ekspor anggrek

Mau tau ekspor anggrek hingga ke pasar dunia? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan mengenai info tersebut. Simak ulasannya!

Eksor Anggrek

Gratieks Ekspor Anggrek

ekspor anggrek
portonews.com

Baca juga: Pro dan Kontra Politikus PKS Mengenai Ekspor Ganja

Tidak hanya pangan indonesia yang mulai semakin diminati oleh penduduk mancanegara.Sekarang pangsa pasar anggrek semkain terbuka didalam negri maupun di mancanegara.

Dengan peningkatan permintaan anggrek pada segmen pasar tradisional dan premium membuat para pelaku bisnis antusias terjun di bisnis ini.

Indonesia dikenal juga sebagai negara tropis yang memiliki kekayaan sumber plasma genetik anggrek, sehingga bisa menjadi peluang untuk produsen anggrek yang diperhitungkan di pasar dunia.

Bisnis anggrek yang dikenal memiliki nilai jual estetika membuat nilai jualnya sangat tingggi, apalagi Indonesia memiliki plasma nutfah anggrek yang besar sehingga bisa menjadi pemasok anggrek yang diperhitungkan di pasar dunia.

Oleh karen itu, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura akan terus mendorong pelaku bisnis anggrek untuk memperluas segmen pasarnya

Terutama ekspor untuk gencar memacu ekspor produk pertanian yang dikemas melalui Gerakan Tiga Kali lipat Ekspor (Gratieks)

Harga Ekspor Anggrek

ekspor anggrek
liputan.com

Baca juga: Ekspor Manggis Cianjur Sampai ke Abu Dhabi dan Taiwan

Selama kunjungan, Dirjen Hortikultura yang didampingi Direktur Buah dan Florikultura meninjau langsung kebun dan fasilitas produksi anggrek terbesar di Indonesia tersebut.

Kapasitas produksi anggrek di PT Ekakarya kini mencapai 1 juta anggrek per tahun. Sistem produksinya sudah cukup modern, lengkap dengan fasilitas penangkaran benihnya.

PT Ekakarya sekarang mencapai 1 juta anggrek per tahun dengan sistem produksi modern yang dilengkapi fasilitas penangkaran benihnya.

Luas kebun screenhouse untuk produksi anggrek dendrobium mencapai 12 hektare, sedangkan untuk anggrek bulan seluas 5 hektare. Proses pembungaan selanjutnya dilakukan di kebun Warungkondang Sukabumi.

Anggrek mampu dijual sekitar 600 ribu anggrek untuk pasar domestik dan 100 ribu anggrek untuk pasar ekspor, sehingga lebih menggiurkan dengan harga Rp 150 ribu per tanaman.

Pasar luar negeri memang cukup menjanjikan. Namun masih belum maksimal karena terkendala mahalnya ongkos angkutan kargo.

Ini yang menyebabkan anggrek Indonesia masih kalah bersaing dari sisi harga seperti halnya, biaya kargo dari Indonesia ke Dubai mencapai 3,2 dolar AS per kilo.

Sedangkan dari Taiwan hanya 1,5 dolar AS. Para produsen anggrek berharap memfasilitasi kargo pesawat untuk produk ekspor.

Para pelaku bisnis tanaman hias sangat mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian untuk memfasilitasi kemudahan ekspor. Kemudahan perijinan diakui sangat membantu bisnis ekspor.


Itulah informasi mengenai ekspor anggrek hingga pasar dunia. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Gorontalo Siap Lepas Hasil Pertanian Untuk di Ekspor

Sumber: republika.co.id

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.