Mentan Dukung Budidaya Pertanian Melalui KUR dan Asuransi

Mau tau informasi mengenai mentan memberi dukungan kepada petani? Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

KUR dan Asuransi Untuk Petani

kur dan asuransi
kumparan.com

Apa itu KUR dan Asusansi Petani?

KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan sebuah skema pembiayaan modal kerja atau investasi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK).

UMKMK  yang berhak mendapatkan KUR harus merupakan jenis usaha yang produktif dan layak (feasible), tapi tidak mampu dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan perbankan (belum bankable).

Manfaat KUR dapat membantu berkembangnya Sektor Riil dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), memudahkan akses pembiayaan untuk UMKMK dengan melibatkan lembaga keuangan.

Dengan mudahnya akses pembiayaan untuk UMKMK, maka diharapkan upaya pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja untuk masyarakat dapat berhasil.

Asuransi Pertanian merupakan suatu bentuk perlindungan kepada para petani, melalui perjanjian antara petani dan pihak perusahaan asuransi untuk mengikatkan diri dalam pertanggungan risiko usaha tani khususnya tani padi.

Para petani khususnya usaha tani padi dapat mengalihkan beban risiko yang ditanggungnya kepada pihak ketiga dengan cara mengasuransikan usahanya yang disebut sebagai Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

Sehingga petani dapat memusatkan perhatian pada pengelolaan usaha tani yang lebih baik, lebih aman dan lebih menguntungkan.

Baca juga: Mentan Klaim Stok Komoditas Pangan Aman Jelang Nataru

Mentan Dukung KUR dan Asuransi

kur dan asuransi
liputan6.com

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri Tani’s Day di area Car Free Day (CFD) di Lapangan Renon, Denpasar, Bali.

Dalam acara ini, Mentan mendorong petani di Bali memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) sektor pertanian. Tujuannya, agar bisa membeli sarana dan prasarana pertanian sendiri sesuai kebutuhan.

Dengan adanya acara ini, petani diajarkan untuk terbiasa dengan menghitung sendiri dan mencari sendiri kekurangan dan kelebihan dalam suatu peralatan atau kebutuhan menanamnya.

Pada 2020, total alokasi KUR untuk sektor pertanian bagi 34 provinsi di Tanah Air sekitar Rp 50 triliun. Untuk wilayah Bali, jika sudah siap, bisa mengambil alokasi sampai Rp1 triliun.

Sering kali, kalau hanya dibagikan sarana dan prasarana seperti traktor yang sudah rusak sedikit, itu dianggap sebagai mesin tua dan akan dibuang oleh petani.

Dengan adanya KUR, intervensi mekanisasi dan teknologi yang dibutuhkan bisa lebih cepat, dibandingkan yang dibagi-bagi oleh pemerintah,dan  Mentan juga berharap Bali bisa meningkatkan kualitas pertaniannya. Bali harus menjadi lokomotif dan pintu gerbang ekspor pertanian.

Penyerahan Bantuan AUTP

Baca juga: Ekspor Yakin Akan Naik 100 Persen , Mentan : Terus Dorong Eksportir Kita

Dalam acara ini, juga ada penyerahan secara simbolis bantuan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan dan Penyerahan KUR dari 3 bank (Mandiri, BRI, BNI).

Adapun bantuan Ditjen PSP meliputi penyerahan Klaim AUTS Provinsi Bali 2019, penyerahan Polis AUTP Provinsi Bali 2019 seluas 13.833,66 Ha, dan Program Bantuan Premi AUTS/K.

Untuk melindungi kematian sapi/kerbau TA.2020 sejumlah 120.000 ekor, dan Program Bantuan Premi AUTP untuk melindungi lahan sawah dari gagal panen TA.2020 seluas 1.000.000 Ha.

Selain itu, juga ada pengundian 7 hadiah utama Program Kompetisi Pendaftaran Bantuan Premi AUTS/K dan AUTP melalui aplikasi SIAP TA.2019. Undian ini untuk seluruh PPL se-Indonesia.

2 hadiah utama (umroh) diundi oleh Menteri Pertanian dan 5 hadiah lain (Motor) diundi oleh eselon 1 lingkup Kementan. Hadiah paket Umroh dimenangkan PPL asal Bojonegoro dan Banjar. Sementara hadiah motor dimenangkan oleh PPL dari Tuban (2 orang), Konawe, Gorontalo, dan Gorontalo Utara.


Itulah informasi mengenai dukungan mentan kepada petani. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kementan Akan Tingkatkan Ketahanan Pangan di Indonesia Timur

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.