Pertumbuhan Ekonomi Baru Dengan Pertanian Organik

Mau tau informasi mengenai pertumbuhan ekonomi baru? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pertumbuhan Ekonomi

Pertanian Organik

pertumbuhan ekonomi
republika.com

Baca juga: Panen Lebih Banyak! Ini Dia Cara Budidaya Padi Organik

Pangan merupakan salah satu kebutuhan manusia dan pertanian organik adalah transisi sistem pangan yang diperlukan dan menjadi potensi masa depan.

Pertanian organik karena diakui mempunyai manfaat ekologis yang lebih bagus. Sistem ini mampu memperbaiki mutu lahan yang terdegradasi akibat penggunaan pupuk anorganik secara terus-menurus dan dapat mencapai keberlanjutan produksi pangan.

Sistem ini juga menghindarkan dampak kesehatan dan ekologis dari residu pestisida kimiawi, sehingga dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas.

Apalagi dengan melihat sekarang penggunaan bahan kimiawi berlebih tentu tidak baik juga bagi kesuburan tanah. Dengan melihat banyaknya keuntungan yang didapatkan dengan menanam pertanian organik.

Salah satu daerah di Indonesia juga memperhatikan kepedulian terhadap daerah dalam penggunaan pestisida kimia.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap peralihan pertanian padi non-organik menjadi organik dapat menjadi pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dengan peralihan ini para petani organik sudah mulai merasakan dampak positifnya seperti merasakan pada tingkat harga sangat bersaing dalam pertanian organik dan sangat kompetitif serta pasar organik sangat menjanjikan.

Keunggulan Pertanian Organik

pertumbuhan ekonomi
lumajangsatu.com

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Makanan Organik Bagi Kesehatan

Pertanian organik dinilai tidak hanya bernilai ekonomis tinggi, tetapi pertanian organik juga penting untuk perbaikan ekosistem pertanian.

Yang semakin lama menjadi rusak terpapar bahan sintetik atau kimiawi seperti penggunaan pestisida, serta dapat mengembalikan kesuburan tanah.

Hal ini didorong karena melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan beras organik dan apabila menjadi produktifitas para petani, maka akan menumbuhkan perekonomian baru bagi para petani di Kabupaten Lumajang.

Sehingga Padi organik dari hulu dan hilir akan terus diupayakan dengan jajaran terkait sehingga kedepan semakin menjadi lahan pertanian organik serta mewujudkan bumi organik.

Pencanangan pertanian organik itu diadakan dalam rangka mewujudkan Lumajang sebagai lumbung padi organik. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan Pencanganan Sukses Penyuluh Komunikasi Bermartabat (Suluh Kober) di Lumajang oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Dalam kesempatan itu, Bupati beserta jajaran Forkopimda ikut menanam padi organik di lahan milik Kelompok Tani Kalijambe Sumbermujur.

Usai kegiatan, Bupati berkesempatan meresmikan Unit Pengelola Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani Kali Jambe.


Itulah informasi mengenai pertumbuhan ekonomi pada pertanian organik. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Pembuatan Pupuk Organik Cair Bokashi

Sumber : Republika.com

Pertumbuhan Ekonomi Baru Dengan Pertanian Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.