buah naga

Mau tau informasi mengenai mengapa buah naga cocok dikonsumsi disaat diet? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Buah Naga

Siapa yang tidak ingin memiki tubuh langsing dan juga ideal? Semua orang tentu mendambakanya terutama para wanita.

Masalahnya, menurunkan berat badan badan sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Buah naga untuk diet sehat bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menjalankan program penurunan berat badan.

Mengapa harus buah naga? Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi dalam buah naga yang memiliki khasiat untuk menrunkan berat badan yang sehat dan juga aman.

Mengonsumsi buah naga secara rutin sendiri mampu mengurangi kandungan lemak yang ada di dalam tubuh.

buah naga
pxhere.com

Baca juga: Mulai Budidaya Buah Naga dengan 4 Tahap Ini

Manfaat Buah Naga untuk Program Diet

Lalu mengapa buah naga sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pendamping saat diet? Sebagai tambahan informasi, ini dia ulasan berbagai manfaat yang dimiliki oleh buah naga.

Mengurangi kadar Lemak dan Kolestrol di Dalam Tubuh

Buah naga termasuk kedalam jenis buah yang tidak memiliki kandungan kolestrol sama sekali.

Oleh karena itu mengonsumsi buah naga secara rutin mampu mencegah tekanan darah tinggi dan juga mencegah datangnya kolestrol di dalam tubuh.

Jika sebelumnya Anda gemar mengonsumsi makanan berlemak, makanlah buah naga secara rutin untuk mengurangi kadar lemak dan kolestrol di dalam tubuh sehingga berat badan dapat berkurang.

Mencegah Pengembangan Sel Kanker

Pada buah naga merah terkandung senyawa antioksidan yang sangat penting yaitu phytoalbumins.

Kandungan antioksidan yang satu ini sangat bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas yang dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu kandungan lycopene yang ada didalam buah naga juga dapat dapat menurunkan resiko kanker prostat.

Mencegah penyakit Diabetes dan Menyehatkan Tulang

Buah naga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi terutama vitamin C.

Buah naga juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga bisa membentengi tubuh dari  penyakit berbahaya seperti diabetes

Selain itu buah naga juga memiliki kandungan fosfor yang sangat tingi yang mampu menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

Mengeyangkan Perut Lebih Lama

Ketika menjalani program diet, tentu masih membutuhkan asupan kalori yang cukup. Buah naga sendiri memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai makanan diet.

Setiap 100 gram buah naga terkandung 60 kalori yang  didalamnya terdapat 18 kalori lemak tidak jenuh, 8 protein dan 34 karbohidrat.

Oleh karena itu buah yang satu ini bisa menjadi solusi diet karena selain menyegarkan dan menyehatkan, mengonsumsi buah naga secara rutin juga dapat mengenyangkan perut lebih lama seperti halnya memakan nasi.

buah naga
pxhere.com

Baca juga: Kanker Batang, Pengancam Panen Buah Naga dan Cara Mengendalikannya

Kaya akan Kandungan Serat

Kandungan serat yang tinggi pada buah naga bisa menjadi makanan pilihan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau sudah buang air besar.

Proses pencernaan yang lancar tentu dapat mensukseskan program diet yang dilakukan sehingga berat badan dapat turun dengan ideal.

Membantu Proses Detoksifikasi

Salah satu penyebab kelebihan berat badan dikarenakan proses metabolisme tubuh yang terhambat sehingga nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan mengendap.

Buah naga sendiri bisa menjadi pilihan tepat bagi yang sedang menjalani program diet karena kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya mampu memgurangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Lebih lanjut, buah naga dapat mengurangi radikal bebas karena adanya proses detoksifikasi atau pengeluaran racun sehingga nantinya sistem metabolisme di dalam tubuh dapat berjalan lancar.

Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Mengonsumsi buah naga secara rutin juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah naga sangat lengkap.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi buah naga secara rutin juga dapat membantu proses penyembuhan luka di luar tubuh.

Mencegah Serangan Penyakit Jantung

Kandungan lycopene yang ada di dalam buah naga mampu membantu mencegah serangan penyakit janting.

Selain itu biji buah naga juga memiliki kandungan omega 3 dan juga 6 sehingga dapat meringankan gangguan yang terjadi pada kardiovaskular.

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, tidak hanya mendapatkan berat badan yang ideal. Namun terbebeas dari berbagai penyakit.


Itulah informasi mengenai buah naga yang sehat untuk dikonsumsi saat diet. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Tips Budidaya Buah Naga di dalam Pot

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://bogor.tribunnews.com/2016/04/20/ini-5-fakta-menarik-manfaat-buah-naga-merah-untuk-diet-sehat
  • https://www.merdeka.com/sehat/10-manfaat-buah-naga-bagi-kesehatan-tubuh-dan-kecantikan-kln.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.