Mengenal Kandungan dan Manfaat Beras Shirataki Bagi Tubuh

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenal kandungan dan manfaat beras shirataki bagi tubuh.

Sejarah Beras Shirataki

Beras Shirataki

pixabay.com

Baca Juga : Dampak dari Kebijakan Impor Beras Terhadap Petani

Shirataki merupakan salah satu bahan makanan yang kini sedang menjadi perbincangan di dunia kuliner mengingat banyak pelaku diet yang memanfaatkan shirataki sebagai bagian dari menu makanan sehari-sehari mereka selama diet.

Namun faktanya shirataki telah menjadi bagian dari diet ala orang Asia selama hampir 2000 tahun lamanya.

Beras dan mi shirataki ternyata terbuat dari sejenis umbi-umbian bernama konjak atau iles-iles.

Konjak atau iles-iles adalah umbi-umbian yang banyak tumbuh di tengah hutan, kebanyakan di Jepang dan negara Asia Tenggara.

Untuk mengolah konjak menjadi shirataki, umbi konjak harus dibuat menjadi tepung lebih dulu.

Secara taksonomi, tanaman iles-iles mempunyai klasifikasi botani sebagai berikut:

Diviso: Anthophyta

Phylum : Angiospermae

Class : Monocotyledoneae

Family : Araceae

Genus : Amorphophallus

Species : Amorphophallus onchophyllus Prain

Manfaat Beras Shirataki

pixabay.com

Shirataki berbeda dari beras pada umumnya sebab beras shirataki terbuat dari iles-iles yang tumbuh di hutan. Iles-iles merupakan umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan. Konon, saat masa penjajahan Jepang, umbi ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Selain itu, kabar bahagianya shirataki juga hampir tidak memilki kadar kalori di dalamnya sehingga sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Adapun manfaat beras shirataki bagi tubuh sebagai berikut :

1. Bebas Kalori

Manfaat shirataki yang pertama adalah rendahnya kalori dan karbohidrat. Nasi shirataki dikonsumsi oleh wanita Jepang secara teratur agar tetap langsing. Selain bebas kalori, nasi ini juga bebas kedelai dan bebas gluten sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi kedelai dan gluten.

Shirataki memiliki rasa yang sama dengan nasi putih pada umumnya. Hal yang membedakan nasi shirataki dengan nasi biasa adalah teksturnya yang transparan. Beras ini terbuat dari serat yang mudah larut yang sangat penting bagi tubuh.

Serat pada nasi shirataki diyakini dapat membantu membuat kamu merasa kenyang dan membantu pencernaan jadi lebih lancar. Beras ini juga dapat memperlambat proses pencernaan dan mengatur penyerapan glukosa, sehingga membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat shirataki berikutnya adalah dapat menurunkan kolesterol jahat. Menurut penelitian dalam jurnal penelitian American Journal of Clinical Nutrition pada 1995 menunjukkan 70 pria yang mengonsumsi mi shirataki selama 4 minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 10 persen.

3. Membantu Sistem Pencernaan

Adanya Glucomannan pada mi shirataki mengandung polisakarida yang akan mengembang karena menyerap air, sehingga berguna untuk pencahar alami. Glucomannan juga berperan sebagai prebiotic, yaitu zat yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus

Beras shirataki juga bisa dijadikan pengganti beras yang biasa kita konsumsi.


Itulah informasi mengenai mengenal kandungan dan maaft beras shirataki bagi tubuh. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Pengelompokan Bahan Pangan Pokok

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.