Peluang Usaha Berjualan Empon-Empon Selama Pandemi

Apakah Anda pernah mendengar empon-empon? Mungkin masih banyak dari Anda yang asing dengan istilah ini. Empon-empon sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat jawa untuk menyebut kelompok tanaman akar rimpang yang sering digunakan sebagai obat.

Seiring dengan merebaknya virus Covid-19, empon-empon semakin banyak diperbincangkan oleh masyarakat karena khasiatnya yang dipercaya mampu menangkal serangan virus tersebut.

Walaupun belum terbukti langsung secara ilmiah, namun kelompok tanaman obat ini memang sudah banyak dikonsumsi masyarakat zaman dahulu untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

rempah-rempah

Baca juga: Rempah-Rempah Diborong Hingga Harga Melambung

Peluang Berjualan Empon-Empon

Karena saat ini wabah Covid-19 sedang merebak di Indonesia, maka Anda bisa mengolah empon-empon menjadi produk herbal atau obat-obatan siap guna yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Beberapa jenis tanaman empon-empon yang bisa diolah sebagai produk herbal antara lain temulawak, kunyit, kencur, adas, lengkuas, serta jahe.

Berjualan empon-empon saat pandemi memberi hasil yang sangat menguntungkan karena kesadaran masyarakat untuk meningkatkan sistem imun tubuh saat Covid-19 semakin meningkat. Selain itu, usaha berjualan empon-empon juga sangat menjanjikan di Indonesia karena ketersediaan tanamannya yang berlimpah serta beragam.

Menurut Direktor Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, permintaa pasar ekspor terhadap beragam produk tanaman obat juga semakin tinggi. Dari data BPS tahun 2019. Nilai ekspor untuk tanaman obat mencapai penjualan hingga USD 31,9 juta.

Berbagai jenis tanaman empon-empon bisa Anda jual dalam kisaran ons, gram, atau kg. Untuk tanaman temulawak dan kunyit, umumnya dijual dengan harga Rp.40.000 per kg. Sedangkan untuk tanaman jahe merah dibanderol dengan harga yang lebih mahal yaitu Rp.80.000 per kg.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Realfood Ditengah Pandemi

Khasiat Mengonsumsi Empon-Empon Selama Pandemi Covid-19

Virus covid-19 termasuk kedalam jenis virus yang sangat mudah menular. Jika virus ini menjangkiti tubuh orang yang lemah terutama lansia, maka penyebarannya akan berlangsung semakin cepat. Oleh karena itu salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan virus ini adalah dengan memperkuat sistem imun.

Ramuan beberapa jenis empon-empon seperti temulawak atau jahe mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat bermanfaat untuk mencegah serangan virus Covid-19.

Jenis tanaman empon-empon lain yaitu kencur juga dapat meredakan pilek, batuk, dan juga gangguan pernafasan yang menjadi gejala awal serangan Covid-19.

Baca juga: Khasiat Benalu Mangga yang Tidak Diketahui Orang

Cara Membuat Minuman Empon-Empon

minuma empon-empon

Untuk membuat minuman dari beragam jenis empon-empon sangatlah mudah. Anda bisa menyiapkan sekitar 3 ruas kunyit, 3 ruas jahe, 1 ruas teluawak, dan juga 1 batang sereh. Pipihkan bahan-bahan tadi kemudian rebus dengan air.

Setelah air mendidih, maka minuman tadi sudah bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat. Untuk menambah cita rasa manis, Anda juga bisa menambahkan gula aren kedalamnya.

Untuk membuat minuman ini, disarankan hanya untuk satu kali konsumsi. Walaupun sisa rebusan maih bisa disimpan di dalam lemari es dan tahan hingga seminggu, namun khasiat dan kesegerannya tentu akan jauh berbeda dibandingkan dengan saat diolah dan dikonsumsi langsung.

Demikianlah informasi terkait peluang bisnis empon-empon yang sangat layak untuk dicoba. Sdemoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda semua. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Panduan Mudah Tanam Jahe di dalam Pot

REFERENSI:

https://www.cermati.com/artikel/meningkatkan-imunitas-tubuh-kenali-jenis-empon-empon-dan-khasiatnya

https://travel.kompas.com/read/2020/03/20/230000927/cara-membuat-dan-menyimpan-minuman-empon-empon?page=all

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.