Yuk, Cari Tahu Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau Untuk Tubuh

Sudah tahu belum manfaat sarapan bubur kacang hijau bagi kesehatan tubuh? Yu, cari tahu di artikel ini.

Mungkin mendengar kata bubur kacang hijau sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sebelum memulai aktivitas di pagi hari menikmati bubur ini cukuplah nikmat.

Diketahui bahwa kacang ini mengandung enzim, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Orang yang sedang menjalankan program diet sangat cocok mengkonsumsinya.

Dalam  100gr kacang hijau rebus mengandung 7.02 gr protein, karbohidrat sebanyak 19,15 gr, serat makanan 7.60 gr, serta 2 gr gula. Untuk berbagai fungsi  dan menjaga kesehatan otak juga membutuhkan vitamin B yang terdapat pada kacang hijau.

Hal ini diketahui dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Khususnya kacang hijau merupakan sumber vitamin B-9 sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau

Kacang ini diketahui sebagai folat yang baik untuk dikonsumsi bagi orang yang sebelum dan selama kehamilan ibu. Berikut ini merupakan manfaat  sarapan bubur kacang hijau:

Baca Juga: Hanya 4 Tahap Menanam Kacang Hijau Secara Hidroponik

Mengandung Vitamin C

Mengkonsumsi semangkuk bubur kacang hijau dapat memenuhi seperempat kebutuhan vitamin C. Hal ini membuat imunitas lebih kuat dan kesehatan saraf dan sesl-sel tubuh tetap terjaga.

bubur kacanghijau
idntimes.com

Baik Untuk Keesehatan Jantung

Bukan hanya vitamin C saja, tetapi kacang hijau juga mengandung zat besi, kalium, vitamin A, magnesium, fosfor, juga potassium untuk menyehatkan pembuluh darah.

Didalam kacang hijau juga terdapat kandungan antioksidan seperti rendah kolestrol dan flavonoid yang dapat mencegah penggumpalan darah, agar jantung terhindar dari berbagai penyakit.

Kesehatan Mata Terjaga

Selain wortel, ternyata kacang ini juga baik untuk kesehatan mata. Didalamnya terdapat kandungan karotenoid yang tinggi, dan dapat mencegah terjadinya degenerasi macula, atau kondisi penglihatan yang menurun.

Baca Juga: Tips Untuk Dosis Pupuk Kacang Hijau yang Tepat

Mencegah Anemia

Zat besi yang terdapat pada kacang hijau dapat mencegah masalah kurang darah atau anemia. Jika hal itu terjadi, akan menyebabkan berkurangnya energi, konsentrasi terganggu, lemah, yang dapat mengganggu aktivitas.

kacang hijau
sajiansedap.grid.id

Proses Detoksifikasi Terbantu

Kacang hijau dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan rancun yang terdapat pada tubuh. Hal ini juga dapat meningkatkan kinerja ginjal dan hati agar tubuh terjaga dan tidak gampang terserang penyakit. Hal ini dijelaskan berdarakan penelitian di Journal Medicine of Healthy Food.


Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang manfaat sarapan bubur kacang hijau. Bagai mana sobat PTD tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Keunikan Olahan Berbahan Dasar Kacang Hijau yang Sehat

Penulis: Donda sari

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://health.detik.com/diet/d-4895523/suka-sarapan-bubur-kacang-hijau-ini-manfaatnya?_ga=2.196417516.1754219473.1582676300-864892377.1550397276

Sumber gambar utama:happyfresh.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.