Jenis Jeruk yang Tumbuh di Indonesia

Di Indonesia, jeruk merupakan salah satu buah yang cukup populer. Ya, buah ini cukup dikenal akan kandungan vitamin C-nya. Jenis jeruk juga memiliki ragam tertentu sesuai dengan daerah tumbuhnya masing-masing.

Buah ini termasuk ke dalam tumbuhan berbunga Anggita Citrus yang berasal dari bangsa Rutaceae. Diketahui, jumlah jenis jeruk lebih dari 600 varian yang tersebar di seluruh negara.

Jenis Jeruk yang Tumbuh di Indonesia

Pak Tani Digital akan memaparkan beberapa jenis dan informasi tentang jeruk yang sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Berikut penjelasannya.

1. Jeruk Nipis

Ciri khas jeruk nipis adalah mempunyai tekstur kulit tebal, berpori-pori besar, dan licin. Karena kulitnya yang tebal, jeruk yang kerap disebut lime ini sulit dikupas dengan menggunakan tangan.

Jenis jeruk ini diketahui memiliki rasa yang paling asam daripada jenis jeruk lain sehingga sering dicampur ke dalam minuman atau makanan. Tak hanya itu, jeruk nipis juga kerap digunakan untuk keperluan kecantikan, contohnya sebagai masker.

Baca Juga: Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon mempunyai bentuk lonjong dan kulit yang sedikit tebal menyerupai jeruk nipis. Warna yang kuning terang, dan mengkilap juga menjadi ciri khas buah ini. Selain itu, jeruk lemon mempunyai pangkal yang sedikit lonjong. Jenis jeruk ini juga sering digunakan sebagai bahan atau pelengkap masakan dan  minuman, misalnya salad, dessert ,hingga pastry. 

Jeruk Lemon

3. Jeruk Pontianak

Seperti namanya, jeruk Pontianak adalah jeruk yang berasal dari Pontianak dan kini sudah menyebar hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Jenis jeruk ini mempunyai ciri kulit yang licin, mengkilap, berwarna hijau kekuningan, dan sedikit tipis.

Buahnya mengandung banyak air dan mempunyai rasa manis. Biasanya jeruk pontianak dihidangkan sebagai fresh fruit untuk hidangan pencuci mulut.

4. Jeruk Medan

Menyerupai jeruk Pontianak, jeruk Medan juga biasa dihidangkan langsung sebagai pencuci mulut. Ciri buahnya adalah memiliki kulit berwarna kuning, mengkilat dan beraroma segar. Jeruk yang merupakan produk agroindustri Sumatera Utara ini mempunyai rasa yang manis, kandungan air banyak, serta bulir yang besar.

5. Jeruk Bali

Tidak seperti namanya, buah jeruk bali ini bukan asli Bali, namun buah asli dari Asia Selatan dan Tenggara. Ciri khas jenis jeruk ini adalah bentuk yang jauh lebih bulat dan besar dari ukuran jeruk biasa.

Rata-rata, jeruk ini memiliki diameter 15 hingga 25 sentimeter dan dengan berat 1 sampai 2 kilogram. Jeruk Bali mempunyai nama ilmiah Citrus grandis L. Osbeck / Citrus maxima. Kulit agak tebal dan daging buahnya berwarna putih sedikit kemerahan.

Baca Juga: 8 Tips Sukses Tanam Jeruk di Dalam Pot

6. Jeruk Mandarin

Seperti namanya, jenis jeruk ini berasal dari Negeri Tirai Bambu, China. Buah ini juga banyak ditemukan dalam kemasan kaleng yang dagingnya sudah dikupas. Jeruk Mandarin atau Mandarin oranges termasuk ke dalam jenis Citrus reticulata yang memiliki varietas lain yaitu Satsuma, Clementine, Dancy, Honey, Pixie, dan tangerines.

Jeruk Mandarin

Ciri khas buah ini adalah memiliki rasa yang manis, berwarna orange terang, dan mudah dikupas sehingga daging buahnya mudah dipisahkan.

7. Jeruk Sunkist

Jeruk Sunksit adalah salah satu jenis jeruk yang populer di berbagai negara. Namun, harga jeruk ini lebih mahal daripada jeruk biasanya. California, Amerika Serikat merupakan asal buah segar ini.

Dagingnya yang segar dan tidak asam sama membuat jenis jeruk ini banyak dicari orang. Ciri lainnya adalah berkulit tebal, memiliki pori-pori besar, dan berwarna orange. Konon, katanya jika ingin mengonsumsi jeruk sunkist, tidak boleh asal kupas. Jika salah dalam cara pengupasannya, kita akan merasakan pahit dari buah yang satu ini.

8. Jeruk Purut

Jeruk purut atau Citrus hystrix adalah buah lokal asli dari Indonesia. Jeruk ini memiliki aroma yang tajam. Bentuk buahnya kecil, warna kulit hijau tua, keras, dan agak bergelombang.

Biasanya, jeruk purut digunakan untuk bumbu pelengkap, perasa atau sebagai obat di beberapa daerah di Indoneisa. Daunnya mempunyai harum yang khas juga seringkali digunakan sebagai bumbu masakan.


Nah, itu tadi 8 variasi jenis jeruk yang biasa kita temukan di Indonesia. Meski berbeda, namun sama-sama segar dan mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Jadi, Sobat PTD suka yang mana nih?

Baca Juga: 5 Tips Menanam Jeruk Madu di Pekarangan Rumah

Penulis: Yoseni Turnip

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.