Terjadi Lagi, Sawah Petani Terendam Banjir

Mau tau inforamsi mengenai sawah petani terendam banjir? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Sawah Terendam Banjir

Sawah Terancam Gagal Panen

sawah terendam
detik.com

Baca juga: 1.593 Hektar Sawah di Aceh Gagal Panen Akibat Kekeringan

Bajir telah merendam puluhan hektare sawah di Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran terancam gagal panen seluas kurang lebih 20 hektare sawah.

Padi yang baru ditanam sebulan lalu dan sedianya hendak dipanen menjelang Lebaran nanti, kini telah rusak dan petani tidak punya harapan untuk tanaman padi yang sudah terendam.

Lahan pertanian yang berada di pinggir jalan utama menuju pantai Pangandaran itu tampak berubah layaknya danau.

Petani hanya bisa mengikhlaskan dengan kejadian yang menimpa sawah mereka karena ini sudah menjadi rutinitas tahunan yang akan mereka hadapi ketika musim hujan sudah datang.

Hal ini dikarenakan posisi persawahan yang sejajar dengan bagian hilir sungai Citanduy dan air dari sawah tak bisa dialirkan ke Citanduy karena sejajar.

Selain itu diduga pendangkalan bagian hilir sungai Citanduy yang terjadi beberapa tahun terakhir menjadi penyebab area pertanian itu banjir.

Ada beberapa perswahan milik petani daerah di wilayah Kabupaten Pangandaran yang menjadi langganan banjir dikarenakan air dari sawah tertahan karena sungai hingga ke muara penuh dan cukup sulit mengatasi kondisi tersebut.

Tindakan Pemerintah

sawah terendam
harapanrakyat.com

Baca juga: Sistem Irigasi Tetes Untuk Atasi Kekeringan Sawah di Musim Kemarau

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata tidak menyalahkan petani, ini adalah tanggung jawab pemerintah, Dinas Pertanian melalui penyuluh pertanian seharusnya bisa memberi tahu petani agar jangan menanam terlebih dahulu.

Karena sekarang usdah tersedia teknologi, kita bisa memantau prakiraan cuaca seingga petani tidak terllau cepat menanam supaya petani tidak merugi.

Selanjutnya pemerintah akan menindaklanjuti masalah ini, sekarang sudah menugaskan dinas pertanian dan stakeholder sektor pertanian

Untuk melakukan pemetaan mengenai masalah-masalah bidang pertanian dan Itu menjadi program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang akan saya genjot di tahun ini.

Karena perekonomian kita ditopang oleh sektor pertanian, maka pertanian yang fokus digarap.

Pemerintah juga sengaja memfasilitasi penyuluh pertanian dengan memberi bantuan sepeda motor, supaya mereka bisa lebih mudah menyisir petani dan memberinya pemahaman-pemahaman agar bisa menjadi petani cerdas.


Itulah inforamasi mengenai sawah yang terendam banjir. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Majukan Pertanian Lewat Pembangunan Jalan Sawah

Sumber: Liputan6.com

Gambar Unggulan : Jambi Independent 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.