Mengenal Penggolongan 2 Tipe Kandang Kelinci

Jika ingin melakukan ternak atau budidaya hewan, maka tipe kandang kelinci tentu menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Kandang kelinci sendiri merupakan salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan ketika akan menjalankan usaha ternak kelinci baik kelinci pedaging maupun kelinci biasa.

Sumber: hot.liputan6.com

Untuk menjalankan usaha ternak kelinci, Anda bisa menggunakan dua sistem kandang yaitu kandang terbuka atau kandang tertutup. Dua sistem kandang kelinci ini tentunya memberikan beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Penasaran dengan informasi terkait dua sistem kandang ini? Ini dia informasi lengkapnya

Baca Juga: Inovasi Ternak yang Wajib Dicoba

Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Sumber: medium.com

Jika Anda ingin melakukan pembudidayaan kelinci pedaging secara intensif, maka sistem kandang tertutup bisa menjadi pilihannya. Jenis kandang dengan sistem tertutup juga bisa menjadi pilihan tepat jika Anda ingin berfokus pada peningkatan bobot daging ternak kelinci.

Keunggulan dari penggunaan kandang sistem tertutup yaitu hewan ternak akan terlindungi dari gangguan binatang maupun manusia sehingga proses budidaya dan usaha ternak kelinci bisa dikontrol dan terhindar dari berbagai macam gangguan.

Kekurangan yang dihadirkan dari kandang dengan sistem tertutup adalah biaya yang lebih mahal karena membutuhkan beragam infrastruktur dibandingkan dengan kandang dengan sistem terbuka.

Kandang kelinci dengan sistem tertutup sendiri memiliki dua tipe antara lain kandang tertutup baterai dan kandang tertutup postal.

Kandang Tertutup Tipe Baterai

Sumber: alamtani.com

Tipe kandang yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pembesaran ternak kelinci. Kandang tertutup tipe baterai biasanya memiliki ukuran kandang dengan panjang 60 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 40 cm.

Satu kandang tipe ini biasanya hanya akan diisi oleh satu kelinci. Ukuran kandang yang sempit dimaksudkan agar kelinci tidak bergerak terlalu luas sehingga proses pengemukan akan berjalan dengan lebih efektif.

Beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh kandang tipe baterai adalah penempatannya yang dapat dilakukan secara bersusun seperti rak. Untuk mempermudah pembersihan urine dan kotoran kelinci, Anda juga bisa memberikan sekta yang bisa dibongkar pasang.

Kandang tertutup tipe baterai bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Jika Anda berencana untuk meletakkannya di luar, maka buatlah bahan dinding yang tidak tembus angin malam ataupun air.

 

Kandang Tertutup Tipe Postal

 

Kandang tipe postal biasanya digunakan untuk proses pengawinan kelinci dan juga pembesaran anak-anak kelinci hingga memasuki masa penyapihan. Kandang tertutup tipe postal juga bisa digunakan sebagai kandang penggemukan karena tipe kandang ini tidak memungkinkan kelinci untuk banyak bergerak.

Sama seperti pada tipe baterai, Anda juga bisa meletakkan kandang tipe ini baik di dalam maupun luar ruangan.

Kandang Kelinci Sistem Terbuka

Sumber:

Kandang kelinci tipe terbuka dikenal juga dengan kandang sistem umbaran. Jenis kandang ini dibuat agar kelinci dapat bergerak bebas. Berbeda dengan sistem kandang tertutup, kandang kelinci tipe terbuka hanya menggunakan batas pagar dari kayu atau bambu untuk mencegah kelinci keluar dari kandang.

Selain itu di dalam kandang ini juga biasanya diberikan tempat agar kelinci dapat berteduh saat panas terik atau hujan. Di dalam kandang terbuka, biasanya kelinci bisa mendapatkan makanan tambahannya sendiri.

Itulah tadi penjelasan singkat terkait jenis-jenis kandang kelinci. Pemilihan tipe kandang ini tentu bisa menjadi acuan sesuai dengan tujuan ternak kelinci yang Anda lakukan. Oleh kaerena itu pilihlah kandang kelinci yang sesuai usaha ternak kelinci dapat berjalan maksimal.


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Baca Juga: Mengenal Inseminasi Buatan Pada Ternak

Referensi

https://www.pertanianku.com/mengenal-dua-jenis-kandang-kelinci-sistem-tertutup/https://hobiternak.com/mengetahui-2-sistem-kandang-untuk-kelinci/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.