hidroponik

Bagi kamu yang masih belum tahu apa sajakah cara sederhana dari tanam hidroponik dengan media air. Artikel ini akan sangat membantu bagi kamu yang masih belum mengetahuinya, karena PTD akan mengulasnya di artikel pertanian berikut ini.

Teknologi pertanian saat ini sudah sangat berkembang. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang tinggi, kebutuhan lahan dan pangan semakin mendesak dan meningkat.

Dengan sistem tanam hidroponik, Anda dapat menanam menggunakan media lain selain tanah, yaitu menggunakan air. Metode ini disebut hidroponik, hidroponik sebenarnya sudah lama dikenal.

Negara yang terkenal dengan sistem hidroponiknya adalah Jepang, faktor yang mempengaruhinya adalah ketersediaan lahan yang sempit.

Dengan berkembangnya zaman, sistem ini semakin berkembang pula di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Sistem pertanian hidroponik memiliki beberapa kelebihan sehingga dapat diterapkan sebagai alternatif dalam dunia pertanian, antara lain:

  1. Lebih efisien dan mudah dikarenakan tidak perlu mengolah tanah mulai dari menggemburkan atau pengapuran, seperti proses-proses yang biasa dilakukan pada sistem pertanian konvensional.
  2. Hemat biaya, karena Anda tidak perlu menyediakan lahan yang luas, hanya perlu tempat yang luasnya sesuai dengan tanaman yang akan Anda tanam.
  3. Tanaman seperti buah dan sayur tidak mudah terserang penyakit, selain itu sayuran juga lebih sehat.

Baca Juga: Terapkan Rockwool pada Hidroponik dengan 6 Langkah Ini

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik

Berikut adalah cara sederhana budidaya tanaman dengan sistem hidroponik:

Persiapan Tanam

Proses pertama yang harus dilakukan sebelum memulai proses budidaya secara hidroponik tentunya adalah persiapan tanam.

Alat dan bahan yang harus disediakan adalah pipa paralon, alat pemotong, rockwool, sumbu, gelas-gelas plastik bekas, gergaji pipa, solder, dan pompa air.

Untuk pemilihan lokasi, sesuaikan dengan karakteristik atau syarat hidup tanaman yang akan Anda tanam. Pilih lokasi dengan suhu yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman dan jangan lupa untuk memperhatikan area sekitarnya.

Jauhkan juga dari kontaminasi limbah pabrik atau asap kendaraan bermotor maupun asap dapur. Selain itu, perhatikan juga pencahayaan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Media Air

Media air yang digunakan dalam metode hidroponik harus dialirkan secara terus-menerus ke seluruh tanaman dengan cara menyentuhkan sumbu pada rockwool.

  1. Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya dengan jarak antar lubang sama. Kemudian susun pipa tersebut sebagi tempat menanam tanaman.
  2. Sediakan penampungan air di ujung pipa yang lebih rendah kemudian pasang pompa untuk mengalirkan airnya.
  3. Sebagai penyangga media, Anda dapat menggunakan pipa, besi, kayu.
  4. Buat tempat tanaman menggunakan gelas-gelas plastik bekas dan lubang-lubang kecil di bawahnya. Anda dapat menambahkan sumbu ataupun rockwool untuk memudahkan mengatur kelembabannya.
pipa hidroponik
tanamania.com

Baca Juga: Ingin Mencoba Sistem Hidroponik Tapi Masih Pemula? Terapkan 2 Cara Ini

Penanaman Bibit

Proses selanjutnya adalah penanaman benih. Pastikan benih yang digunakan berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas benih, lakukan proses perendaman selama 5 menit.

Benih yang terendam merupakan benih yang layak tanam. Kemudian letakkan benih pada media semai hingga menjadi bibit, lalu masukkan bibit ke dalam gelas-gelas plastik dan masukkan ke dalam lubang media tanam.

media air
tanipedia.co.id

Perawatan Tanaman

  1. Untuk perawatan tanaman dengan sistem tanam hidroponik, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:
  2. Tambahkan air secara rutin jika airnya kurang.
  3. Hindarkan tanaman dari jangkaun hewan.
  4. Untuk penanaman sayur, lakukan perawatan mulai penanaman sampai saat panen. Sedangkan untuk tanaman hias, lakukan perawatan untuk menjaga keindahan tanaman.

Itulah cara sederhana dari tanam hidroponik dengan media air yang dapat di terapkan pada tanaman Anda dirumah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Bahan untuk Membuat Tanaman Hidroponik dengan Mudah

Penulis: Nevy Widya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.