terdampak tol

Mau tau informasi mengenai lahan pertanian yang terdampak oleh tol ? Pak Tani Digital akan membagikan informasi tersebut. Berikut ulasannya!

Lahan Pertanian

terdampak tol
jakarta.tribunnews.com

Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Makanan bisa di dapat dari berbegai sumber daya alam dan pengilahannya.

Lahan pertanian adalah sebuah lahan yang mencakup kondisi tanah, iklim, hidrologi dan udara yang digunakan untuk memproduksi tanaman pertanian untuk melakukan pertenakan hewan.

Lahan pertanian dapat ditemukan di negara tropis, termasuk indonesia, lahan pertanian indonesia cukup banyak meskipun sudah teralihkan oleh lahan kebun kelapa sawit.

Lahan pertnaian berkelanjutan adalah sebagai sebuah sistem terintegrasi antara praktik produksi tanaman dan hewan dalam sebuah lokasi dan dalam jangka panjang.

Memiliki fungsi memenuhi kebutuhan pangan dan serat manusia, meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup petani dan masyarakat.

Baca juga: Aplikasi HARA Dapat Mengatasi Masalah Lahan Pertanian Indonesia

Lahan Pertanian Yang Terdampak Tol

Sasongko selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, menjelaskan dari 74 ribu hektare (ha) lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B) di DIY sebagian di antaranya terdampak pembangunan Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen, pemda sekarang akan menyiapkan lahan pengganti.

terdapampak tol
jogja.tribunnews.com

Baca juga: 6 Penyebab Lahan Pertanian di Indonesia Semakin Kritis

Berdasarkan informasi yang diperoleh, total LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) yang terdampak proyek Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen ialah 35,48 ha.

Lahan tersebut adalah akumulasi lahan terdampak proyek tol trase Solo-Yogya sebanyak 8,64 hektare, dan trase Yogya-Bawen seluas 26,84 hektare.

Dikarenakan sebagian yang terdampak tol LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan)  nanti diganti dengan lahan cadangan.

Jadi akan disediakan lahan cadangan kalau misalnya ada lahan-lahan yang semula direncanakan untuk LP2B tapi karena untuk kepentingan umum.

74 ribu (LP2B) itu lahan yang diusulkan menjadi lahan pertanian pangan berkelanjutan yang terkena tol itu kecil. Karena tolnya berada di atas selokan, di atas jalan lingkar

Sasongko selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY tidak mengetahui secara pasti berapa LP2B di DIY yang terdampak pembangunan Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen.

Namun, pasti akan memastikan lahan pertanian yang terimbas langsung proyek tol di DIY kecil dibanding dengan total LP2B dan cadangan LP2B yang tersedia.


Itulah informasi mengenai lahan pertanian yang terdampak tol. Semoga bermanfaat sobat PTD!

Baca juga: Pemberian Insentif Lahan Pertanian Oleh Pemerintah, Bagaimana Bisa?

Sumber: detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.