milenial

Berikut informasi dari Pak Tani Digital menegnai gerakan generasi muda untuk kebangkitan sektor pertanian

Generasi Muda

Peran Generasi Muda

petani muda
wartatani.com

Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu negara dan peran generasi muda sangat diharapkan untuk mencapai pembangunan pertanian yang lebih maju.

Banyak program pemerintah untuk mempromosikan pertanian yang berkelanjutan.

Tujuan ini sesuai dengan prioritas pembangunan di Indonesia untuk mencapai terjaminnya sistem produksi pangan yang berkelanjutan dan menerapkan praktik pertanian tangguh

yang mampu meningkatkan produksi dan produktivitas, membantu menjaga ekosistem, memperkuat kapasitas adaptasi terhadap perubahan iklim, cuaca ekstrem, kekeringan, banjir, dan bencana lainnya.

Dorong Generasi Muda Berbisnis

milenial
pixabay.com

Baca juga: Permintaan Pasar Taiwan Untuk Produk Holtikultura

Saat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak generasi muda atau milenial untuk terjun bisnis pertanian.

Generasi milenial atau anak muda harus mulai bersaing dengan pasar global yang telah menggunakan teknologi sebagai sarana produksi.

Sebab, generani muda dinilai memiliki kemampuan daya jelajah yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Karena itu, mereka tidak perlu ragu menjadi seorang petani.

Mengingat pemerintah telah menyediakan akses pasar dan layanan fasilitas sarana prasarana yang cukup lengkap.

Ditambah lagi pada saat kondisi pandemi Covid-19 ini menjadi peluang besar untuk memperkuat sektor pertanian dan mampu memberikan prospek ekonomi yang baik

Karena persediaan pangan yang mencukupi dan sektor pertanian dapat memberi sumber penghasilan tetap serta keberlangsungan hidup masyarakat dunia

Modal awal pada generasi muda untuk memulai bisnis hingga ke pasar global adalah mental dan kemauan yang kuat untuk bisa bersaing dan berkembang.

Seorang generasi muda yaitu Safari telah membuktikan bahwa ia sudah memiliki 150 konsumen tetap yang tersebar di seluruh Jabodetabek dan akan menuju hingga pasar internasional.

Sementara itu, terdapat pengusaha pertanian lainnya yang membidangi usaha peternakan dan tanaman hias yang mendapatkan omzet besar hingga 400 juta per bulan dengan mengekspor 2 kontainer bunga dalam satu bulan.

Hal ini juga menunjukan bahwa dalam menjalankan bisnis sektor pertanian yang sangat menjanjikan karena setiap usaha akan diikuti dengan hasil yang memuaskan.


Itulah informasi mengenai gerakan para generasi muda untuk terus maju. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Produksi Pertanian Terancam Akibat Pandemi

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.