Berikut Daftar Perluasan Lokasi Pemeriksaan Covid-19

Mau tau informasi mengenai perluasan lokasi pemeriksaan covid-19? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Perluasan Lokasi Pemeriksaan Covid-19

corona virus

Baca juga: Perhatikan Lingkungan Petani Ditengah Wabah Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta semua negara untuk meningkatkan program pengujian mereka sebagai cara terbaik untuk memperlambat kemajuan pandemi covid-19.

Bahkan negara-negara dengan sistem kesehatan yang maju telah berjuang untuk mengatasi wabah ini. Strategi untuk mengendalikan penyakit.

Dengan menemukan orang dengan infeksi dan mengisolasi mereka dengan cepat, masih merupakan pendekatan terbaik. Cara itu telah menunjukkan efek positif di China, Korea Selatan dan Singapura.

Untuk mengurangi kecepatan penyebaran virus corina ini, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan merespon cepat seiring ditetapkannya Covid-19

Sebagai pandemi global dengan memperluas lokus laboratorium pemeriksa Covid-19 di Indonesia.

Ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease 19 (Covid-19).

Melalui surat keputusan tersebut, pemerintah secara resmi menunjuk Balitbangkes sebagai Laboratorium Rujukan Nasional Penanganan Covid-19 serta 12 Laboratorium Pemeriksa Covid-19 beserta wilayah kerjanya.

Lokasi Pemeriksaan Covid-19

  1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja di Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.
  2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja di Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi dan Lampung.
  3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.
  4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.
  5. Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja di Papua dan Papua Barat
  6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja di Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Banten.
  7. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta dengan wilayah kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.
  9. Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta dengan wilayah kerja di DKI Jakarta.
  10. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan wilayah kerja di DKI Jakarta
  11. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan wilayah kerja di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan RS Universitas Indonesia.
  12. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja di RSUD Dr. Sutomo dan RS Universitas Airlangga.
virus corona
suarasiber.com

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Petani di Tengah Wabah COVID-19

Disebutkan dalam diktum keenam bahwa proses pengujian spesimen di 12 laboratorium pemeriksa Covid-19 maupun di laboratorium rujukan nasional pemeriksaan Covid-19 tidak dikenakan biaya atau gratis.

Selain pemeriksaan di 12 laboratorium tersebut, pemerintah juga menjalin kerjasama dengan 3 jaringan laboratorium swasta

Untuk semakin memperkuat dan mempercepat proses pemeriksaan spesimen Covid-19, sehingga bisa sesegera mungkin menemukan kasus positif untuk kemudian diisolasi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat.

Ketiga jejaring tersebut yakni jejaring laboratorium Siloam, jejaring laboratorium Kalbe dan jejaring laboratorium Bunda Group.

Sementara itu 10 ribu kit Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah diterima pemerintah dan sebagian sudah disebarkan ke BBTKL dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL).

Di rencanakan jumlah ini akan terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan spesimen di tanah air.

Covid-19 di Indonesia

Dihaapkan untuk semua warga Indonesia untuk saling bekerjasama dengan pemerintah agar angka kecepatan penularan virus corona bisa sekamin mnurun.

Membantu para medis serta pihak yang berada paling depan dengan virus ini adalah pilihan yang terbaik dengan cara berdiam diri di rumah.

Tetap menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan yang bersih sehingga bersama-sama dapat melawan virus tersebut tanpa harus membuat satu sama lain menderita.

Yang paling penting adalah tetap mengikuti setiap himbauan atau informasi dari pihak pemerintah atau pihak terpercaya untuk terus  mengikuti perkembangan mengenai hal ini.


Itulah informasi mengenai perluasan lokasi pemerikasaan virus corona. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Dampak Covid-19 yang Terjadi Pada Sektor Pertanian

Sumber : Kementrian Kesehatan Indoensia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.