jinten

Selama ini jinten dikenal sebagai salah satu bumbu masakan khas. Jinten biasanya ditambahkan pada kari atau opor. Secara umum, ada dua jenis jinten yang biasa digunakan yaitu jinten putih dan hitam.

jinten

Walaupun sering dimanfaatkan sebagai rempah dapur, nyatanya jinten putih mampu memberikan berbagai manfaat yang tak kalah baiknya untuk tubuh.

Karakteristik Jinten Putih

Jinten putih biasanya dijual dalam bentuk biji kering atau juga bubuk halus. Jika dikonsumsi, jinten putih akan menghasilkan sensasi pedas dan panas. Jenis rempah ini sangat popular terutama di Asia, India, Meksiko, dan juga Afrika.

Manfaat Jinten Putih Bagi Kesehatan

Manfaat jinten putih tidak hanya memberikan sensasi pedas dan nikmat pada makanan saja. Beberpaa studi menyebutkan bahwa jinten putih juga memberikan efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

jinten

Lalu apa saja manfaat jinten putih bagi kesehatan tubuh? Ini dia ulasannya

1. Membantu Penurunan Gula Darah

Jinten putih sangat bermanfaat bagi para penderita gula darah tinggi. Pasalnya dari beberapa studi yang dilakukan, diketahui bahwa jinten putih mampu membantu penurunan kadar gula darah tinggi.

Oleh karena itu, jinten putih memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat diabetes. Diabates sendiri terjadi karena adanya AGEs yang dapat menyebabkan peradangan dan mengganggu fungsi protein. Dengan mengonsumsi jinten, maka senyawa AGEs bisa dihambat.

2. Menurunkan Kolestrol Berlebih

Memiliki tubuh dengan kadar lemak yang tinggi tentu sangat berbahaya karena dapat memicu peningkatan kolestrol dan juga merusak jantung. Jinten putih sendiri memiliki sifat hipolipidemik yang dapat mengontrol kadar lemak didalam tubuh.

Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen jinten putih 2 kali rutin selama sebulan mampu mengurangi kadar trigliserida pada tubuh.

3. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi Tubuh

Walaupun jika dilihat sekilas jinten memiliki ukuran yang sangat kecil, namun kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya sangat kaya. Berdasarkan studi penelitian, satu sendok teh jinten putih mengandung beragam nutrisi diantaranya:

  • 1,4 miligram zat besi
  • 0,37 miligram protein
  • 0,47 gram lemak
  • 0,92 gram karbohidrat
  • 8 kilokalori

Oleh karena itu, hanya dengan mengonsumsi satu sendok teh jinten putih per hari, maka Anda bisa memenuhi sekitar 17,5% kebutuhan zat besi didalam tubuh.

Baca juga: Ketahui Manfaat Andaliman, Rempah Dari Tanah Batak
4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jinten putih juga memiliki manfaat yang tak kalah unggul dalam mengatasi masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan rempah jinten mampu merangsang empedu untuk bisa mencerna nutrisi dan juga lemak tertentu.

Salah satu studi menyebutkan bahwa jinten putih dapat mengatasi masalah sindrom iritasi usus besar atau IBS. 57 pasien IBS diminta untuk mengonsumsi minyak jinten putih secara rutin 2-4 minggu, hasil menunjukkan bahwa gejala-gejala gangguan pencernaan menjadi semakin ringan.

5. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi para ibu menyusui yang hanya memiliki produksi ASI yang sedikit, mengonsumsi jinten putih ternyata mampu membantu peningkatan produksinya. Hal ini dikarenakan jinten putih memiliki struktur senyawa seperti arginine dan hormon lipid yang dapat membantu peningkatan produksi ASI pada wanita pasca melahirkan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jinten putih memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat seperti zat besi dan vitamin A, D, C. Vitamin C yang terkandung di dalam jinten putih mampu menstimulasi dan juga membantu aktivitas sel darah putih untuk menangkal berbagai serangan penyakit.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menetralisir radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung.

7. Mengatasi Masalah Jerawat

Pada sebagian orang, masalah jerawat kadang menimbulkan peradangan yang membuat tidak percaya diri. Jika Anda mengalami jerawat yang disertai dengan radang, maka jinten putih bisa digunakan untuk mengobatinya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Siapkan sekitar 1 sendok teh minyak jinten putih dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan di daerah jerawat yang meradang. Diamkan olesan selama 1 jam lalu bilas dengan air.

Baca juga: Rempah-Rempah Diborong Hingga Harga Melambung

Manfaat Jinten untuk Perawatan Kecantikan

Jinten putih juga bisa dimanfaat sebagai produk perawatan kecantikan. Menggunakan produk kecantikan berbahan jinten putih tentu lebih aman karena alami. Biasanya olahan yang digunakan pada produk perawatan kecantikan adalah minyak esensialnya.

Minyak esensial dari jinten putih ini banyak digunakan sebagai lotion, parfum, ataupun krim wajah.

Manfaat Jinten Sebagai Bumbu Kuliner

Secara tradisional jinten putih banyak digunakan sebagai salah satu rempah wajib dalam berbagai olahan kuliner India. Jinten biasa digunakan dalam bentuk bubuk ataupun biji utuh. Jenis makanan yang biasa menggunakan jinten antara lain sup, gulai, semur, hingga kari.

Manfaat Jinten Sebagai Afrodisiak

Jinten banyak dicampurkan dengan madu dan berfungsi sebagai afrosidiak. Bahan ini sangat terkenal dan popular di kalangan bangsa Arab.


Itulah tadi beberapa manfaat dari jinten dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah informasi serta wawasan Anda. Semoga bermanfaat!

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-jinten-putih/  https://doktersehat.com/manfaat-biji-jintan-untuk-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.