Ini Dia Cara Menanam Bunga Alamanda dengan Mudah

Yuk, menanam bunga alamanda untuk mempercantik halaman rumah kamu, dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Tanaman hias seringkali ditanam untuk mempercantik halaman rumah. Jenis dan warnanya juga sangat beragam. Anda bisa memilih jenis bunga hias sesuai dengan selera.

Salah satu jenis bunga yang sangat cocok ditanam di pekarangan rumah adalah bunga alamanda. Alamanda termasuk kedalam jenis tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan warna-warni yang cantik.

Oleh karena itu, tak heran jika jenis bunga yang satu ini menjadi pilihan banyak orang. Penanaman bunga alamanda sendiri bisa dilakukan langsung di lahan atau di pot.

Langkah-Langkah Menanam Bunga Alamanda

Untuk bisa menghasilkan bunga yang indah, maka proses penanamannya harus dilakukan dengan benar. Beberapa langkah tepat penanaman bunga alamanda antara lain:

Baca Juga: 5 Langkah Menanam Bunga Gelombang Cinta di dalam Pot

Persiapan Pot

Jika Anda akan melakukan penanaman bunga dengan pot, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memilih jenis pot yang sesuai dengan ukuran tanaman. Jika bibit berukuran kecil, maka gunakan pot kecil terlebih dahulu.

Selain itu, periksa juga lubang drainase yang terdapat pada pot. Jika Anda menggunakan pot dari bahan bekas dan tidak memiliki lubang di bagian dasarnya, maka lubangi pot terlebih dahulu.

bunga alamanda
pixabay.com

Persiapan Media Tanam

Jika pot yang sesuai sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam. Jenis media tanam yang cocok untuk pertumbuhan bunga alamanda yaitu campuran tanah dan juga pupuk kandang atau kompos.

Untuk mencegah serangan hama penyakit yang berasal dari media tanam, setelah media dicampurkan, diamkan media selama 5-6 hari di bawah sinar matahari. Gemburkan media tanam sesekali sehingga hama penyakit yang masih terdapat pada media bisa mati.

Pemilihan Bibit

Agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan sehat dan bisa menghasilkan bunga yang cantik, maka pemilihan bibit yang berkualitas harus dilakukan dengan cermat.

Bibit bunga alamanda sendiri bisa didapatkan dengan proses cangkok atau stek. Lakukan proses stek dan cangkok dengan benar sehingga bibit yang didapat sehat dan tidak rusak.

Baca Juga: 5 Tahap Budidaya Bunga Desember Supaya Rajin Berbunga

Penanaman Bibit

Setelah bibit didapatkan, maka Anda sudah bisa melakukan penanaman bibit. Masukkan bibit bunga alamanda kedalam pot. Posisikan bibit tegak lurus lalu masukkan media tanam berupa campuran tanah dan juga pupuki kandang atau kompos.

Padatkan media sehingga tanaman dapat berdiri tegak, namun jangan terlalu padat agar akar tanaman dapat bernafas.

alamanda
pixabay.com

Perawatan Tanaman

Setelah bibit selesai ditanam, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan perawatan tanaman secara rutin. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin untuk menjaga kebutuhan nutrisi tanaman.

Untuk merangsang perkembangan bunga, Anda juga bisa menambahkan hormon perangsang bunga setiap 2 minggu sekali.

Penanaman Secara Hidroponik

Jika Anda tidak memiliki pekarangan yang luas, maka menanam bunga alamanda secara hidroponik bisa menjadi pilihannya. Beberapa langkah penanaman secara hidroponik yang harus dilalukan antara lain

  1. Siapkan media penanaman berupa pecahan kerikil, genteng, pasir, dan juga gambut.
  2. Letakkan pecahan genteng di bagian dasar pot lalu timbun dengan pasir. Tanam bibit alamanda kedalam pot yang sudah terisi dengan pasir dan pecahan genting.
  3. Penuhi bagian atasnya dengan media gambut disusul dengan kerikil kecil.
  4. Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari.
  5. Agar bunga menjadi kuat, berikan kayu atau tiang penyang

Itulah tadi beberapa langkah menanam bunga alamanda yang bisa Anda praktekkan di rumah. Karena langkah penanamannya yang tergolong mudah, Anda juga bisa membudidayakan tanaman ini sebagai salah satu peluang usaha bisnis tanaman hias yang menjanjikan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Tanam Bunga Lavender di dalam Pot? Terapkan 5 Tips Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://petaniindo.com/cara-menanam0bunga-alamanda-dalam-pot
  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-alamanda

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.