Mau tau informasi mengenai peran generasi muda? Berikut Pak Tani Digital akan membagina informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Peran Generasi Muda

Bidang Sektor Pertanian

generasi muda
liputan6.com

Baca juga: Minimnya Minat Generasi Millenial di Sektor Pertanian

Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu negara. Peran Generasi muda sangat diharapkan untuk berkembang dan majunya sektor pertanian.

Banyak program pemerintah untuk mempromosikan pertanian yang berkelanjutan. Tujuan ini sesuai dengan prioritas pembangunan di Indonesia.

Dari tujuan tersebut terdapat beberapa target yang harus dicapai salah satunya yaitu menjamin sistem produksi pangan yang berkelanjutan dan menerapkan praktik pertanian tangguh

yang mampu meningkatkan produksi dan produktivitas, membantu menjaga ekosistem, memperkuat kapasitas adaptasi terhadap perubahan iklim, cuaca ekstrem, kekeringan, banjir, dan bencana lainnya.

Peran Generasi Muda

generasi muda
swadayaonline.com

Baca juga: Opini : Dilema Kuliah Pertanian Bagi Generasi Muda

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, perlahan generasi muda mulai terjun ke sektor pertanian. Walaupun masih banyak juga generasi muda yang tidak tertarik pada bidang pertanian.

Oleh karena itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo selaku Kementrian Pertanian (Kementan) menargetkan hadirnya jutaan pengusaha milenial di sektor pertanian.

Hal ini bertujuan agar meningkatkan perekonomian nasional demi kepentingan ekonomi bangsa Indonesia. Dengan syarat menggandeng pihak yang berkompetensi dalam bidang kewirausahaan.

Tumbuhnya mayoritas pengusaha muda yang berminat di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air.

Sehingga menjadi suatu dukungan baik kepada pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui bidang pertanian yang dikenal sebagai andalan profesi utama masyarakat.

Padahal Indonesia memiliki generasi muda yang mandiri dan sumber daya manusia Indonesia bisa jadi pencipta untuk bidang pertanian.

Untuk dapat merealisasikan itu, Syahrul Yasin Limpo selaku Ketuan Kementrian Pertanain sering mengungkapkan akan mendorong pemanfaatan teknologi.

Sehingga menarik minat generasi milenial. Selain itu juga memperbanyak pelatihan ekonomi pertanian menyasar generasi milenial.

Untuk upaya menumbuhkan minat generasi muda perlu kerjasama antara pemerintah dan generasi muda untuk mengubah pandangan yang tidak menguntungkan pada sektor pertanian.

Dan digantikan dengan membangun kualitas pada sektor pertanian untuk lebih maju dan mensejahterakan para pertani.


Itulah informasi mengenai peran generasi muda di sektor pertanian. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Hai Generasi Muda, Berani Jadi Petani?

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.