Selama masa pandemi, tentunya Anda harus lebih berhati-hati dan pastikan kebutuhan-kebutuhan pokok tersedia di rumah. Berikut adalah beberapa tips mengenai apa yang harus Anda persiapkan untuk kebutuhan konsumsi dan seberapa banyak Anda harus mempersiapkan stok.

Cek Bahan Pangan yang Sudah Ada

Cek terlebih dahulu bahan pangan apa saja yang sudah Anda miliki di rumah, perhatikan juga tanggal kadaluarsanya. Hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan bahan pangan apa yang harus Anda beli dan akan membantu Anda untuk tidak berbelanja berlebihan dan menghindari panic buying.

Buat Daftar Belanja

Dengan keadaan saat ini, berbelanja menjadi suatu kegiatan yang penuh tekanan dengan semakin menipisnya stok barang yang disebabkan adanya panic buying. Dengan membuat daftar belanja, Anda akan lebih fokus hanya pada barang-barang yang Anda butuhkan, selain itu dengan membuat daftar belanja juga akan mempersingkan waktu Anda di luar ruangan, mengingat saat ini kita harus melakukan physical distancing.

Jumlah Stok

Anda dapat membeli stok makanan untuk kebutuhan keluarga untuk kebutuhan selama dau minggu dan hindari membeli dalam jumlah yang jauh lebih banyak.

Sementara untuk makanan apa saja yang harus Anda konsumsi selama masa pandemi, antara lain sebagai berikut ini :
Buah-Buahan


(sumber : medicalnewstoday.com)

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C dikenal baik untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi saat pandemi karena kita harus meningkatkan imunitas tubuh.

2. Apel
Apel merupakan buah yang kaya vitamin C, serat dan antioksidan. Kandungan vitamin C baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan buah apel merupakan cemilan yang cocok saat malam hari.

3. Pisang
Pisang merupakan buah yang mengandung vitamin B6, serat dan merupakan salah satu sumber kalium yang terbaik.

4. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat, serat, dan vitamin C. Memakan buah alpukat juga memberikan efek mengenyangkan yang cukup lama.

5. Strawberry
Strawberry juga menambah daftar buah yang mengandung vitamin C yang tinggi sehingga cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Daging dan seafood

Daging merupakan sumber protein yang berfungsi dalam regenerasi sel-sel tubuh. Jika pengolahannya tepat, daging merupakan bahan pangan yang sangat menyehatkan.

(sumber : seafoodstory.blogspot.com)

1. Dada ayam
Dada ayam merupakan bagian ayam yang tinggi protein dan rendah lemak serta kalori. Bagian dada ayam adalah bagian tersehat dibanding bagian yang lain dan merupakan sumber nutrisi yang baik.

2. Daging kambing
Kambing umumnya diberi makan rerumputan, sehingga daging kambing yang dihasilkan umumnya mengandung omega-3.

3. Daging sapi tanpa lemak
Daging ini merupakan sumber protein terbaik dan kaya akan zat besi. Jika Anda sedang diet, pilihkan daging sapi rendah lemak.

4. Salmon
Salmon adalah ikan yang berlemak yang mengandung protein dan asam lemak omega-3.

5. Tuna
Tuna merupakan jenis ikan yang sangat tinggi protein serta rendah lemak dan kalori.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian


(sumber : draxe.com)

Kacang-kacangan mengandung magnesium, vitamin E serta renyah dan mengenyangkan. Berikut ini beberapa kacang-kacangan yang dapat Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi selama masa pandemi.

1. Almond
Kacang almond mengandung magnesium, vitamin E, dan serat. Almond dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.
2. Kacang kenari
Kacang kenari mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yanng sagat bergizi.
3. Chia seeds
Chia seeds atau biji chia merupakan salah satu makanan yang padat nutrisi. Biji chia mengandung serat, kalsium, mangan, magnesium dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: Konsumsi Buah Ini Lindungi Tubuh Dari VirusĀ 

Sayuran


(sumber : hdwallpapers.cat)

1. Paprika
Paprika merupakan sumber vitamin C serta antioksidan. Sayuran iini memiliki beberapa warna yaitu merah, hijau dan kuning. Paprika memiliki tekstur yang renyah.
2. Wortel
Wotel merupakan sayuran yang mengandung serat, vitamin A dan vitamin C. Wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
3. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin C dan vitamin K serta serat. Brokoli ini dapat dikonsumsi mentah atau diolah. Selain itu kandungan protein brokoli relatif tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Nah, itulah artikel mengenai panduan belanja dan apa yang harus dikonsumsi selama masa pandemi. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Realfood ditengah Pandemi

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://www.choosemyplate.gov/coronavirus

https://www.liputan6.com/bola/read/4212403/25-makanan-sehat-yang-bagus-dikonsumsi-saat-pandemi-corona-covid-19

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.