pestisida

Mau tau informasi mengenai hal sebelum membeli pestisida? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Penggunaan Pestisida

pestisida
pxhere.com

Baca juga: Yuk, Pahami Syarat Label Kemasan Pestisida

Pestisida adalah zat kimia yang digunakan untuk membunuh atau mengendalikan berbagai jasad pengganggu atau bisa juga sebagai bahan kimia lain yang dapat mengatur dan menstimulir pertumbuhan tanaman.

Dengan beredarnya banyak jenis pestisida yang diedarkan di pasaran, petani harus cermat dalam pemilihan pestisida yang berkualitas dan harus tau bagaimana pengaplikasiannya.

Sebelum membeli petani harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan agar pestisida yang dibeli masih bagus, baik dari kandungannya atau dari label kemasan.

Sebenarnya ada 17 (tujuh belas) keterangan tersebut penting untuk diketahui petani, namun kenyataannya sulit bagi petani untuk mencermati dan memahami semuanya dalam pembelian pestisida.

Oleh karena itu, ada beberapa item  yang perlu diprioritaskan untuk dibaca dan dipahami oleh petani setiap membeli produk pestisida.

Beberapa Hal Sebelum Membeli Pestisida

Bentuk Formulasi

Formulasi adalah campuran bahan aktif dengan bahan lainnya dengan kadar dan bentuk tertentu yang mempunyai daya kerja sebagai pestisida.

Sesuai dengan tujuan yang direncanakan, hal ini tercantum menurut Permentan Nomor: 07/Permentan/SR.140/2/2007 mengenai Syarat dan Tatacara Pendaftaran Pestisida,

Bentuk formulasi pestisida dapat diketahui dengan melihat kode yang tercantum dalam kemasan,  seperti halnya contoh formulasi pestisida bentuk cair yaitu pekatan yang larut dalam air (SL) dan pekatan dalam air (AC).

Contoh bentuk formulasi padat yaitu Formulasi tepung yang dapat disuspensikan atau Wettable Powder (WP) dan Formulasi yang dapat dilarutkan atau Soluble Powder (SP)

Bahan Aktif Pestisida

Bahan Aktif adalah bahan kimia dan atau lainnya yang terkandung dalam pestisida yang merupakan bahan berdaya racun.

Bahan aktif ini umumnya selektif digunakan untuk jenis OPT tertentu. Kesalahan pembelian pestisida menyebabkan ketidaktepatan bahan aktif yang dipergunakan untuk membasmi.

Bisa jadi OPT yang disemprot dapat mati mengingat karena bahan aktif yang terkandung adalah berupa racun. Selain itu penggunaan pestisida yang tidak tepat juga akan mematikan musuh alami dan merusak ekosistem alami.

pestisida
javasaromachem.com

Baca juga: 5 Cara Tepat Menggunakan Pestisida

Dosis dan Petunjuk Penggunaan

Dosis merupakan takaran ukuran dalam liter, gram atau kg yang digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit per satuan luas tertentu.

Efektivitas penggunaan Pestisida diperoleh melalui penggunaan dosis yang tepat. Ketidak taatan dalam menggunakan dosis pestisida dapat menyebabkan resistensi yang akan semakin merugikan petani.

Hasil yang optimum hanya bisa dicapai jika pestisida digunakan sesuai petunjuk penggunaan.

Pestisida yang Diizinkan Kementan

Tidak dibenarkan menggunakan Pestisida yang tidak terdaftar dan tidak mendapat ijin Menteri Pertanian, karena tidak diketahui kebenaran mutu dan efektivitasnya serta keamanannya bagi lingkungan.

Tanggal Produksi dan Kadaluardsa

Setiap pembelian pestisida harus dicermati mengenai tanggal kadaluarsa. Petani harus menjadi konsumen yang cerdas agar tidak menjadi korban pedagang.

Di khawatirkan pedagang nakal menjual barang yang sudah kadaluarsa karena khawatir merugi.

Memahami Kelas Bahaya Pestisida

Keterangan pada label kemasan berupa kalimat peringatan berbahaya, warna dan simbol yang harus diketahui oleh petani serta beberapa gambar penggunaan pestisida seperti penggunaan sarung tangan


Itulah informasi mengenai hal yang harus diketahui sebelum membeli pestisida. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Biopestisida, Pengganti Pestisida Kimia yang Ramah Lingkungan

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • http://www.gagaspertanian.com/2012/02/tips-memahami-label-pestisida.html
  • http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/83335/Penanganan-OPT-dengan-Pestisida/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.