Gunakan Bahan Alami Ini Untuk Membasmi Semut

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai cara membasmi semut yang ada dirumah dengan bahan alami

Membasmi Semut di Rumah

Semut merupakan salah satu jenis serangga yang sangat dekat keberadaannya dengan manusia. Walapun gangguannya tidak terlalu berbahaya.

Namun keberadaan semut kerap kali mengganggu kenyamanan terutama untuk jenis-jenis semut yang mengerumuni makanan atau minuman yang disimpan.

Untuk bisa membasmi semut di rumah, tidak perlu menggunakan pestisida. Walaupun dikenla ampuh, namun penggunaan pestisida di rumah juga dapat membahayakan anggota keluarga terutama jika ada makanan atau minuman yang ikut terkontaminasi.

pixabay.com

Baca juga: Ingin Budidaya Semut Rangrang? Terapkan 5 Hal Ini

Bahan-Bahan Alami Pengusir Semut

Tanpa harus menggunakan pestisida, sebenarnya ada beragam bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengusir semut di rumah. Selain lebih murah dan aman, bahan-bahan ini juga bisa ditemukan di dapur.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi semut antara lain:

Sabun

Sabun pasti sudah tersedia di kamar mandi. Jika biasanya sabun digunakan untuk membersihkan tubuh, maka Anda bisa juga bisa menggunakannya untuk mengusir semut.

Sabun memiliki kandungan surfaktan yang dapat memecah lapisan lilin yang terdapat pada kerangka luar tubuh semut. Tubuh semut yang terpapar sabun akan mengalami dehidrasi dan perlahan akan mati.

Semprotkan larutan sabun di sarang atau jalur yang dilewati semut. Setelah beberapa saat, semut akan pergi dan menghindar dengan sendirinya.

Cuka

Cuka banyak digunakan para ibu rumah tangga untuk menambah cita rasa asam pada makanan. Namun selain dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada masakan, cuka juga bisa digunakan untuk membasmi semut.

Cuka memiliki kandungan asam yang tinggi serta bau yang menyengat sehingga sangat tidak disukai serangga.

Untuk menggunakannya, semprotkan cuka langsung di kerumunan semut sehingga secara perlahan semut akan menghindar dan menjauhi tempat tersebut.

pixabay.com

Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Bayam Cabut Yang Benar

 Bubuk Kopi

Bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah bubuk kopi. Kopi memiliki bau yang khas dan sangat tidak disukai oleh semut.

Untuk mengaplikasikannya, taburkan bubuk kopi langsung di jalan yang dilalui oleh semut. Selain itu, Anda juga bisa menaburkan kopi langsung ke sarang semut.

Parfum atau Wewangian

Semut merupakan hewan yang sensitif terhadap bau. Parfum atau wewangian yang memiliki bau yang menyengat tentu bisa digunakan untuk membasmi semut karena dapat menggangu indra penciuman mereka.

Semprotkan parfum atau wewangian lain di jalur yang dilewati semut. Agar lebih tahan lama, Anda juga bisa menggunakan kapas yang sudah disemprot dengan parfum. Letakkan kapas di sarang atau jalur yang dilewati oleh semut.

Bedak Bayi

Menurut banyak orang, bedak bayi memiliki wangi yang khas dan lembut sehingga banyak disukai. Namun bagi semut, aroma bedak bayi sangat menggangu.

Oleh karena itu, untuk mengusir kerumunan semut, Anda juga bisa menggunakan bedak bayi yang langsung ditaburkan di kawasan kerumunan semut.

Untuk memasmi semut memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, maka pembasmian semut dengan menggunakan bahan alami tentu lebih aman dibandingkan dengan bahan kimia.


Itulah informasi mengebai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir semut di rumah. Smeoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga : Ini Dia Cara Ampuh Beternak Jangkrik Alam Dengan Mudah

Sumber: mitalom.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.