah yangn dalam.

Hosta

Tanaman hosta atau biasa disebut funkia banyak ditanam dengan konsep taman vertikal di luar negeri. Hosta merupakan tanaman tahunan atau perenial.

Mandavilla

Mandavilla merupakan salah satu tanaman merambat yang tidak selalu mengikuti sulur. Mandavilla memiliki bunga berwarna putih, kuning, merah muda dan merah. Selain warnanya yang cantik, mandavilla juga hidup dengan mudah di iklim tropis.

Begonia

Begonia merupakan tanaman yang cocok untuk konsep taman vertikal jika lokasi taman vertikal merupakan tempat yang teduh. Begonia di Indonesia memiliki corak yang unik pada daunnya.

Dollar plant

Dollar plant merupakan tanaman merambat yang cocok pada dinding yang luas. Akar dollar plant mencengkeram tembok dengan kuat dan lebih baik dirambatkan pada tembok yang kasar dibandingkan dengan tembok yang halus.

Morning Glory

Morning glory merupakan bunga yang mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma yang wangi. Tanaman ini cocok dijadikan hiasan pagar.

Ivy

Ivy adalah tanaman jenis cemara yang tumbuh dengan baik di sisi tembok. Ivy cocok tumbuh di dataran rendah dan juga berperan sebagai filter polusi sehingga sangat cocok untuk ditanam di perkotaan.

Namun perlu diperhatikan bahwa tanaman ini dapat mengiritasi kulit dengan sensasi terbakar. Sehingga jauhkan dari jangkuan anak-anak.

Baca Juga: Ingin Menanam Bunga Air Mata Pengantin? Ikuti 5 Langkah Ini

Bugenvil

Bunga bugenvil atau bunga kertas mempunyai beragam warna yang indah dan lebat seperti putih, pink, dan juga ungu. Semakin menua, tanaman bugenvil akan mengeras sehingga harus dipangkas agar tetap indah.

bunga bugenvil
pixabay.com

Bromeliads

Bromeliads adalah tanaman yang sangat sedikit membutuhkan air dan tidak memerlukan media tanam. Karena kebutuhan airnya yang sedikit, bromeliads tidak perlu disiram. Contoh bromeliads adalah janggut musa. Bromeliads secara umum merupakan tanaman yang tahan banting.

Kucai

Kucai merupakan tanaman yang termasuk family alliaceae. Kucai merupakan jenis bawang-bawangan. Tanaman ini memiliki keunikan berupa daun yang berbentuk seperti tabung kosong dengan panjang kurang lebih 50 cm.

Air Mata Pengantin

Air mata pengantin terkenal karena keindahannya dan warna pink yang menjadikan nuansanya romantis. Tanaman ini berasal dari Mexico.

Glorybower

Bunga glorybower cocok bagi Anda yang menyukai nuansa teduh. Bunganya berwarna keorenan sangat menawan.

Sukulen

Sukulen memiliki daya adaptasi yang baik dan tahan terhadap fluktuasi suhu dan cuaca sehingga cocok dengan konsep taman vertikal. Jenis sukulen yang cocok untuk taman vertikal antara lain echeveria dan crassula.

Neoregelia

Neoregelia juga dikenal sebagai bromelia dan yang secara umum dibudidayakan dalam taman vertikal adalah neoregelia jenis olens. Daun neoregelia berwarna merah polos dengan ujung yang rata.

Crypthantus

Crypthantus merupakan jenis tanaman yang tahan dengan panas matahari. Tanaman crypthantus memiliki jenis warna yang beragam seperti garis-garis putih, abu-abu, hijau dan merah. Karena jenis warnanya bervariasi, crypthantus sering dijadikan seagi aksen dalam taman vertikal.

Air Plant

Air plant atau tanaman udara dari namanya tentu sudah menggambarkan bahwa tanaman ini tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup karena secara umum air plant tumbuh secara alami di tanaman lainnya sehingga sangat cocok untuk taman vertikal. Contoh tanaman udara antara lain : aechmea, tillandsia, dan vriesea.

Melati Irian

Melati irian berasal dari Irian Jaya, tanaman ini sangat  cocok untuk hiasan pagar dengan warnanya yang oranye. Tanaman ini berukuran kecil dan hidup bergerombol.

Kadaka

Kadaka berdaun dengan pinggiran yang bergelombang dan berwarna hijau mirip dengan paku sarang burung namun dengan daun yang berukuran lebih kecil.

Petrea Volubis

Tanaman ini memiliki warna dominan ungu kebiruan, ada juga yang berwarna putih. Tanaman ini merambat dan biasanya ditanam untuk hiasan pagar. Bunga petrea volubis memiliki bunga yang lebar di seluruh agian sehingga menjadikan bunga ini sangat cantik.

Wisteria

Wisteria sangat indah dijadikan hiasan pagar, namun tanaman ini merupakan tanaman subtropis sehingga susah untuk dibudidayakan di Indonesia.

Sehingga dibutuhkan kesabaran dalam pemeliharannya. Selain itu wisteria juga cukup mahal karena sulit dibiakkan.

Singonium

Singonium mirip dengan kuping gajah serta memiliki ciri khas ketinggian yang tidak lebih dari 30 cm. Daunnya berbentuk hati dengan campuran warna hijau keputihan. Jika berada di tempat yang cukup air, tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah.

Jalaran Api

Jalaran api adalah tanaman merambat berwarna jingga yang mengesankan jalaran api, tanaman ini akan sangat cocok untuk hiasan pergola.


Itulah 30 jenis tanaman membuat taman vertikal yang dapat kamu pertimbangkan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membudidayakan Tanaman Hias

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: https://solusiruma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.