rempah

Berikut Informasi dari Pak Tani Digital mengenai langkah awal memasuki pasar global.

Produk Pertanian

Produk pertanian yan melimpah dari Indonesia sebenarnya telah layak memasuki pasar global yang lebih luas. Agar para petani lebih sejahtera dengan penghasilan yang lebih besar.

Kualitas hasil pertanian seperti rempah-rempah, kopi dan teh tidak kalah berkualitasnya jika disandingkan dengan negara lainnya. Pertanian Indonesia juga bisa bersaing di pasar  internasional dengan kualitas dan ciri khas yang dimilikinya.

Dikarenakan pertumbuhan penduduk di seluruh dunia yang bertambah, pasar luar negeri terus tumbuh setiap hari. Ini adalah waktu untuk menjadikan peluang bagi pembisnis untuk meleparkan sayap pemasarannya.

Agar bisnis dapat menembus negara lain dengan lancar harus memiliki perencanaan yang kuat serta memahami resiko yang akan dihadapi.

Selain itu, perlu memahami sejumlah besar tantangan yang mungkin dihadapi ketika membawa bisnis ke pasar global.

pixabay.com

Baca juga: Menuju Swasembada Bawang Putih Agar Terlepas Dari Impor

Persiapan Masuk Ke Pasar Global

Melakukan Survey

Langkah awal sebelum memasuki pasar global harus mengetahui tentang beberapa perilaku budaya dari negara-negara yang menjadi target pasar dan mempelajari kelayakan berbisnis ke negara-negara tertentu.

Akan lebih baik jika negara yang ingin dituju dikunjungi terlebih dahulu atau dapat menggunakan internet untuk mempelajari pola dan kondisi bisnis lokal di negara-negara di seluruh dunia.

Membentuk Tim Lokal

Untuk menghindari beberapa hal penting di pasar baru, diperlukan juga menyewa tim lokal yang lebih memahami negara mereka masing-masing serta bekerja dengan konsultan lokal untuk memandu dalam membuat keputusan yang baik.

Cengkeh
Pixabay.com

Baca juga: Apa itu Perjanjian Perdagangan Bebas Pada Produk Pertanian ?

Berhubungan Dengan Pembisnis Lokal

Menciptakan komunikasi dengan pembisnis lokall akan meminimalkan risiko finansial dari merambah ke dunia bisnis baru sehingga perlu membangun tim internal yang berkualifikasi.

Namun di fase ini akan mengalami penolakan karena dianggap sebgai pesaing dan untuk memperluas hingga ke pasar global harus siap bertarung untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Memahami Sistem Pajak Dan Hukum

Untuk menghindari risiko komersial maka perlu mempelajari persyaratan hukum di setiap negara agar mendapatkan dokumen hukum yang benar yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah.

Selain itu, tim harus mematuhi hukum untuk menghindari masalah dengan pihak berwenang. Jangan lupa harus membayar pajak seperti yang diterapkan masing-masing negara.

Mempersiapkan Pemasaran dan Layanan

Ketika mulai memasarkan barang dan jasa secara global. Dengan bantuan internet, Anda dapat mengiklankan produk dan layanan melalui online.

Lakukan pengenalan produk melalui situs web yang disesuaikan dengan pelanggan dapat mudah memesan barang dan jasa hingga melakukan pembayaran.

Serta persiapkan pengiriman ke negara-negara tersebut dalam waktu yang ditentukan.

Namun, agar bisnis atau produk dapat berkembang dan diterima di pasar global, Anda harus menjual produk dan layanan berkualitas tinggi.

Selain itu, tim layanan pelanggan perusahaan harus memperlakukan setiap klien dengan hormat terlepas dari latar belakangnya.


Itulah informasi mengenai hal-hal yang dipersiapkan untuk memasuki pasar global. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Perkuat Ekspor Dengan Budidaya Vanili

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.