ekspor pisang di pasar internasional

Tahukah kamu bahwa potensi pisang asal Indonesia sangatlah besar? Ya benar! Saat ini, sudah ada 2 negara yang sedang melirik komoditi ini di Indonesia loh. Ya, Malaysia dan Jepang! Dua negara ini sangat membutuhkan stok pisang untuk kebutuhan konsumsi dan industri. Inilah potensi ekspor pisang Indonesia yang dapat dimanfaatkan.

Kebutuhan pisang di dua negara tersebut cukup besar. Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, pisang yang diekspor sekitar 18 ton pisang tanduk dan 9,8 ton pisang kepok di kawasan Puspa Agro Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (5/8).

Permintaan Ekspor Pisang yang Tidak Sedikit

Adi Nurhadi selaku Direktur CV. Bintang Perkasa di Sidoarjo mengatakan bahwa jumlah permintaan ekspor pisang di Malaysia cukup tinggi yakni mencapai 15 kontainer atau 300 ton per minggunya.

“Namun kami hanya bisa memenuhi 1-2 kontainer per minggu. Kami belum mampu sediakan pisang sesuai dengan keinginan negara tujuan. Mereka butuh tingkat kematangan sekitar 80 persen,” kata Adi.

Baca Juga : Blue Java Banana, Pisang Biru Unik Bertekstur Selembut Es Krim

Para konsumen di Malaysia yang membutuhkan pisang ini ternyata membutuhkan pisang kepok yang didatangkan dari luar Jawa Timur. Tidak hanya itu, stok pisang Tanduk juga dipasok dari Tulung Agung dan Lumajang.

“Ekspor pisang ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini. Sebelumnya telah dilakukan pada 28 Juli 2019 sejumlah 26 Ton pisang tanduk. Permintaannya masih tinggi. Kami siap menambah volume bila ada barangnya,” lanjut Adi.

Ekspor pisang
Ekspor pisang menjadi salah satu peluang besar untuk didistribusikan ke Malaysia dan JepangEks

Adi juga berterimakasih kepada Kementan melalui Badan Karantina Pertanian yang telah memberikan pelayanan dan kemudahan untuk ekspor. Harapannya proses ekspor akan terus dilakukan setiap minggu ke Malaysia.

Keperluan stok pisang yang dibutuhkan Malaysia ternyata digunakan untuk keperluan industri yaitu sebagai bahan baku pembuatan keripik pisang dan eceran pasar tradisional.

Baca Juga : Inilah Cara Pembibitan Pisang yang Murah dan Sederhana

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya manfaat di antaranya untuk pencernaan, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko stroke. Selain itu, juga meningkatkan stamina olahraga, mengandung serat tinggi, meredakan nyeri ulu hati, mencegah tukak lambung, dan sebagainya.

Atas manfaat itulah, pisang menjadi salah satu buah yang paling diminati, salah satunya Malaysia. Bagaimana menurut kamu Sobat PTD?

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.