kopi

Mau tau informasi mengenai pelemahan ekonomi? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pelemahan Ekonomi

Kopi Indonesia

kopi
marketbisnis.com

Baca juga: Panduan Mudah & Lengkap Budidaya Kopi Bagi Pemula

Indonesia memiliki peluang dalam pengembangan industri pengolahan kopi, karena selain punya pasar yang besar, juga didukung dengan potensi bahan baku.

Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis, seperti hilirisasi dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan peningkatan kapasitas produksi.

Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia berdasarkan keragaman indikasi geografisnya dan masih terus bertambah

Dan dikenal juga sebagai negara yang membudidayakan kopi varietas arabika, robusta, dan liberika. Sebagai negara produsen biji kopi terbesar keempat di dunia

Setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia dengan produksi rata-rata sekitar 700 ribu ton per tahun atau sekitar 9% dari produksi kopi dunia. Maka dari itu kopi Indonesia akan terus dipacu dalam pengolahannya.

Kopi Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan dengan kopi-kopi dari negara produsen kopi lainnya, yakni cita rasa yang tinggi

Terutama untuk jenis kopi arabika dan telah diklaim sebagai kopi specialty, hal ini menjadi poin plus yang baik bagi citra kopi Indonesia di pasar internasional yang perlu sama-sama dijaga dan promosikan yang lebih intensif.

Sebagai salah satu komoditi perkebunan unggulan sumber devisa negara, pada 2018 nilai ekspor kopi menurut Syahrul mencapai USD 815,9 juta, dengan volume mencapai 279,9 ribu ton.

Hari Kopi Nasional harus menjadi ajang konsolidasi nasional menghadapi isu dunia, virus corona yang disampaikan Menteri Pertanian.

Syahrul Yasin Limpo di acara peringatan Hari Kopi Nasional yang dihelat di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian,

Serta diselenggarakan juga secara serentak di berbagai provinsi seperti Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Slatan, Jawa barat dan Jawa Timur.

Sinergi Hadari Wabah Covid-19

kopi
liputan6.com

Baca juga: Budidaya Kopi Arabika Hingga Proses Pemasarannya

Dalam acara ini diharapkan momentum peringatan hari Kopi Nasional 2020 menumbuhkan semangat baru untuk bersatu dan memperkuat sinergi pembangunan kopi nasional agar kopi Indonesia menjadi kopi yang unggul di dunia.

Semua pihak yang terlibat seperti stakeholder, petani kopi, pelaku usaha, perbankan, dan pemerintah khususnya Kementerian Pertanian

Terus akan memberikan dukungan agar cita-cita Indonesia pada sektor pertanian akan tercapai.

Di tengah situasi seperti ini sektor pertanian menjadi tumpuan harapan, pertanian memiliki daya tahan yang kuat dalam setiap krisis.

Oleh karena itu, kita semua harus bekerja sama sehingga pertanian pilar kebangkitan.

Peringatan Hari Kopi Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Dekopi bekerja sama dengan Kementerian Pertanian,

Badan Standarisasi Nasional (BSN) dihadiri dari berbagai kalangan seperti Sjarifuddin dan Justika Baharsjah Mantan Mentan, Bayu Krisnamurthi, Mantan Wakil Mentan, Kepala BSN, wakil Gubernur Bengkulu, Petani kopi dan pelaku usaha.


Itulah informasi mengenai kopi menjadi senjata dalam pelemahan ekonomi di Inodensia. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Begini Cara Budidaya Kopi Liberika dengan Mudah

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.