pupuk kimia

Mau tau informasi mengenai dampak dari pennggunaan pupuk kimia? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Penggunaaan Pupuk Kimia

pupuk kimia
thehijau.com

Baca juga: Petani Wajib Tahu! 4 Jenis Pupuk Kompos dan Karakteristiknya

Kegiatan pertanian tidak lepas dari kegiatan pemupukan dengan harapan mampu meningkatkan hasilnya sehingga mampu memberikan hasil yang optimal dan keuntungan pada segi ekonomi.

Pupuk adalah suatu bahan yang digunakan untuk mengubah sifat kimia, fisik dan biologi tanah sehingga menjadi lebih baik, apalgi sekarang begitu banyak jenis pupuk yang ditawarkan kepada petani.

Dalam jangka pendek memang pupuk kimia mampu mempercepat masa tanam karena kandungan haranya dapat diserap langsung oleh tanah.

Namun, ketergantungan kepada pupuk kimia sangat merugikan bagi tanaman, lingkungan serta ekosistem.

Pemerintah juga sudah berupaya mendorong penggunaan pupuk organik sayangnya, kenyataan dilapangan tidak sesuai standart dan banyak keluhan terhadap kualitas yang beredar.

Berikut akan dijelaskan dampak negatif dari penggunaan pupuk berlebihan agar para pelaku pertanian lebih berhati-hati dalam pemilihan pupuk.

Dampak Negatif Penggunaan Pupuk Kimia

Tanah Mengeras

Pemberian pupuk kimia akan menyerang unsur hara zat kimia pada tanaman.

Padahal tanah adalah mediator terbaik untuk menyerap unsur makro dan mikro yang terdapat pada area sekitarnya. Selain itu akar tanaman akan lunak dan tidak bisa menyerap nutriasi tidak maksimal

Peningkatan Hama Mikroorganisme Pengganggu Tanaman

Sebenarnya, tidak semua mikroorganisme dalam tanah bersifat merusak tumbuhan. Ada beberapa dari mereka malah dibutuhkan untuk memangsa (predator) berbagai mikroorganisme yang sifatnya merusak tumbuhan.

Namun, karena peggunaan pupuk seperti pestisida sulit untuk dikontrol, maka spesies mikroorganisme yang bermanfaat bagi tumbuhan menjadi mati.

Punahnya spesies mikroorganisme tersebut mengakibatkan populasi hama pengganggu tumbuhan yang ada semakin meningkat karena tidak ada lagi pemangsanya.

Resistensi Hama Tanaman

Penggunaan pupuk kimia secara terus-terusan akan membuat hama pengganggu akan mangalami resistensi atau kekebalan pada bahan kimia.

Memang pada awalnya akan mengalami penurunan hama tetapi jika dipakai secara terus menerus akan kebal dan kekebalan ini menyebabkan pohon yang diserangpun menjadi cepat tumbang.

Punahnya Mikroorganisme Alami Pembasmi Hama

Tanaman bukan satu-satunya makhlluk hidup yang bergantung pada tanah. Imunitas musuh alami dari beberapa hama dan penyakit tanaman mulai menurun kadarnya yang berdampak sampai mengalami kelumpuhan.

Setelah benar-benar lumpuh, hama dan penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis mikroorganisme perusak tanah dan pohon semakin berkembang pesat.

Putusnya Mata Rantai Makanan

Jika salah satu makhluk hidup mati makan akan terganggunya mata rantai makanan hingga mengalami kepunahan.

Peningkatan beberapa spesies tertentu juga akan mengantarkan skema mata rantai yang dibentuk alam menjadi terputus karena adanya perubahan pola interaksi berbagai jenis spesies yang berhubungan.

Merusak Kesehatan

Hasil produksi tanaman yang telah tercemari oleh pupuk kimia akan sangat berbahaya jika di konsumsi yang akan menyerang zat timbal dari pupuk kimia dapat merusak otak dan ginjal pada anak-anak selain itu, organofosfat dan karmabat dapat mengakibatkan  gangguan pada syaraf otot.

Dampak Positif Penggunaan Pupuk Kimia

pupuk kimia
8villages.com

Baca juga: 4 Jenis Pupuk Kandang dan Karakteristiknya

Dengan berbagai dampak negatif penggunaan pupuk kimia ada beberapa manfaat baik dalam penggunaannya sebagai berikut:

Tanaman Tumbuh Dengan Cepat

Pupuk kimia akan memberikan nutrisi yang baik pada tanah sehingga tanaman akan mengalami pertumbuhan dengan pesat.

Terhindar Hama dan penyakit Tanaman

Penggunaan pupuk kimia akanmembuat tanaman lebih sehat, dengan perawatan yang baik maka tanaman akan tahan segala jenis hama dan penyakit

Manipulasi area Tanah

Pupuk juga mampu memanipulasi area di sekitar tanaman yang sedang rawat. Hasilnya, tanaman yang di rawat akan berkembang secara maksimal.

Pada dasarnya tidak ada masalahnya menggunakan pupuk kimia pada tanaman, namun seharusnya petani yang lebih bijak dalam penggunaan pupuk kimia agar tidak terlalu berlebihan dan ketergantungan.


Itulah informasi penggunaan pupuk kimia. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Pembuatan Pupuk Bokashi Skala Pertanian Maupun Rumah Tangga

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/22/180000169/klasifikasi-pupuk-dan-manfaatnya?page=all
  • https://sawitnotif.pkt-group.com/2018/02/08/7-dampak-pemakaian-pupuk-kimia-pada-lingkungan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.