Panduan Cara Membuat Komposter Sederhana dengan Mudah

Mari membuat komposter dirumah secara sederhana, dan jadiin artikel kali ini sebagai panduan kamu. PTD akan berbagi cara mudahnya.

Komposter adalah alat yang berguna untuk pembuatan kompos. Alat ini membantu dekomposer atau bakteri pengurai untuk menguraikan bahan organik jadi pupuk kompos yang berbentuk padat maupun cair dengan cepat. Cara membuat komposter mandiri pun cukup sederhana dan mudah.

Panduan Membuat Komposter

Berikut ini merupakan beberapa panduan sederhana untuk membuat komposter yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

Baca Juga: Pembuatan Pupuk Bokashi Skala Pertanian Maupun Rumah Tangga

Menyiapkan Alat serta Bahan

Ada beberapa alat serta bahan untuk membuat komposter, diantaranya sebagai berikut:

  1. Paralon merupakan penahan dasar kompos
  2. Spidol yang berguna sebagai pemberian tanda bolongan
  3. Gergaji untuk memotong paralon
  4. Bor atau obeng kembang
  5. Keran air serta plester
  6. Meteran paralon untuk mengukur paralon yang digunakan
  7. Gunting
  8. Fiber
ember untuk komposter
kompasiana.com

Baca Juga: Petani Wajib Tahu! 4 Jenis Pupuk Kompos dan Karakteristiknya

Proses Pembuatan Komposter

Setelah menyiapkan alat dan bahan dengan lengkap, Anda bisa langsung memasuki proses pembuatan komposter. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:

Komposter
cisanti.com
  1. Siapkan ember sebagai tempat pembuatan komposter dan lobangi sekeliling bawah ember. Untuk melubanginya, Anda bisa menggunakan obeng yang dipanaskan lilin atau Bor. Pada ketinggian 9 cm dari bawah ember, buatlah 4 lubang yang berada di sisi belakang, depan, kanan, serta kiri ember. Lubang tersebut berfungsi untuk memasukkan paralon 1/2 inc.
  2. Buat 2 lobang di atas ember serta sejajar dengan lubang di bawah ember. Hal ini berfungsi sebagai tempat memasukkan paralon setengah inc dengan ketinggian 36 cm (tergantung ukuran ember).
  3. Buat 1 lubang yang sejajar dengan dasar ember sebagai tempat keran air. Posisi sesuai dengan keinginan, namun usahakan jangan di bawah lubang paralon. Karena akan sulit untuk memutar kerannya.
  4. Siapkan paralon ukuran 2 inch dan potong dengan panjang sekitar 38 cm (tergantung pada tinggi ember). Paralon ini dipasang di tengah ember dan berfungsi untuk aerasiI atau masuk keluarnya oksigen.
  5. Buat 4 lubang pada setiap bagian sisi paralon di bagian bawah, sebagai tempat paralon setengah inch. Buat pula lubang kecil pada paralon secara cara memanjang. Buat kembali 2 lubang untuk tempat paralon setengah inch, di bagian atas paralon besar. Perlu diingat dalam pengambilan sisi pembuatan lubang, mesti sejajar dengan lubang ember yang berada di bagian atas.
  6. Siapkan paralon setengah inch, lalu potong 2 buah dengan panjang 46 cm, satu paralon untuk di atas ember dan satu lagi untuk di bawahnya. Buatlah dua potongan paralon sepanjang 25 cm, yang akan dipasang di bagian bawah ember. Potongan tersebut berfungsi untuk menyangga saringan. Perlu diingat bahwa ukuran panjang ditentukan berdasarkan lebar ember. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil di berbagai sisi paralon.
  7. Siapkan fiber dan potong menjadi lingkaran sesuai dengan besar ember. Buat bolongan sebesar 2 inch pada tengah fiber sebagai tempat masuk paralon. Serta buatlah lubang kecil untuk menyaring kompos.
  8. Masukkan dua paralon berukuran 25 cm berdasarkan dengan lubang di paralon serta ember. Satu paralon dimasukkan dari kiri, sedangkan satunya lagi dimasukkan dari kanan.
  9. Pasangkan saringan telah dibuat dalam ember.
  10. Pasangkan kembali peralon yang berukuran 46 cm, tepat di atas ember dan melewati lubang paralon 2 inch di atas ember.
  11. Pasangkan keran di lubang yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  12. Komposter pun sudah bisa digunakan

Itulah cara membuat komposter sederhana dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Sendiri? Coba Cara Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://mitalom.com/cara-mudah-membuat-komposter-alat-pembuat-kompos-sederhana-menggunakan-ember/

Sumber gambar utama: sustaination.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.