ikan beku

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai ekspor produk perikanan ke China

Ekspor Produk Perikanan

Kontaminasi Covid-19

ikan beku
pixabay.com

Baca juga: Apa itu Perjanjian Perdagangan Bebas Pada Produk Pertanian ?

Beberapa waktu lalu pihak Bea Cukai China menemukan jejak patogen virus corona yang menempel pada kemasan luar sampel produk hasil laut (seafood) dari salah satu eksportir asal Indonesia.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan, ekspor perikanan Indonesia ke China akan terus berjalan seperti biasa.

Hal ini dikarenakan hanya produksi hasil laut yang berasal dari PT. PI (Putri Indah) yang mendapatkan penangguhan sementara.

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Produk Perikanan (BKIPM) telah melakukan komunikasi dengan Atas Perdagangan RI di Beijing

Dan berdasarkan surat GACC maka ekspor PT PI dihentikan sementara ke Tiongkok selama 7 hari terhitung sejak tanggal 18 September 2020

Memperhatikan Mutu Ekspor Perikanan

ikan beku
pixabay.com

Baca juga: Menuju Swasembada Bawang Putih Agar Terlepas Dari Impor

Keamanan produk perikanan yang diekspor memang perlu lebih diperhatikan secara baik dan berharap agar kebijakan ini tidak menjadi hambatan teknis pada ekspor perikanan Indonesia.

Diharapkan dapat lebih memperhatikan aspek keamanan produk ekspor, kita juga meminta agar otoritas pemerintah Indonesia

Terkait dapat membantu eksportir untuk dapat menjamin ekspor produk perikanan Indonesia dengan memperhatikan juga protokol pencegahan dan penyebaran Covid-19 untuk produk-produk ekspor.

Hal ini mengacu pada SOP Penanganan Kasus yang telah dituangkan dalam MRA kedua belah pihak. Pencabutan Internal Suspend apabila telah memenuhi persyaratan Sistem Jaminan Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan (SJMKHP).

Kemudian, BKIPM juga menerbitkan surat kepada UPI Nomor: 760/BKIPM.3/TU-210/IV/2020 tanggal 1 April 2020 tentang Pelaksanaan Protokol Pengendalian Covid-19

Dalam Kegiatan Produksi dan pada tanggal 23 Juni 2020, BKIPM menerbitkan surat Nomor: 1214/BKIPM.3/TU-210/VI/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dalam Tatanan Baru kepada UPT BKIPM sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dalam masa pandemi Covid-19.


Itulah informasi mengenai ekspor produk perikanan ke China. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kibarkan Pemasaran Ubi Jalar Hingga Ke Hongkong

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.