Apakah Harus Impor, Ketika Harga Gula Naik ?

Mau tau informasi mengenai harga gula yang naik? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Impor Gula Ketika Harga Naik

Keputusan Impor Gula

impor gula
detikfinance.com

Baca juga: Harga Bawang Putih Meningkat, Apakah Ini Permainan Tengkulak?

Dengan naiknya harga gula pemerintah memutuskan akan mengimpor gula mentah atau raw sugar untuk kebutuhan gula konsumsi atau gula kristal putih (GKP) yang berasal dari India yang akan diolah jadi GBKP di dalma negri.

Solusi jangka panjang seperti peningkatan produksi dengan meningkatkan lahan tebu masih jalan di tempat.

Keputusan pemerintah ini karena pertimbangan stok yang masih kurang dan stabilisasi harga di dalam negeri jelang puasa dan lebaran.

Kondisin ini membuat Indonesia sangat bergantung pada impor gula untuk kebutuhan industri rumah tangga.

Harga gula di awal tahun ini memang tidak jinak menyusul berakhirnya musim giling. Di sisi lain produksi GKP domestik hanya sekitar 2,2 juta ton.

Sedangkan kebutuhan ditaksir 2,8 juta ton. Namun produksi dalam negeri per tahun hanya di kisaran 2,2 – 2,3 juta ton. Artinya ada kekurangan sebanyak 500-600 ribu ton.

Harga Gula 

impor gula
pixabay.com

Baca juga: Ungkapan Mentan Terhadap Harga Kopi Blawan Sebesar 450ribu/kg di Berlin

Sepekan terakhir gula terus merangkak naik, rata-rata harga gula nasional Rp 14.500/kg dan sudah mendekati level Rp 15.000/kg. Padahal pada 11 Februari 2020 harga masih di Rp 14.000/kg. Untuk Indonesia Timur harga gula sudah melebihi Rp 15.000/kg.

Harga tersebut lebih tinggi dari harga acuan di tingkat konsumen yang ditetapkan oleh Menteri Perdagangan. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 7 tahun 2020, harga acuan penjualan gula di tingkat konsumen sebesar Rp 12.500.

Rendahnya produksi gula lokal diperikirakan karena banyaknya pabrik gula di indonesia yan g sudah tua , hampir 40 pabrik gula yang usiannya lebih dari 100 tahun.

Revitalisasi pabrik gula di Indonesia harus didukung adanya inovasi dalam teknologi. Pemerintah perlu membangun dan mengembangkan ekosistem riset yang mendukung terciptanya inovasi teknologi.

Mempertimbangkan penekanan impor gula bukan merupakan hal yang salah, namun sebaiknya yang patut diutamakan adalah peningkatan daya saing pabrik gula Indonesia.

Dan kebijakan pemerintah yang mendorong modernisasi pabrik gula dapat menjadi salah satu langkah awal yang patut dipertimbangkan untuk menekan harga gula.


Itulah informasi mengenai kenaikan harga gula yang naik. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Persedian Gula Menipis, Apakah Harus Impor Gula ?

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.