Bungkil Kedelai Bisa Menjadi Pakan Ternak, Begini Cara Membuatnya

Sudah tahu cara membuat bungkil kedelai menjadi pakan ternak? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Bungkil kedelai umumnya hanya sebuah limbah bekas pembuatan minyak kedelai. Tetapi, pada dasarnya bungkil ini dapat dijadikan pakan alternatif untuk hewan ternak yang mengandung vitamin dan gizi.

Kandungan dalam bungkil ini diantaranya seperti serat kasar 6%, protein 42,7%, serta energi 2240 kkal per kg. Selain itu, bungkil kedelai memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, dan vitamin B1, serta kandungan mineral seperti zat besi dan kalsium.

Pemberian pakan bungkil ini tidak boleh terlalu banyak, karena protein dalam bungkil ini sudah cukup tinggi.

Cara Membuat Bungkil Kedelai

Untuk membuat pakan ternak bungkil diperlukan beberapa langkah seperti berikut ini:

Baca Juga: 5 Langkah Menanam Pohon Turi untuk Pakan Ternak

Pilih Biji Kedelai

Untuk mendapatkan bungkil kedelai yang baik pilihlah biji kedelai yang berkualitas, ciri-cirinya tidak cacat, ukurannya besar, serta warnanya seragam.

Sehingga diperlukan ketelitian dalam memilih biji kedelai terbaik. Jangan sampai tercampur dengan benda asing dan biji kedelai yang cacat, pecah atau rusak.

Biji kedelai sendiri memiliki lapisan yang terdiri dari kotiledon sekitar 90,3%, hipokotil sekitar 2,4%, serta lapisan kulit sekitar 7,3%.

Biji kedelai yang cacat tidak bisa dijadikan bahan pakan ternak, karena akan mengurangi kualitas gizi dalam pakan tersebut. Setelah menemukan biji kedelai yang baik, rendamlah biji selama 8-16 jam di dalam air bersih.

bungkil kedelai
www.kdlfeed.com

Proses Perebusan Kedelai

Tahap perebusan kedelai dilakukan untuk melunakkan tekstur keras pada biji kedelai. Tujuannya agar kulit ari pada lapisan daging keledai bisa dikupas dengan cepat dan mudah.

Suhu air rebusan biji kedelai hingga 600 derajat Celcius dengan waktu perebusan selama 5 jam. Rebusan biji kedelai dilakukan dengan suhu yang terjaga agar tetap konstan.

Baca Juga: 5 Tips Budidaya Indigofera untuk Dijadikan Pakan Ternak

Tahap Pengupasan kulit

Setelah merebus biji kedelai, tahap selanjutnya yaitu mengupas kulit ari pada biji kedelai. Pengupasan ini bisa dilakukan dengan mesin pengupas kedelai modern atau secara manual dengan tenaga sendiri.

Namun lebih baik menggunakan mesin agar hasilnya maksimal. Selain itu, pengupasan secara manual akan mengeluarkan waktu serta tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan mesin.

Cara bekerja mesin pengupasan kedelai yakni dengan sistem gesek. Dimana daging kedelai yang terlepas dari kulitnya akan dipisahkan dengan air yang mengalir.

bungkil kedelaii
tokopedia.com

Tahap Pengeringan

Biasanya, orang Indonesia memanfaatkan sinar matahari dalam melakukan tahap pengeringan bungkil kedelai. Walaupun terlihat sederhana dan praktis, namun hal tersebut sangat ketergantungan terhadap cuaca yang akan datang.

Sehingga ketika terjadi musim hujan maka proses pengeringan akan terganggu. Untuk menghilangkan mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan oven atau mesin pengering.

Sehingga, proses pengeringan bisa dilakukan kapan saja dengan besar suhu yang dapat diatur sesuai keinginan.

Tahap Penggilingan

Proses penggilingan merupakan tahap terakhir dalam pembuatan bungkil kedelai. Dimana proses ini kedelai menjadi sari pati atau minyak kedelai mentah dan akan diolah kembali.

Sedangkan sisaan dari minyak kedelai tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak. Karakteristik bungkil kedelai yaitu memiliki kandungan protein hingga 40-50 persen.


Itulah beberapa cara mudah untuk membuat bungkil kedelai sebagai pakan hewan ternak yang baik. Anda bisa memanfaatkan bungkil tersebut sendiri, maupun dijual di pasaran. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://www.pertanianku.com/begini-cara-buat-bungkil-kedelai-untuk-pakan-ternak/

Sumber gambar utama: ekonomi.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.