budidaya anggur brazil

Sudah tahu belum cara budidaya anggur brazil? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Anggur Brazil merupakan salah satu jenis buah anggur yang berasal dari Amerika Latin, salah satunya negara Brazil. Berbeda dari buah anggur biasanya, anggur ini membutuhkan batang pohon sebagai tempat berbuahnya.

Meskipun begitu, bentuk dan warna buah ini hampir sama dengan buah anggur biasanya. Karakteristik pohon anggur ini ialah memiliki batang yang cukup besar, tinggi, dan mempunyai cabang dahan yang cukup banyak.

Cara Budidaya Anggur Brazil

Buah anggur brazil jaboticaba berwarna ungu kehitaman dengan diameter 1-3 cm. Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan buah ini, berikut cara membudidayakannya:

Baca Juga: Jan Ethes SP 1, Varietas Anggur Terbaru Idola Pemerintah

Pemilihan Lahan Tanam

Pada dasarnya, pohon ini merupakan tumbuhan yang berkembang sangat lama, dalam satu tahun perkembangan pohon ini hanya seukuran beberapa jengkal saja. Serta butuh waktu selama 8 tahun supaya pohon dapat menghasilkan buah.

Namun dengan cara stek, Anda biaa mengurangi waktu penumbuhan hanya 3 tahun saja. Sehingga, dalam pemilihan lahan tanam yang tepat sangatlah penting.

Pohon anggur brazil sangat cocok ditanam pada lahan yang berada di daerah tropis, serta berada pada ketinggian sekitar 0-1000 meter diatas permukaan laut. Pohon ini sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Tanamlah pohon anggur di tanah yang gembur, dengan tingkat keasaman pH 5,5 – 6,5. Jangan lupa membuat drainase air, agar pemasokan air dapat terpenuhi dengan baik.

anggur brazill
kabartani.com

Proses Penanaman

Setelah menyediakan lahan tanam yang sesuai, buatlah lubang tanam untuk melakukan proses penanaman. Anda bisa memberikan pupuk kompos agar tanah lebih subur, lalu biarkan tanah selama 2 sampai 3 hari agar gas beracun dalam tanah menghilang.

Berilah jarak sekitar 5 cm untuk menanam pohon anggur brazil yang satu dengan yang lainnya. Sehingga, batang pohon dapat menyerap nutrisi dalam tanah dengan maksimal. Namun, Anda juga bisa menanamnya dalam pot yang besar.

Baca Juga: Apriadi, Si Pengangguran Inspirasi Petani Millenial

Perawatan Pohon Anggur Brazil

Agar dapat tumbuh dengan maksimal, Anda perlu merawat pohon anggur dengan baik. Siramlah pohon secara rutin yakni sehari dua kali, lalu berilah pupuk tanaman sebanyak 1 kali dalam satu bulan.

Daun anggur Brazil yang sudah terkena oleh hama harus dibuang. Karena, hal tersebut menyebabkan kutu daun yang bisa membuat tampilan daun pohon kriting. Biasanya, hama akan menyerang pohon ini saat masih berumur dibawah 1.5 tahun.

Meskipun begitu, hama tersebut tidak menyebabkan pohon menjadi mati, melainkan membuat tanaman tampil tidak indah. Selain itu, untuk menanggulanginya Anda bisa memberikan pestisida yang cukup pada pohon yang terkena hama tersebut.

Agar penyakit tanaman tidak menjalar ke tanaman lainnya, Anda harus merontokkan atau mencabut daun-daun tersebut. Sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik.

anggur brazil
shopee.co.id

Pemanenan Anggur

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa masa buah pohon anggur sangatlah lama, sehingga membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Jika Anda menanam menggunakan biji, maka masa panen sampai 8 tahun. Namun, jika menggunakan cara stek, maka masa panen hanya 3 tahun.


Itulah beberapa cara budidaya anggur brazil dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Lakukan perawatan dengan benar, agar pohon berkembang dengan baik.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Tanam Anggur di Pekarangan Rumah

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-merawat-anggur-brazil-agar-cepat-berbuah

Sumber gambar utama: rumahtanaman.com

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.