Penyusutan Lahan Pertanian Setiap Tahunnya

Mau tau informasi mengenai penyusutan lahan pertanian? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan inforamasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Lahan Pertanian

Penyusutan Lahan Pertanian

penyusutan lahan
cnnindonesia.com

Baca juga: Apa Pentingya Lahan Pertanian Masuk Asuransi ?

Penyusutan lahan pertanian yang terjadi setiap tahun akibat pembangunan infrastruktur dan perumahan dipastikan memberikan dampak sosial yang cukup besar.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang dan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan PErtanahan Nasional (ATR/BPN) Budi Situmorang mengatakan, setiap tahun luas area pertanian yang hilang mencapai 150.000 hingga 200.000 hektar.

Padahal, menurut Budi, seorang petani paling tidak bisa panen tiga kali dalam setahun. Dengan asumsi sekali panen 5 ton beras per hektar,  potensi kehilangan produksi beras bisa mencapai 3 juta ton per tahun.

Lahan baku untuk pertanian yang setiap tahunnya semakin menurun bukan hanya terjadi di dunia tetapi Indonesia juga,

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko menyampaikan penyusutan lahan baku pertanian sangat signifikan di dunia

Saat ini telah mencapai 44%. Adapun di Indonesia, penyusutan lahan pertanian mencapai 120 ribu hektare setiap tahunnya.

Penyebab Terjadinya Penyusutan

penyusutan lahan
merdeka.com

Baca juga: Sukabumi Cegah Alih Fungsi lahan Pertanian

Hal ini terjadi dikarenakan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya. Sementara, lahan yang ada terbatas.

Kondisi ini pun dapat mengancam ketersediaan bahan baku bagi 820 juta penduduk dunia dan untuk penyelesaiannya akan dicarikan solusi terbaik seperti dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi dengan menggunakan teknologi pertanian yang modern.

Persoalannya, petani Indonesia masih lambat mengadaptasi teknologi yang ada, maka dari itu perlunya sosialisasi secara terus-menerus sehingga petani paham dan mau menggunakan teknologi.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan lahan-lahan baru di luar Jawa dan pastinya berbagai kendala yang membuat proses ekstensifikasi tersebut tidak sukses.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Indonesia sebenarnya masih punya banyak lahan yang bisa digunakan untuk pertanian.

Pembukaan lahan pun mudah dilakukan. Hanya saja, dia menilai pembukaan lahan tak boleh lagi dilakukan di Jawa

Selain itu, Jokowi meminta agar pembukaan lahan diiringi dengan persiapan yang baik, mulai dari infrastruktur hingga bibit. Dengan begitu, pembukaan lahan baru di Indonesia bisa sukses.


Itukah informasi mengenai penyusutan lahan pertanian. Smeoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Banjir Bandang dan Longsor Rusak Lahan Pertanian di Lebak

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.