Ragam Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Jika selama ini Anda hanya menikmati kesegaran buah sirsak, nyatanya tidak hanya bagian buahnya saja yang bermanfaat. Daun sirsak juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Kandungan Daun Sirsak

Tidak kalah dengan buahnya yang kaya manfaat, daun sirsak ternyata juga sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Acetogenin merupakan suatu senyawa yang bersifat sitotoksik dan bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan ATP yang menjadi sumber energi bagi sel kanker. Acetogenin bekerja dengan cara menempel pada reseptor dinding sel dan merusak ATP yang berada pada dinding mitokondria.

Baca juga: Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirsak

daun sirsak

Daun sirsak bisa dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu lalu diminum air rebusannya. Beberapa manfaat dari penggunaan daun sirsak untuk kesehatan antara lain:

1. Mengatasi Penyakit Kolestrol

Bagi Anda yang memiliki kolestrol yang tinggi, maka mengonsumsi air rebusan daun sirsak bisa digunakan untuk mengatasinya. Rebus sekitar 10 lembar daun sirsak bersihdengan 3 gelas air, Rebus beberapa menit hingga tersisa kira-kira 1 gelas air. Konsumsi air rebusan secara rutin pada pagi hari hingga efeknya mulai terasa.

2. Mengatasi Penyakit Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang memiliki tingkat kematian tinggi di dunia. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan secara rutin. Daun sirsak sendiri memiliki kandungan acetogenin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, acetogenin daun sirsak juga mampu menghambat pertumbuhan tumor yang resisten terhadap jenis obat adryamicin.

3. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Kandungan acetogenin yang terdapat didalam daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat. Rebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa 1 air. Konsumsi air rebusan pada pagi hari sehingga manfaatnya lebih cepat terasa.

 4. Menghilangkan Kutu

Kutu pada rambut kerap kali menggangu penampilan dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Gunakan rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut. Daun sirsak memiliki sifat racun bagi kutu sehingga bisa digunakan untuk membasminya.

5. Mengobati Bisul

Selain menyakitkan, memiliki bisul juga dapat menggangu kesehatan serta merusak penampilan. Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mengatasi penyakit ini. Petik beberapa lembar daun sirsak lalu cuci hingga bersih. Haluskan daun sirsak yang sudah dicuci lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

6.Meningkatkan Kesehatan Mata

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh National Eye Institute, daun sirsak memiliki kandungan antioksidan dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Manfaatnya akan semakin terasa jika Anda mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin E, C, dan juga beta karoten. Kombinasi dari berbagai bahan tadi mampu menurunkan resiko penyakit mata hingga 25%.

7. Mencegah Infeksi

Daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi pada tubuh karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Rebus sekitar 4-5 lembar daun sirsak dengan empat gelas air hingga tersisa satu gelas air. Minum air rebusan secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Daun Sambiloto dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat 

Efek Samping Penggunaan Daun Sirsak

Walaupun memberikan beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, nyatanya penggunaan daun sirsak dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Salah satu efek samping penggunaan daun sirsak yaitu resiko gangguan pada hati dan juga ginjal.

Namun tidak hanya itu saja, mengonsumsi suplemen daun sirsak dalam jangka waktu panjang juga dapat memicu kerusakan pada syaraf. Jika syaraf rusak, maka tubuh akan kehilangan kendali serta memicu halusinasi. Selain itu kerusakan pada syaraf juga bisa memicu jenis penyakit lain seperti Parkinson.

Daun sirsak juga tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang, ada beberapa kondisi dimana seseorang tidak diperbolehkah mengonsumsi daun sirsak. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memiliki tekanan darah atau trombosit yang rendah
  • Sedang menjalani pengobatan untuk masalah tekanan darah tinggi ataupun diabetes.
  • Memiliki Riwayat penyakit ginjal, hati, serta Parkinson
  • Ibu hamil dan juga menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi daun sirsak.

Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat. Namun hal tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Oleh karena itu, untuk mencegah berbagai efek samping berbahaya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda!

Baca juga: Kenali Macam Manfaat yang Dimiliki oleh Apel Fuji

REFERENSI:

https://www.alodokter.com/waspadai-efek-samping-daun-sirsak-sebelum-konsumsi-ekstraknya

https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4435870/10-manfaat-daun-sirsak-yang-sudah-direbus-untuk-kesehatan

https://www.dream.co.id/fresh/manfaat-daun-sirsak-1810240.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.