8 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Petani di Tengah Wabah COVID-19

Bagaimana cara menjaga kesehatan bagi petani saat beraktivitas di lingkungan pertanian saat mewabahnya virus COVID-19?

Mewabahnya virus Corona atau yang dikenal sebagai COVID-19 tentunya menjadi perhatian serius bagi siapapun, termasuk petani. Berdasarkan data dari worldometers.info (20 Maret 2020) yang dikutip dari berbagai sumber, sudah ada lebih dari 240.000 kasus virus Corona dimana lebih dari 10.000 orang meninggal dunia dan lebih dari 80.000 telah sembuh.

Di Indonesia sendiri, kasus virus Corona pun melonjak tinggi. Tertanggal 20 Maret 2020, Indonesia sudah memiliki 308 kasus virus Corona dimana 25 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia dan 15 orang dinyatakan sembuh.

Melihat data di atas, kita sebagai masyarakat pun harus selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Petani yang bekerja di sawah, pekebun yang beraktivitas di pekarangan rumah, dan terutama peternak yang bekerja di lingkungan hewan harus tahu cara menjaga kesehatan saat ini. Mengingat virus Corona ini sudah menjadi pandemi.

Cara Menjaga Kesehatan di Lingkungan Pertanian

Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan di lingkungan pertanian supaya dapat mencegah infeksi virus COVID-19 ini?

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dapat membunuh kuman, virus, maupun kotoran lain yang sering menempel di tangan kita ketika sedang beraktivitas. Nah, bagi kalian yang sering memegang tanah atau tanaman saat bertani, selalu ingatlah untuk mencuci tangan. Usahakan memakai sarung tangan ketika ingin bertanam.

Saran dari WHO, cucilah tangan dengan air dan sabun sekitar 30 detik hingga ke sela-sela jari dan kuku. Lakukan itu secara teratur. Selain menggunakan sabun, kalian juga bisa menggunakan cairan alkohol.

Cuci Tangan

Jika di beberapa tempat kalian tidak bisa mencuci tangan, gunakanlah Hand Sanitizer yang saat ini sudah banyak terdapat di tempat-tempat publik. Hand Sanitizer bisa mengurangi agen infeksi virus pada tangan. Toko-toko pertanian kemungkinan juga menyediakannya.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Mata, hidung, dan mulut adalah tempat masuknya virus ke dalam tubuh kita. Jadi, selama beraktivitas, jangan sering menyentuh wajah terutama saat tangan kalian kotor. Tangan yang kotor lebih memungkinkan kuman dan virus untuk masuk ke tubuh kita.

Selalu Jaga Jarak

Social Distancing atau pembatasan pergerakan adalah saran yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegah luasnya penyebaran virus COVID-19. Pemerintah memberitahukan kita untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan ibadah di rumah.

Oleh karena itu, petani sebaiknya mengurangi aktivitas di lahan pertanian jika tidak ada hal yang mendesak. Selalu jaga jarak dengan orang lain, terutama yang sedang sakit, setidaknya 1 meter. Perlu diketahui, mengurangi aktivitas di sawah bukan berarti menjadi tidak produktif lho.

Petani bisa berselancar di internet dengan mencari informasi seputar pertanian seperti bagaimana cara mengolah produk pertanian menjadi produk yang lebih tinggi, bagaimana cara budidaya tanaman-tanaman lain, membaca buletin-buletin pertanian, dan sebagainya.

Baca Juga: TELAH TERBIT! Buletin Edisi 8 Pak Tani Digital. Download Sekarang!

Manfaatkan momen ini juga untuk mempelajari pemasaran produk pertanian yang lebih modern alias online. Petani sudah bisa menjual produknya secara langsung ke pembeli akhir, dengan menggunakan aplikasi Pak Tani Digital yang bisa  di-download di Google Play Store.

Gunakan Masker Ketika Sedang Sakit

Petani yang sedang sakit seperti batuk dan flu sebaiknya menggunakan masker untuk mencegah penularan. Pahami juga etika bersin dan batuk di lingkungan pertanian.

Gunakan tisu untuk menutup mulut ketika sedang batuk atau bersin. Jika tidak ada tisu, gunakan lengan baju. Jangan menahan batuk atau bersin dengan tangan kosong. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sesegera mungkin setelah batuk atau bersin.

Gunakan Masker

Segera Berobat Jika Gejala Semakin Meningkat

Jika gejala sakit kalian semakin meningkat, segeralah berobat ke dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk melalukan pemeriksaan. Berikut ini adalah daftar rumah sakit rujukan di Indonesia: Daftar Rumah Sakit Rujukan per Provinsi dan Nomor Kontaknya untuk Wabah Corona.

Semakin cepat kalian berobat, semakin cepat pula kalian akan sembuh. Jika menunda-nunda, gejalanya tentu akan semakin parah dan kalian berpotensi terkena infeksi virus.

Pastikan Lingkungan Sekitar Bersih

Ini sudah seharusnya dilakukan sehari-hari. Bersihkan lingkungan area rumah kalian dari sampah maupun kotoran yang bisa memicu penyakit. Kalian bisa memakai tisu disinfektan untuk membersihkan meja, kursi, gagang pintu, dan benda-benda lain yang sering disentuh.

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh akan membunuh virus-virus yang ada di dalam tubuh kita. Maka dari itu, tingkatkanlah sistem imun kita secara rutin. Lakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan. Hal itu meliputi:

  • Konsumsi gizi seimbang, lebih baik sayur dan buah-buahan
  • Rajin berolahraga
  • Istirahat cukup
  • Tidak mengonsumsi alkohol dan tidak merokok
  • Minum air mineral 8 gelas per hari
  • Konsumsi makanan yang telah matang sempurna serta berhenti konsumsi makanan yang berasal dari hewan liar

Jangan Panik

Jangan panik dengan situasi mewabahnya virus COVID-19 ini. Jika kalian panik, hal itu akan berdampak pada kesehatan mental kita dan juga sistem imun tubuh.

Carilah informasis yang akurat. Pemerintah sudah menyediakan pusat informasi seputar COVID-19 di www.covid19.go.id. Dengan adanya situs tersebut, masyarakat akan terhindar dari informasi yang simpang siur dan menyesatkan (hoax).


Nah, bagaimana Sobat PTD dan para petani? Itulah cara-cara menjaga kesehatan bagi petani yang wajib diketahui.

Meskipun kalian tengah beraktivitas di lahan pertanian, kalian juga harus menjaga kesehatan untuk melawan virus Corona ini ya. Supaya petani-petani yang lain tetap menjaga kesehatan, alangkah baiknya jika kalian BAGIKAN artikel ini kepada mereka.

Baca Selanjutnya: Lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Jahe dan Kunyit

One thought on “8 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Petani di Tengah Wabah COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.