perekonomian

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai potensi daerah menjadi solusi perekonomian.

Perekonomian Indonesia

Andalkan Potensi Daerah

perekonomian
MNCtrijaya.com

Baca juga: Strategi Mempertahankan Kekuatan Ketahanan Pangan

Saat ini Indonesia terancam resesi ekonomi yang diprediksi jika terjadi akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Seluruh negara di dunia sedang berjuang untuk tidak masuk kedalam jurang resesi, termasuk Indonesia yang terus berusaha memperbaiki perekonomian imbas pandemi Covid-9 yang terjadibeberapa bulan terakhir.

Tidak ada negara manapun yang menginginkan pandemi ini terjadi, bahkan tidak ada buku panduan khusus untuk mengatasi bagaimana menghindari pandemi Covid-19.

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan mempunyai kekuatan  pada ketahanan pangan, energi dan UKMK.

Maka dari itu, perlu bergotong royong untuk mendorong kekuatan tersebut untuk memberi kepastian ekonomi dan dapat menerapkan cara hidup berdikari atau berdiri dengan kaki sendiri dengan kekayaan yang sudah tersedia

Dengan perbedaan yang beragam dari sabang sampai marauke, ditambah lagi keunikan yang khas dari setiap daerah yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Perbedaan ini menyimpan potensi yang positif dan bisa dibanggakan.

Perbedaan di tengah keindahan alam dan kekayaaan flora dan fauna, membuat masing-masing suku memiliki budaya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dan berdaya guna bagi masyarakat di sana.

Dengan menguatkan potensi yang ada di desa, daerah kepulauan, dan pesisir. Usaha kecil dan menengah yang ada di masyarakat juga perlu diberdayakan.

Solusi Perekonomian Indonesia

perekonomian
pixabay.com

Baca juga: Memilih Belanja Atau Menyimpan Uang Saat Pandemi ?

Diprediksi dalam waktu 1-2 tahun ke depan Indonesia belum bisa berharap hanya pada ekspor dan investasi untuk mendorong kebangkitan ekonomi.

Untuk saat ini pertumbuhan ekonomi dari sisi yang ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah

Oleh karena itu Pemerintah masih bisa mengandalkan kemandirian ekonomi bangsa ini, diantaranya dengan mengedepankan produk UMKM

Agar menjadi produk unggulan yang dicintai bangsanya. Begitupun dengan sisi pariwisata, pemerintah harus menggalakkan destinasi wisata lokal sehingga perputaran uang tetap berada di Indonesia.

Dengan gotong royong, saling membantu, saling memberi, untuk meringankan beban kehidupan maka ancaman resesi itu bisa dikendalikan dan diringankan.

Di masyarakat sudah terbangun tradisi budaya kebersamaan hidup, seperti dalam acara syukuran, pesta adat, dan menyimpan makanan dalam lumbung untuk bersama.

Kekayaan alam yang ada juga mampu menyangga kehidupan keseharian.


Itulah informasi mengenai potensi daerah yang dikembangkan untuk kebangkitan perekonomian. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Pengembangan Inovasi Tanaman Jeruk Saat Pandemi

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.