5 Tanaman yang Mudah Dirawat dan Menguntungkan

Tidak semua anggapan benar bahwa menjadi petani itu capek dan ribet. Faktanya, profesi itu memiliki kehidupan yang cerah, mengingat kebutuhan pokok dalam pasar tak pernah berhenti. Selain itu, terdapat pula tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya, namun menguntungkan.

Dalam bertani, kita harus pintar memilih tanaman yang berpeluang besar dan sesuai dengan lingkungan sehingga tanaman yang dibudidayakan memiliki keuntungannya sendiri.

Dalam bercocok tanam, tentu diperlukan pengetahuan dan perawatan khusus agar tanaman dapat dipanen dengan baik. Namun, ada pula tanaman yang tidak diperlukan perawatan khusus, dan tetap bisa menghasilkan keuntungan.

Nah, apa sajakah tanaman tersebut? Pada artikel pertanian ini, berikut ini adalah beberapa tanaman yang cukup mudah dirawat dan dipanen.

Bayam

Siapa yang tidak kenal dengan bayam? Pasalnya, orang Indonesia sangat pintar dalam membuat olahan makanan tersebut menjadi sayur yang sedap. Tanaman ini sering dijumpai di pasar tradisional untuk dijual. Namun, siapa sangka, penanaman sayur bayam terbilang sangat mudah.

Bayam sering terlihat sebagai sebuah tumbuhan liar yang terdapat di selokan maupun pinggir jalan. Perawatan yang dilakukan juga tidak terlalu ribet, bahkan terkadang dibiarkan saja sudah tumbuh banyak. Ketika dipanen, hanya cukup memotong batang dan daunnya saja. Hal tersebutlah yang membuat penanaman bayam mudah dan menguntungkan.

Bayam, Tanaman yang Mudah Dirawat

Mentimun

Timun yang merupakan jenis tanaman sayur-sayuran juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, kehadiran timun sering kali dinanti dan dicari setiap hari sebagai bahan pelengkap olahan makanan. Misalnya, batagor, gado-gado, rujak, lalapan, dan lain sebagainya, sehingga sudah menjadi permintaan pasar yang selalu dibutuhkan.

Tanaman mentimun hanya membutuhkan waktu beberapa minggu agar bisa dipanen. Bahkan, kadang ladang padi para petani yang sedang kosong ditanam mentimun. Tidak memerlukan perawatan khusus, namun tetap menguntungkan dan menghasilkan.

Klik & Baca: Cara Menanam Sayur di Rumah dengan Urban Gardening

Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok dipilih untuk bertani, dengan perawatan yang cukup mudah. Dalam menanam kacang panjang, tidak memilih jenis tanah yang cocok, karena bisa ditanam dimana saja. Hanya saja, para petani harus memberi asupan air yang cukup setiap harinya.

Tanaman ini juga menguntungkan, karena sangat laku ketika berada di pasaran. Terlebih lagi, jika memiliki kualitas yang baik, segar, dan bermutu, maka harga yang ditawarkan pun tinggi. Selain itu, menunggu proses panennya hanya butuh waktu beberapa minggu saja, jika perawatannya benar.

Kacang Panjang
Foto: doktersehat.com

Tomat

Tomat seringkali dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengolah makanan, sehingga tidak pernah berhenti dijual di pasaran. Oleh karena itu, membudidayakan tomat merupakan keputusan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Memanen tomat tidak membutuhkan waktu yang lama jika ditanam dengan baik.

Perawatannya tidak begitu sulit, yakni hanya dengan memberi asupan air yang cukup dan melindunginya dari hama. Disarankan untuk memberikan semprotan hama yang menggangu pertumbuhan tomat.

Kangkung

Tanaman kangkung juga merupakan tanaman yang mudah dirawat dan menguntungkan. Mengingat kandungan gizi dalam kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh, banyak orang mencari kangkung untuk diolah menjadi makanan yang bergizi.

Kangkung bisa ditanam di sawah maupun tegalan yang dibuat. Perawatannya hanya dengan memberi suplai air yang cukup.


Itulah beberapa tanaman yang mudah dirawat namun menguntungkan. Tentu saja hal tersebut menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Yang terpenting adalah harus tetap menjaga kebersihan dan kualitas tanaman.

Klik & Baca: 5 Tips Mudah Membudidayakan Tanaman Hias

Penulis: Epin Supini

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

One thought on “5 Tanaman yang Mudah Dirawat dan Menguntungkan

  1. Maaf saya tidak setuju kalo tomat termasuk tanaman yg mudah di urus karena tomat memerlukan perawatan yg khusus dan sangat berbeda dengan tanaman lainnya. Contohnya potong daun, semprot, cor, tali batang, dll

    Thank you so much

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.