5 Tips Menanam Jeruk Madu di Pekarangan Rumah

Tertarik untuk menanam jeruk madu sebagai peluang usaha kamu? yuk, lihat cara penanamannya disini dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Jeruk madu merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Vitamin C ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh mulai dari kesehatan, kecantikan, serta penangkal penyakit.

Maka jangan heran jika banyak orang ingin mencoba melakukan penanaman jeruk ini di pekarangan rumahnya. Jeruk madu juga sudah mulai dibudidayakan oleh banyak orang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Banyak orang yang menyukai rasa manis dari jeruk ini, sehingga permintaan pasar pun meningkat.

Tips Menanam Jeruk Madu

Cara budidaya jeruk madu itu cukup mudah dan menyenangkan. Bahkan untuk menanam jeruk ini, Anda bisa melakukannya di pekarangan rumah. Mau tahu bagaimana caranya? Begini 5 tips menanam jeruk madu di pekarangan rumah:

Baca Juga: Manfaatkan Kulit Jeruk Menjadi Pewangi Ruangan Alami, Ini Caranya

Menyiapkan Lahan Tumbuh Jeruk Madu

Sebelum melakukan cara menanam jeruk madu yang baik, Anda perlu memperhatikan lahan tanam yang digunakan. Agar mendapatkan hasil yang baik, pilihlah lahan yang cocok untuk pertumbuhan jeruk ini.

Lokasi lahan tanaman harus strategis, dapat dijangkau luas, serta berdekatan sumber air. Tanah pada lahan harus lempung berpasir dan memiliki kandungan fraksi liat sekitar 7 – 27% dan debu 25 – 50%.

Tingkatan PH dalam tanah sebesar 5-6, dengan jenis tanah latosol dan andosol. Serta lahan memiliki kondisi udara sangat baik dengan tanah cukup humus.

Perhatikanlah iklim atau suhu udara sekitar tanaman tersebut, dimana jeruk madu sendiri sangat cocok ditanam pada lahan yang bersuhu 25 – 30 derajat Celcius.

Tanaman_Jeruk_Madu
bukalapak.com

Menyiapkan Bibit Tanaman Jeruk Madu

Untuk memperoleh bibit tanaman jeruk madu, Anda bisa perbanyak melalui cara generatif biji serta vegetatif sambung tunas pucuk. Kamu bisa mendapatkan bibit sambung pucuk ini di toko pertanian dengan membelinya secara langsung.

Sedangkan untuk mendapatkan bibit dengan cara generatif, Pilihlah biji yang tua dan matang lalu keringkan selama 2-3 hari. pengeringan biji dilakukan untuk menghilangkan lendir.

Setelah itu, lakukan penyemaian dalam polybag yang berukuran sedang yang sudah diberi campuran tanah bersama pupuk kandang sekitar 2 : 1.

Tanam biji pada polybag tersebut dan lakukan penyiraman secara rutin, agar kelembaban tanah terjaga. Pindahkanlah bibit jeruk pada lahan ketika sudah tumbuh tinggi 31-50 cm.

Jika Anda mendapatkan bibit dengan membeli di toko pertanian Pilihlah bibit yang sehat, berukuran sedang, akar tunggang, subur dan sebagainya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah

Tahap Tanam Jeruk Madu

Untuk menanam jeruk madu, Anda perlu membersihkan lahan terlebih dahulu dari hama, tanaman pengganggu atau gulma, serta sampah yang berserakan di lahan.

Setelah itu, gemburkan tanah menggunakan cangkul dengan menggali serta membolak-balikkan tanah. Campur lahan tanam galian menggunakan pupuk kandang, setelah itu buatlah bedengan dengan ukuran 1 x 1 x 1 m.

Jangan lupa untuk membuat lubang tanam yang diberi jarak 30 cm. Setelah semuanya selesai, Anda bisa langsung melakukan tahapan tanam jeruk madu.

Tanam bibit di lubang tanam yang sudah dibuat, lalu gunakan mulsa plastik untuk menjaga batang agar tidak busuk.

jeruk madu
samudrabibit.com

Lakukan Perawatan Jeruk Madu

Perawatan tanaman sangat penting dilakukan untuk menghasilkan buah yang manis dan segar. Lakukan penyulaman tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan baik.

Sehingga tanaman tersebut tidak akan mengganggu tanaman lainnya yang siap panen. Agar kebersihan pohon jeruk tetap terjaga, Anda perlu melakukan penyiangan.

Serta bersihkan gulma ketika ingin melakukan pemupukan pada tanaman. Setelah ditanam, Anda bisa memberikannya pupuk dengan jenis pupuk Zk, Za, urea TSP, dolomit serta pupuk kandang.

Lakukan pemangkasan untuk menciptakan regenarasi sel tumbuhan yang baik. Pemangkasan ini sangat penting dilakukan, caranya Anda hanya perlu memangkas pucuk dan dahan yang tidak dapat produktif.

Lakukan penyiraman secara rutin dan cukup. Jangan biarkan tanaman tergenang dengan air, karena hal tersebut menyebabkan akar menjadi busuk.

Lakukan penjarangan pada pohon ini, ketika buah tumbuh dengan lebat. Karena hal tersebut dapat menjaga kualitas buah jeruk dengan baik.

Pemanenan Jeruk Madu

Pohon jeruk dapat dipanen ketika buahnya sudah masak dengan optimal, yakni pada umur antara 28-36 minggu. Lakukan pemanenan menggunakan gunting untuk memotong tangkai dengan baik.


Itulah 5 tips cara menanam jeruk madu yang bisa Anda lakukan di pekarangan rumah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar lebih bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 8 Tips Sukses Tanam Jeruk di Dalam Pot

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://www.pertanianku.com/tips-menanam-jeruk-madu-di-perkarangan-rumah/
  • https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-jeruk-madu
  • https://www.faunadanflora.com/cara-budidaya-jeruk-madu-bagi-pemula-agar-cepat-berbuah/

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.