manfaatkan kulit jeruk

Yuk, manfaatkan kulit jeruk menjadi pewangi ruangan alami. Jika kamu tertarik, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu ya.

Semua orang pasti menyukai aroma ruangan dengan wangi yang berbeda-beda. Ada yang menyukai aroma mawar, aroma lavender yang tajam, melati dan lainnya.

Tetapi aroma yang fresh seperti aromah buah-buahan juga menjadi favorit sebagian orang, tergantung selera masing-masing orang. Apakah kamu sudah tahu, bahwa membuat pengharum rungan sendiri tidaklah membutuhkan modal yang besar.

Dengan memanfatkan bahan-bahan yang ada disekitaran kita yang tidak kala segar dari pengharum ruangan yang ada di toko. Salah satu bahan yang dapat kamu manfaatkan yaitu kulit jeruk.

Manfaatkan Kulit Jeruk Menjadi Pewangi Ruangan

Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C, bermanfaat menjaga tubuh agar tetap fit. Buah ini termasuk kedalam kategori Citrus dari suku Rutaceae.

Kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk, menjadikan buah ini mempunyai rasa asam juga memberikan aroma yang segar. Minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk umumnya dapat dipakai sebagai bibit minyak wangi yang segar.

Sementara jika didalam kesehatan, minyak atsiri ini bermanfaat untuk stabilkan sistem saraf dan dapat memberikan ketenangan bagi yang menghirup aromanya.

Baca Juga: 8 Tips Sukses Tanam Jeruk di Dalam Pot

Ada beberapa manfaat yang terdapat pada kulit jeruk, yaitu:

  1. Dapat dijadikan sebagai pewangi ruangan
  2. Sebagai pengharum pada wadah cucian piring
  3. Dibuat sebagai pembersih buatan
  4. Dapat juga dijadikan sebagai pembersih talenan
  5. Serta dapat mengurangi aroma bau pada kulkas

Pada artikel berikut ini, yang akan kita bahas adalah bagaimana cara pembuatan kulit jeruk menjadi pewangi ruangan yang alami.

Ada 2 pilihan yang dapat kamu terapkan, yaitu dengan seperti hiasan bunga atau berbentuk spray. Mana yang akan kamu lakukan? Berikut ini cara pembuatannya:

Pengharum Ruangan yang Dibuat dalam Wadah

Proses pembuatan pengharum rungan jenis ini, merupakan cara yang bisa digunakan. Adapun bahan-bahan yang perlu kamu sediakan, sebagai berikut:

  1. Pertama sediakan pisau atau cutter
  2. Kemudian kulit buah jeruk
  3. Sediakan dedaunan dan bunga mawar apabila diperlukan
  4. Lalu jenis biji-bijian apabila diperlukan

Setelah mendapatkan semua bahan-bahan yang ada diatas, berikut ini cara pembuatannya:

  1. Pertama, terlebih dahulu cuci dengan bersih buah jeruk yang digunakan agar noda dan kotoran yang terdapat pada buah hilang. Kemudian lap hingga kering buah jeruk.
  2. Kedua, kupas secara melingkar dan usahakan tidak putus kulit jeruk.
  3. Setelah itu, bunga mawar dan wadah yang sudah disediakan disiapkan. Lalu kulit jeruk yang dirangkai menjadi bunga disusun didalam dan diluar toples
  4. Jika kamu menambahkan biji-bijian, maka letakkan disekitaran kulit jeruk untuk menambah kesan cantik.
  5. Kamu juga dapat mengganti jenis bunga yang digunakan dan berbagai dekoratif lainnya, sesua dengan kreativitas dan selera setiap orang.

Bagimana cukup mudahkan? Pewangi ruangan jenis ini tidak hanya membuat rungan menjadi wangi, tetap juga membuat ruangan menjadi segar dan cantik yang dapat membuat kamu menjadinyaman didalamnya.

pengharum ruangan
prelo.co.id

Baca Juga: Ingin Coba Stek Bunga Mawar? Ini Dia 3 Langkah Mudahnya

Pengharum Ruangan menggunakan Spray

Selain pembuatan pewangi ruangan menggunakan wadah, kamu juga dapat membuatnya dengan sistem semprot yaitu dengan memakai spray.

Pada zaman sekarang pewangi ruangan dengan sistem semprot menjadi kesukaan orang-orang. Mungkin belum semua orang mengetahui cara membuatnya dengan sistem spray. Berikut ini bahan-bahan yang perlu kamu sediakan:

  1. 1 buah lemon
  2. 1 buah jeruk citrus
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. Sediakan alkohol sesuai takaran selera kamu
  5. Sediakan air
  6. Sediakan botol spray atau wadah parfum yang tidak dipakai
  7. Sediakan pisau atau cutter
  8. Lalu sediakan sebuah wadah yang memiliki tutup atau jar
pengharum ruangann
hipwee.com

Berikut langka-langkah pembuatnnya:

  1. Pertama sediakan buah lemon, jeruk citrus, jeruk nipis, masing-masing buah diiris melintang. Usahan tidak tebal
  2. Kemudian alkohol dituang secukupnya kedalam jar atau wadah yang sudai disediakan, bersama denganirisan jeruk semuanya. Lalu tutup rapat, dan diamkan minimal 1 hari. Semakin lama direndam, maka aroma yang ditimbulkan akan semakin kuat karena waktu proses pendiaman tentatif.
  3. Setelah masa pendiaman selesai, kemudian tuangkan secara bersamaan irisan jeruk dengan air endapan kedalam botol. Kamu dapat menambahkan larutan alkohol, untuk alternatif. Apabila kamu lebih suka yang non-alkohol, maka cukup tambahkan air secukupnya.
  4. Setelah semuanya selesai, maka spray dapat digunakan.

Itulah cara pemanfaatan kulit jeruk sebagai pewangi ruangan alami. Bagaimana sobat PTD, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah

Penulis: Donda sari

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://rumahlia.com/tips-trik/cara-membuat-pengharum-ruangan-dari-kulit-jeruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.