Waktu dan Teknik Menyadap Karet yang Tepat

Tips

Written by:

Saat ini, Indonesia memiliki perkebunan karet rakyat yang cukup luas dan pada umumnya, komoditi karet tersebut merupakan penghasilan utama yang diandalkan oleh pemilik kebun. Namun, produktivitas karet yang dikelola oleh rakyat sangat rendah. Bahkan, pada beberapa tahun terakhir, produktvitasnya mengalami penurunan secara drastis akibat dari tren melemahnya harga dari karet itu sendiri dari tahun ke tahun.

Namun, beberapa bulan yang lalu, pemerintah merencanakan untuk menggunakan karet sebagai campuran perekat pada aspal. Pada saat rencana tersebut dijalankan, maka secara otomatis permintaan terhadap karet dan harganya pun ikut menaik. Nah, pada saat harga karet berada pada puncaknya, apakah Anda sudah siap untuk memproduksi kembali karet di kebunmu dengan maksimal?

Mungkin beberapa di antara Anda sudah terbiasa dan sangat handal dalam menyadap karet serta sudah tahu waktu yang tepat dalam menyadap karet berkat segudang pengalaman yang sudah diperoleh. Namun, tidak ada salahnya untuk sekedar menambah ilmu dan mencoba teknik baru yang mungkin lebih cocok, bukan? Kalau begitu, langsung saja simak uraian tentang waktu dan teknik menyadap karet yang tepat.

Fakta Karet di Indonesia

Sumber: @kementerianpertanian

Apa itu menyadap?

Menyadap adalah kegiatan pemutusan atau pelukaan pembuluh lateks (getah karet) sehingga lateks menetes keluar. Keluarnya lateks tersebut disebabkan oleh adanya Turgor. Turgor adalah tekanan pada dinding sel yang disebabkan oleh isi sel. Dengan kata lain, banyak sedikitnya lateks yang dihasilkan merupakan pengaruh dari kuat lemahnya Turgor pada batang karet tersebut. Artinya, semakin kuat Turgornya, semakin banyak lateks yang dikeluarkan.

Waktu Penyadapan

Pohon karet yang sudah dewasa dan siap untuk disadap adalah pohon yang berumur 4,5-6 tahun dengan ukuran lingkaran batang mencapai 45 cm dan diukur pada bagian 100 cm di atas penyatuan okulasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyadapan yang terlalu dini yang berimbas kepada kurangnya volume lateks (getah karet) pada periode sadap selanjutnya.

Waktu yang baik untuk melakukan penyadapan adalah saat kondisi Turgor masih tinggi yaitu pada pagi hari tepatnya pukul 05:45, sesuai dengan waktu daerah masing-masing. Penelitian menunjukkan bahwa penyadapan pada waktu itu mengeluarkan lateks yang lebih banyak dibandingkan dengan waktu penyadapan yang lain. Hal itu terjadi karena pada jam segitu, tekanan Turgor berada pada titik tertinggi, yaitu 10-14 atm. Tekanannya menurun seiring bertambahnya waktu.

Frekuensi penyadapan juga dibedakan berdasarkan umur setelah dimulai penyadapan. Pada 2 tahun pertama penyadapan, sebaiknya dilakukan penyadapan sebanyak 3 hari sekali. Pada tahun setelahnya, baru bisa dilakukan penyadapan sebanyak 2 hari sekali.

Baca juga: 4 Cara Membasmi Hama Berdasarkan Waktu

Teknik Penyadapan

Teknik Menyadap Karet

Sumber: klikteknik.com

Setelah kita paham bahwa menyadap adalah kegiatan melukai pembuluh lateks, maka dalam proses penyadapan, kita perlu sedikit berhati-hati agar pisau sadap tidak mengenai kayu (xilem) tanaman karet. Penyadapan dilakukan dengan mengiris kulit pohon karet sampai batas kambium (batas antara kulit karet dengan kayu atau xilem).

Cara penyadapan yang baik adalah mengiris dari bagian kiri atas ke bawah kanan membentuk jalur aliran lateks dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Penyadapan tidak dilakukan secara vertikal dari atas ke bawah. Cara vertikal hanya akan menghasilkan lateks yang lebih sedikit karena jalur irisan yang lebih pendek. Panjangnya lintasan irisan lateks juga hanya setengah lingkarannya saja, tidak mengitari keseluruhan lingkaran.

Biasanya, pohon karet akan tetap mengeluarkan lateks selama 1-3 jam setelah penyadapan dan semakin lama waktu, semakin banyak pula lateks yang dihasilkan. Selanjutnya, jangan lupa menempatkan wadah penampungan lateks berada tepat di jalur tetesannya karena jika tidak tepat, lateks akan tercecer keluar dan kerja keras Anda akan sia-sia. Setelah lateks berhenti dikeluarkan dari pohon karet, Anda bisa menggunakan beberapa jenis pupuk yang mempercepat proses pembekuan karet.


Itulah uraian tentang waktu dan teknik menyadap karet yang tepat. Dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk menyadap karet, lateks yang didapatkan pun akan akan semakin banyak.

Baca juga: 5 Teknik Bertanam di Lahan Sempit

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

2 Replies to “Waktu dan Teknik Menyadap Karet yang Tepat”

  1. Gada Bina Usaha berkata:

    Terimakasih Pak Admin Infonya…pengetahuan baru tentang karet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.