Wabah Corona, Petani di Jawa Siap Panen Raya

Mau tau informasi mengenai petani siap panen raya? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Petani Panen Raya

Petani Siap Menjaga Ketersedian Pangan

panen raya
trubus.id

Baca juga: Akibat Corona Kopi Jadi Senjata Hadapi Pelemahan Ekonomi

Sudah tiba saatnya Indonesia memasuki musim panen raya yang akan berlangsung pada akhir bulan Maret hingga April di seluruh Indonesia.

Tak hanya di Sumatera, para petani di Jawa juga siap panen untuk stok beras.

Kelompok Tani Sido Makmur 1 dari Desa Siwitan, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang sudah memulai masa panen padinya pada musim tanam pertama (MT-1) dengan luas tanam mencapai 3625 hektare.

Sampai saat ini luas kawasan yang sudah dipanen mencapai 1418 hektare dan sisa luas yang belum dipanen untuk desa tersebut yakni 2207 hektare.

Walaupun ditengah wabah corona yang semakin meluas, petani bersama tim penyuluh sedang melaksanakan kegiatan panen, salama kondisi seperti ini petani tetap eksis di lapangan untuk menjaga ketahanan pangan.

Petani yang telah bergabung dalam Poktan (Kelompok Tani) sudah merasakan peningkatan pendapatan ekonomi dan usaha pertanian pangan cukup menguntungkan dengan masa panen.

Data Petani Panen Raya

panen raya
pkbpberdikari.com

Baca juga: Dampak Ekspor Perikanan Akibat Virus Corona

Adanya bantuan pemerintah baik itu subsidi benih, pupuk kemudian alsintan bisa dimanfaatkan petani dengan baik.

Kabupaten Demak merupakan salah satu tulang punggung pangan di Jawa Tengah dan petani Demak siap

Untuk mendukung suksesnya program Kementerian Pertanian (Kementan) dan menjadi garda terdepan dalam menjaga stok pangan.

Selain itu, wilayah Jawa lain juga bakal ikut meramaikan musim panen MT-1 seperti Pemalang, Malang, dan Kendal. Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang misalnya, potensi panen pada bulan Maret 2.217 hektare atau setara 12.785 ton.

Sawah Rembang akan segera memasuki musim panen raya. Seluruh hamparan sawah yang siap panen di kabupaten tersebut diperkirakan seluas 26.876 hektarea dengan harga gabah Rp 4.300 hingga Rp4.600.

Lalu seluruh Kabupaten Malang berpotensi panen pada bulan Maret 13.648 hektare atau setara 81.005 ton. Sedangkan potensi panen pada bulan April yaitu 11.721 hektare atau setara 74.169 Ton.

Adapun Kabupaten Kendal juga ikut masuk musim panen raya di mana potensi luas panen untuk bulan Maret 5980 hektare atau setara 32.890 ton dan untuk bulan April 8.281 hektare atau setara 45.545,5 ton.


Itulah informasi mengenai petani Jawa yang siap panen raya untuk ketersediaan pangan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Jangan Impor, Corona Peluang Besar Pertanian

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.