bunga lavender

Mau tau informasi mengenai langkah menanam bunga lavender? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bunga Lavender

bunga lavender
pxhere.com

Baca juga: Cara Menanam Bunga Globe Amaranth di Perkarangan Rumah

Bunga Lavender sering seklai dilihat di beberapa iklan yang menunjukkan kegunaannya untuk mengusir nyamuk. Bunga yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah

Sampai ke Afrika tropis dan timur hingga sampai ke India. Bunga ini memiliki keunikan yang terletak pada aroma harum yang sukar hilang namun tidak disukai oleh nyamuk

Sehingga banyak sekali orang menanam di sekitar rumah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis sesuai dengan wilayah indonesia.

Lavender merupakan termasuk tanaman rerumputan, semak kecil dan semak pendek yang memiliki 25-30 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Selain untuk mengusir nyamuk sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari bunga lavender seperti pengharum aroma ruangan.

Aromaterapi untuk pembebas stres, antioksidan pencegah kanker dan perawatan kulit dan rambut. Dengan melihat manfaat tersebut maka lavender.

Dapat ditanam di sekitar perkarangan rumah, bukan hanya untuk menghiasi perkarangan namun khasiat yang dimiliki lavender bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.

Cara Menanam Bunga Lavender

Pemilihan Bibit

Bibit bisa didapatkan di toko pertanian, bibit yang baik adalah bibit yang terlihat bersih yang terhindar serangga-serangga parasit seperti kutu dan semut.

Perhatikan lebel kadaluarsa bibit karena jika bibit sudah lewat masa kadaluarsa maka fungsi bibit akan lemah akibat disimpan terlalu lama.

Penyemaian

Media tanam yang digunaka adalah pot atau polybag yang diisi dengan tanah, pupuk kompos atau sekam padi dan pasir.

Untuk persemaian campurkan semua bahan ke dalam media dan masukkan bibit bunga lavender satu setiap lubang, lakukan penyiraman secukupnya.

Dan letakkan semaian ditempat teduh yang memiliki intesitas cahaya matahari yang cukup. Sebaiknya gunakan sterofoam untuk melapisi dasar pot/polybag yang bertujuan untuk menunjang tumbuhnya bibit.

Karena sterofoam mampu menyerap lembab pada tanah karena sifat bunga ini tidak menyukai tempat yang terllau lembab.

bunga lavender
pixabay.com

Baca juga: Yuk Kenali Cara Mudah Menanam Bunga Chamomile

Penanaman

Pemindahan tanaman jika tanaman sudah mulai berkecambah ketika sudah berusia 30 hari atau dengan ketinggian 15 cm.

Tanam bunga lavender dengan jarak 30-45 cm tanpa merusak akar bunga tersebut dan siram tanaman setelah satu jam dari penanaman dan lakukan penyiraman rutin.

Perawatan

Untuk menghasilkan bunga lavender yang berkualitas makan lakukan penyiraman secara berkala agar tanaman tidak kering dan jangan sampai media tanam juga kelebihan air, karena akan menyebabkan pembusukan pada bagian batang bunga.

Pemangkasan dilakukan ketika cabang bunga tidak rapi sehingga membantu tunas baru untuk tumbuh dan jika tanaman sudah tinggi dapat dipotong 1/3 bagiannya.

Pemupukan disarankan adalah pupuk organik untuk menjaga agar tanaman tidak layu dan agar tetap segar, berikanlah pupuk setelah usia tanaman mencapai satu bulan sejak penanaman.

Pemanenan

Pemanenan dilakukan menggunkan gunting atau pisau untuk memisahkan bunga lavender dan semaknya dengan cara genggam tangkai lavender yang berbunga sebanyak satu genggam.

Potonglah bagian dasar batang yang di dekat daun untuk memisahkan bunga dengan tangkainya yang keras dengan cara dipotong lalu ikat menjadi satu.


Itulah informasi mengenai langkah mudah menanam bunga lavender. Selamat ,mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Tahap Budidaya Bunga Desember Supaya Rajin Berbunga

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://tanipedia.co.id/panduan-lengkap-9-cara-menanam-bunga-lavender-di-pot/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/76154/manfaat-bunga-lavender

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.